8 Cara Mencegah Gagal Ginjal Biar Gak Cuci Darah Terus

Posted on

Salah satu fungsi ginjal yang sangat vital adalah melakukan proses penyaringan darah sehingga menjadi bersih. Jika proses ini tidak bisa berjalan lagi dengan normal maka bisa dikatakan gagal ginjal.

Secara medis disebut gagal ginjal jika fungsi ginjal tidak berjalan secara normal kurang dari 15 persen.

cara mencegah sakit gagal ginjal
Hindari penyakit gagal ginjal

Secara umum kita mengetahui seseorang yang mengalami kegagalan fungsi ginjal maka dia harus melakukan kegiatan medis cuci darah yang rutin dilakukan. Jika tidak melakukan cuci darah di Rumah Sakit maka keselamatan nyawanya tidak akan tertolong.

pernah tetangga saya menderita sakit gula darah dan melakukan pengobatan secara rutin hingga lukanya hampir sembuh, namun alih-alih sembuh justru ginjalnya mengalami kegagalan akibat konsumsi obat yang berlebihan.

Alhasil beliau harus secara rutin melakukan cuci darah. Sayangnya karena telat melakukan cuci darah mengakibatkan nyawanya tidak tertolong dengan bengkak-bengkak disekujur tubuhnya.

Cara Mendeteksi Kondisi Gagal Ginjal

Cara mendeteksi gagal ginjal yang paling mudah adalah dengan tes darah kreatin yang merupakan molekul yang terbuat dari otot. Ginjal yang normal akan mengeluarkan keratin ekstra dri aliran darah dan membuangnya lewat urine.

Jika kadar keratin dalam darah di atas nilai normal, tandanya ginjal tidak bisa lagi membersihkan darah sebagaimana mestinya.

Komplikasi Penyakit dari Gagal Ginjal

Jika ginjalnya sudah dinyatakan gagal berfungsi dengan normal maka bisa menyebabkan komplikasi penyakit lainnya yang cukup berat diantaranya adalah penyakit jantung, tulang keropos, tekanan darah tinggi hingga anemia.

Tentu saja yang paling merepotkan dan merugikan adalah penderita gagal ginjal harus secara rutin melakukan cuci darah dengan alat medis di Rumah Sakit atau jika memungkinkan bisa juga dengan transpalansi ginjal.

Cara Mencegah Gagal Ginjal

Oleh sebab itu kita mumpung masih sehat hendaknya lebuh bisa menjaga kondisi ginjal kita agar tetap sehat. Sebaiknya demi pencegahan maka lakukan hal-hal berikut ini.

  1. Rutin Cek Kadar Gula Darah

Seperti dikatakan diatas tetangga saya mengalami sakit diabetes dan berlanjut hingga ke gagal ginjal dan meninggal dunia. Maka diabetes berkaitan erat dengan kadar gula darah pada tubuh. Oleh sebab itu kiranya kita bisa mengontrol kadar gula darah.

Janganlah berlebihan dalam makan apalagi makan dan minuman yang manis-manis. Makanlah pada saat lapar dan berhentilah sebelum kenyang maka InsyaAllah kesehatan kita akan terjaga, gula darah akan tetap normal dan terkontrol.

  1. Cek Tekanan Darah

Seakan sebelas duabelas dengan kadar gula darah pada tubuh maka tekanan darah tinggi juga wajib untuk dikelola dengan baik. Karena tekanan darah tinggi bisa menyebabkan sakit jantung hingga kegagalan pada ginjal.

Perhatikan konsumsi makanan yang kita makan, intinya jangan berlebih-lebihan dalam makan maka tekanan darah akan terkontrol dengan baik begitupun kadar gula darah pada tubuh kita akan lebh stabil.

  1. Makan Diet untuk Kesehatan Jantung

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam menganjurkan kita makan untuk tidak berlebih-lebihan. Hal itu sudah cukup untuk membuat kita sehat.

Jaman sekarang hal itu dikenal dengan istilah diet, maka diet untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan makanan rendah karbohidrat, rendah gula, rendah kolestrol.

Juga tinggi serat seperti kacang-kacangan, sayuran hingga buah-buahan. Karena berat badang yang tinggi juga beresiko terjadinya gagal ginjal.

  1. Mengurangi Asupan Garam

Beberapa ahli mengatakan mengkonsumsi garam secara berlebih bisa menyebabkan tekanan darah tinggi yang juga berpotensi kepada sakit jantung dan gagal ginjal. Jadi mulai sekarang perhatikan asupan garam kita.

  1. Minumlah Air yang Cukup

Banyak diantara kita kurang memperhatikan asupan air kedalam tubuh atau kurang minum. Padahal minum yang banyak minimal 8 gelas setiap hari bisa membuat ginjal kita lebih terjaga.

Sementara jika kita dehidrasi maka aliran darah ke ginjal menjadi kurang dan menyebabkan rusaknya ginjal kita.

  1. Jangan Merokok dan Minum Alkohol

Selain dehidrasi kondisi aliran darah ke ginjal berkurang juga disebabkanoleh rokok. Maka sebaiknya kurangi atau berhentilah merokok demi kesehatan ginjal kamu sekalian.

Selain rokok minuman beralkohol juga menyebabkan tekanan darah meningkat dan bisa menyebabkan kegemukan yang tentu saja berpengaruh terhadap kesehatan jantung dan ginjal.

  1. Hindari Obat-obatan Pereda Nyeri

Banyak yang gagal ginjal lantaran terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan keras seperti obat pereda nyeri. Obat-obatan ini bisa menyebabkan aliran darah ke ginjal terganggu dan menyebabkan gagal ginjal.

  1. Rutin Berolah Raga

Olah raga secara rutin dan teratur membuat badan menjadi sehat, semua organ tubuh menjadi sehat dan ginjalpun terjaga dengan baik. Tidak ada ruginya orang yang mamou berolah raga secara teratur bukan.

Sebagai informasi penyakit ginjal kronis memang sulit disembuhkan namun dengan pengobatan secara teratur maka perkembangan ginjal kronisnya bisa diperlambat. So mulai sekarang sayangilah ginjal kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *