Inilah 8 Tanda Awal Serangan Jantung yang Wajib Di Waspadai

Posted on

Serangan jantung menjadi salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian. Maka siapapun sudah pasti tak ingin mengalami hal seperti ini.

Terkadang banyak kasus kematian mendadak yang diindikasikan karena terjadinya serangan jantung. Jantung tiba-tiba berhenti berfungsi akibat tersumbatnya aliran darah dan oksigen.

Inilah tanda-tanda 8 gejala awal serangan jantung
Gejala Awal Serangan Jantung

Namun belakangan serangan jantung bisa terjadi kepada siapa saja, tidak hanya orang yang sudah berusia lanjut tetapi kaum muda pun tak sedikit mengalami nasib nahas ini.

Oleh sebab itu penting kiranya kita memahami faktor risiko terjadinya serangan jantung, memahami dari awal apa-apa saja yang bisa menyebabkan penyakit yang mematikan ini, juga bagaimana cara pencegahannya.

Selain itu kita juga wajib faham akan deteksi dini penyakit ini. Memperlajari secara mandiri dengan membaca berbagai artikel terkait akan membantu meningkatkan pemahaman sobat sekalian.

Baca: 8 Cara Mencegah Gagal Ginjal

Gejala Awal Serangan Jantung

Nah kali ini kita akan bagikan informasi mengenai gejala awal serangan jantung yang memang sangat perlu dipahami, berikut ini uraiannya seperti dilansir dari Medical Daily:

  1. Kondisi Detak Jantung yang Tidak Beraturan

Apakah sobat pernah merasakan detak jantung serasa tidak beraturan seperti tiba-tiba mengencang ataupun dari kambat kemudian mengencang. Jika pada wanita biasanya hal ini timbul karena rasa cemas namun pria pun tidak sedikit mengalami hal serupa.

Biasanya setelah merasakan detak jantung yang tidak beraturan badan menjadi seolah lemas, lelah dan terasa pusing. Maka wajib waspada jika mengalami hal ini, tenangkan diri anda hingga kondisi detak jantung menjadi normal kembali.

  1. Keluar Keringat yang Berlebihan

Umumnya gejala keringat berlebih muncul pada wanita, meski cuaca tidak panas namun tiba-tiba keringat keluar cukup banyak tidak seperti biasanya. Hal ini mirip seperti gejala flu, apalagi jika dikaitkan dengan kondisi pertama yakni detak jantung yang tidak beraturan maka anda wajib waspada.

  1. Pertut Terasa Sakit

Sebanyak 50 persen orang yang mengalami serangan jantung akan merasakan sakit pada perut. Seminggu sebelum serangan jantung terjadi perut terasa kembung juga rasa mual. Jika setelah merasa baikan kemudian gejala sakit pada perut ini tiba-tiba muncul kembali maka anda harus mulai waspada.

Apalagi jika kondisi ini dibarengi dengan kondisi pertama yakni detak jantung yang tak beraturan ataupun keluar keringat yang tidak normal.

  1. Merasa Lelah

Wanita biasanya cenderung mudah lelah apalagi dengan aktivitas mengurus keluarga yang cukup intens. Jika rasa lelah tersebut terasa cukup berlebihan maka hal ini bisa menjurus kepada serangan jantung, apalagi jika anda memiliki riwayat penyakit jantung maka wajib mewaspadainya.

  1. Pernapasan Terganggu

Sulit bernapas pada penderita sakit jantung biasanya akan terjadi sejak enam bulan sebelum terjadinya serangan jantung. Penderita akan sulit menghirup udara ke paru-parunya dan serasa sesak. Jika anda memiliki riwayat sakit jantung maka perlu di waspadai dan mulai menjaga kesehatan.

  1. Insomnia

Biasanya penderita sakit jantung akan mengalami insomnia dan rasa cemas yang tinggi, selain itu mereka juga kesulitan berkonsentrasi. Usahakan jika mengalami hal ini untuk bisa lebih tenang agar kondisi aliran darah ke jantung lebih terkontrol.

  1. Mengalami Kerontokan Rambut

Bukan hanya karena sudah mengalami proses penuaan namun ternyata serangan jantung juga bisa menyebabkan kerontokan pada rambut.

  1. Dada Merasakan Nyeri

Pasti sobat sekalian sering melihat adegan di TV orang yang mengalami serangan jantung mendadak suka memegangi dadanya sebelah kiri atau posisi tepat pada jantung. Meski hingga saat ini masih belum diketahui pasti posisi mana sebenarnya yang mengalami sakit namun jika serangan jantung tersebut menghampiri maka bagian tubuh akan terasa sakit termasuk pada bagian dada.

Nah itulah beberapa hal penting yang perlu anda ketahui mengenai gejala awal serangan jantung. Kita wajib waspada dan menjaga kesehatan jantung kita karena jantung merupakan organ vital yang dimiliki oleh manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *