10 Contoh Usaha di Desa yang Menjanjikan Jika Dijalani

Posted on

Banyak orang yang berpikir usaha di desa masih kurang begitu menjanjikan dibandingkan dengan usaha di perkotaan. Hal ini lantaran di perkotaan mobilitas orangnya sangat padat sehingga peluang bisnis untuk sukses juga semakin besar.

Namun semakin banyaknya mobilitas orang maka juga akan semakin ketat persaingan usaha di perkotaan.

peluang usaha di pedesaan yang menjanjikan jika dijalani dengan baik
Bisnis di Desa yang menjanjikan

Lantas bagaimana dengan usaha di pedesaan? Tentu jangan berkecil hati mengingat peluang usaha di pedesaan juga cukup menjanjikan jika sobat jeli dalam membaca peluang dan mulai menjalainya dengan baik.

Namun sebelum memulai bisnis di pedesaan maka sebaiknya kita suvey terlebih dahulu peluang bisnis apa yang kira-kira layak untuk dijalani, berikut ini tips untuk analisa ide-ide bisnis yang bisa dijalani.

  1. Melakukan Survey Peluang Bisnis di Pedesaan

Sebelum memulai bisnis maka sebaiknya survey terlebih dahulu kira-kira bisnis apa yang bakal ramai di daerah kamu. Atau peoduk apa yang belum ada namun banyak peminatnya, jangan ambil resiko dengan memulai bisnis yang sudah ada saingannya. Sobat bisa bertanya ke teman atau kerabat dan meminta saran kemudian menganalisa.

  1. Bisa Memulai dari Minat atau Bakat

Rasanya akan menyenangkan jika kita berbisnis yang sesuai dengan bakat atau minat. Kira-kira apa bakatmu atau sesuatu hal yang kamu minati? Semisal “oprek-oprek” motor maka kamu bisa mencoba memulai bisnis bengkel atau menanam maka bisa juga menjadi petani yang memiliki integritas tinggi untuk sukses.

  1. Teknik ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi)

Kamu bisa belajar dari seseorang yang sudah sukses melakukan bisnis dipedesaan. Kamu bisa mencari sosoknya di internet semisal di youtube dan kisah suksesnya dalam memulai usaha. Maka kamu bisa tiru dengan sedikit modifikasi baik dari sisi produk maupun cara pemasarannya.

Nah jika sudah melakukan analisa mengenai bisnis apa yang bisa kamu jalani maka kamu tinggal fokus ke satu bisnis tersebut. Sebagai referensi berikut ini beberapa usaha di desa yang bisa dijalani dan sukses.

  1. Toko Kebutuhan Pokok

Di pedesaan banyak masyarakat yang membutuhkan bahan-bahan pokok kebutuhan keluarga terutama kebutuhan dapur. Maka jika memiliki cukup modal sobat bisa memulai membuka usaha ini.

Misal menjual aneka bumbu masakan dan rempah-rempah juga aneka sayuran dan makanan. Selain itu kebutuhan pokok lainnya seperti sabun, pasta gigi, sabun cuci dan lain sebagainya akan cukup banyak dibutuhkan masyarakat.

  1. Bisnis Ternak Ayam Kampung

Tak dipungkiri permintaan ayam kampung memang cukup banyak baik diperkotaan maupun di perkampungan. Ayam kampung memiliki tekstur kenyal dan gurih serta rasa yang istimewa.

Jika di pedesaan kita mungkin memiliki cukup lahan untuk membuat kandang ayam. Apalagi ayam kampung pemeliharaannya tidaklah terlalu sulit karena bisa makan apapun yang penting jaga kebersihan dan kesehatan pada kandang dan ayamnya.

Cara pemasarannyapun cukup mudah selain dijual langsung ke masyarakat umum juga bisa dijual ke warung-warung makan yang menyajikan menu masakan ayam kampung.

  1. Warung Makanan

Warung makan juga cukup banyak peminatnya meskipun di perkampungan karena tidak selamanya orang-orang akan masak sendiri. Tinggal bagaimana kita menyajikan menu masakan yang lengkap sehingga bisa bersaing dengan warung makan yang lainnya.

  1. Toko Sepatu dan Sandal

Meski diperkampung kebutuhan sandal dan sepatu seakan menjadi kebutuhan pokok lantaran setiap orang pasti membutuhkan barang-barang ini. Selain membuka toko sandal dan sepatu sobat juga bisa berjualan ke pasar-pasar yang biasanya di pedesaan ada pasar yang disesuaikan dengan hari dan kita hanya sewa tempat perhari yang cukup murah.

  1. Bengkel Motor atau Mobil

Jika sobat memiliki keahlian memperbaiki kendaraan motor maka sobat bisa memulai dengan membuka bengkel. Pelanggan akan melihat kecakapan kamu dalam memperbaiki motor, sekali saja konsumen puas maka dia akan terus kembali ke bengkel kamu.

Selain motor, bengkel mobil di pedesaan sangat menjanjikan lantaran saingannya pasti sangat sedikit atau bahkan hampir tidak ada, padahal orang desa juga banyak yang memiliki mobil.

  1. Kedai Nongkrong Jual Makan dan Minuman Ringan

Usaha di desa yang menjanjikan lainnya bisa mencoba memulai membuka kedai tempat nongkrong yang menjual minuman dan makanan ringan. Semisal saat ini tengah populer minuman Boba maka sobat bisa mencoba membuatnya sendiri dengan sdikit memodifikasi.

Selain minuman juga bisa menjual makanan ringan seperti gorengan, snack dan lain sebagainya, yang penting buatlah tempat nongkrong yang komprehensif atau nyaman.

  1. Bertani

Tetangga saya bisa disebut sebagai petani yang sukses, dia menanam cabai sebagai andalannya sehingga setiap kali panen dengan harga cabai yang cukup tinggi maka keuntunganpun akan diraih.

Hanya saja sobat harus memiliki keahlian khusus dibidang pertanian karena menanam setiap jenis sayuran memerlukan perhatian khusus dan berbeda. Mengurus tanaman cabai tentu berbeda dengan mengurus tanaman kangung dan lainnya.

  1. Menjadi Penjahit

Solusi bisnis di pedesaan yang cukup menjanjikan adalah menjadi penjahit pakaian. Sobat bisa membuka jasa permak pakaian, membuat baju pesanan atau membuat produk baju sendiri.

Meski diperkampungan ada momen-momen tertentu penjahit pasti ramai pelanggan seperti menjelang hari raya lebaran atau musim-musim hajatan.

  1. EO dan Sewa Alat pernikahan

Di kampung saya bisnis Event Organizer pernikahan dan sewa-sewa alat pernikahan seperti tenda hajatan, baju pengantin hingga fotographer cukup banyak diminati terutama musim-musim pernikahan hampir semua EO selalu padat jadwalnya.

  1. Jasa Rias

Jasa rias pengantin juga cukup banyak diminati, jika sobat sudah terbiasa merias pengantin maka sudah pasti gak akan sulit mendapatkan pelanggan. Jika masih pertama kali maka berilah service yang memuaskan, jangan ragu untuk memberikan kartu nama agar mereka juga tak ragu mempromosikan hasil karyamu ke orang lain.

Nah itulah 10 bidang usaha di desa yang bisa dijalani, jika dilakukan secara “lekeun” maka peluang suksesnya cukup besar. Tentu masih banyak peluang-peluang usaha lainnya yang bisa dijalani dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *