Menggunakan Kamera 49 ribu Megapixel, Inilah Penampakan Batu Hajar Aswad yang di Publikasikan Arab Saudi

Posted on

Pemerintah Arab Saudi melalui Presidensi Umum Urusan Masjid Agung Saudi dan Masjid Nabawi mempublikasikan foto batu Hajar Aswad yang pertama kalinya setelah di foto dengan kamera beresolusi tinggi pada hari Senin (3/5/2021).

batu hajar aswad
Batu Hajar Aswad di foto dengan kamera resolusi tinggi ©Twitter @hsharifain

Batu Hajar Aswad tersebut di foto menggunakan kamera dengan resolusi 49.000 megapixels dengan waktu bidikan dan pengembangan mencapai 50 jam.

Bukan hanya itu, mereka juga bekerja sama dengan biro Teknik kedua masjid suci bagi umat Islam tersebut untuk membidik dan menghasilkan gambar menggunakan kamera 160 GB dan menghasilkan 1.050 foto.

Kamera membidik objek dengan menghasilkan gambar yang cukup banyak kemudian gambar-gambar tersebut digabungkan sehingga titik fokusnya menjadi maksimal dan gambar menjadi semakin tajam.

“Hal ini penting karena kenampakan Hajar Aswad dari teknik ini belum pernah terjadi sebelumnya,” ujar seorang rekan dalam studi Islam di Universitas Oxford, yang tidak terlibat dalam proyek yang bersangkutan, Afifi al-Akiti kepada CNN.

Menurut Al-Akiti, sebenarnya batu Hajar Aswad pada mulanya tidak berwarna hitam, namun lantaran sering disentuh oleh umat manusia lama-kelamaan menjadi hitam.

Seperti diketahui batu Hajar Aswad yang diyakini turun dari Surga tersebut disimpan pada sebuah bingkai berwarna perak dan terpasang di sudut Ka’bah dengan ketinggian dari tanah sekitar 1.5 meter.

Asal Mula Hajar Aswad

Batu Hajar Aswad di yakini sebagai batu yang turun dari Surga yang diberikan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Ibrahim. Saat itu Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail tengah mencari batu untuk membangun Ka’bah.

penampakan batu hajar aswad
Batu Hajar Aswad ©Twitter @hsharifain

Mengingat batu tersebut merupakan batu dari surga maka ditempatkan di sudut Ka’bah.

Bahkan kabarnya batu tersebut awalnya berwarna putih dan karena sering disentuh oleh jamaah lama kelamaan warnanya menjadi hitam. Kabarnya batu tersebut sebagai cerminan manusia yang berdosa yang meminta ampunan kepada Allah Subhanahuwata’ala sehingga lama-lama menjadi hitam karena menyerap dosa manusia.

batu hajar aswad
Batu Hajar Aswad, ©Twitter @hsharifain

“Batu hitam turun dari surga dan itu lebih putih dari susu, tetapi dosa anak-anak Adam mengubahnya menjadi hitam.” (HR Tirmidzi)

Tidak mudah jamaah yang hendak menyentuh batu Hajar Aswad lantaran padatnya jamaah dan berdesak-desakan. Kabarnya yang bisa menyentuh adalah mereka yang memang pilihan.

Batu Hajar Aswad Secara Ilmiah

Banyak peneliti dari seluruh dunia berambisi untuk mengungkap akan batu Hajar Aswad namun hingga saat ini mereka semua hanya sebatas mengira-ngira saja mengingat batu ini juga tidak bisa dipindahkan dari tempatnya semula.

Ada yang mengatakan ini sejenis batu akik atau batuan yang terbentuk dari lava hasil letusan gunung merapi. Namun ada juga yang mengatakan ini adalah batuan meteor. Namun semuanya masih sebatas perkiraan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *