Cara Membuat Ketupat dengan Rice Cooker untuk Lebaran

Posted on

Memasak ketupat di rice cooker – Sebentar lagi kita akan menuju hari kemenangan yaitu Hari Raya Idul Fitri setelah sebulan penuh kita berpuasa. Pada hari lebaran ini makanan khas yang biasa disajikan adalah ketupat.

Apakah tahun ini kamu berencana memasak ketupat? Jika ini berarti sungguh akan menyenangkan hari lebaran kamu. Ketupat disajikan dengan opor ayam pastinya akan sangat nikmat.

cara memasak ketupat menggunakan rice cooker
Memasak ketupat dengan rice cooker

Namun tahukah kamu sekalian? ternyata memasak ketupat tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang sangat lama hingga berjam-jam, bahkan memasang ketupat satu “badeng” saja bisa menghabiskan waktu hingga 8 jam.

Dipikir-pikir hanya memasak ketupat membutuhkan waktu lama belum lagi membuat bungkus ketupat dari daun kelapa maka lebih baik kita membeli saja yang sudah jadi bukan? hehe.

Tapi ternyata ada loh cara memasak ketupat dengan cara simpel dan tidak terlalu membutuhkan waktu yang lama yaitu memasak ketupat dengan menggunakan rice cooker. Jadi kita tak perlu lagi menggunakan kayu bakar atau gas LPG, nah bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

Cara Membuat Ketupat dengan Rice Cooker

  1. Siapkan Berasnya

Agar ketupat yang kamu bikin rasanya enak maka sebaiknya gunakan beras terbaik, beras yang terkenal akan kepulenannya seperti beras pandan wangi atau beras rojolele.

Setelah itu cuci beras seperti biasa dan gunakan air mengalir saat mencuci beras agar beras menjadi lebih bersih dan putih.

  1. Takaran Beras dan Air di Rice Cooker

Masak beras seperti biasanya menggunakan rice cooker dengan takaran 2:1 yakni 1 takaran beras dengan air dua kalinya. Misalkan 400 gram beras maka airnya sebanyak 800 gram.

Biasanya kalau di kampung memasak nasi dengan rice cooker jumlah airnya menggunakan takaran jari satu buku dari permukaan berasnya.

  1. Masukan Bumbu dan Aroma

Biasanya sih memasak ketupat tidaklah menggunakan bumbu sehingga rasanya lebih ke polos atau hambar. Namun kali ini memasak ketupat dengan rice cooker bisa saja sobat sekalian menambahkan bumbu dan aroma agar rasanya lebih gurih.

Seperti menambahkan kaldu bubuk dan garam kemudian ditambahkan serai hingga daun pandan sehingga akan tercium wangi.

  1. Memasak Beras Hingga Matang

Langkah berikutnya membuat ketupat di rice cooker adalah masaklah berasnya hingga matang menjadi nasi. Nyalakan rice cookernya dan tunggu sampai matang. Setelah matang diamkan terlebih dahulu agar uap-uapnya keluar.

  1. Cetak Nasi yang Sudah Matang jadi Ketupat

Setelah matang nasinya dan uapnya keluar kemudian aduklah nasi tersebut hingga padat. Siapkan cetakan seperti loyang yang sudah dilapisi plastik dan sedikit minyak agar tidak nempel. Kemudian cetaklah nasi tersebut dan potong-potong seperti bentuk ketupat yang sudah dipotong dan siap disajikan.

  1. Saatnya Menyantap

Potong kotak-kotak ketupatnya kemudian sajikan pada piring yang sudah disiapkan, siram dengan kuah opor ayam atau masakan pendukung lainnya. Kini ketupat opor ayam sudah siap dinikmati.

Nah itulah cara membuat ketupat dengan rice cooker untuk lebaran, rasanya caranya jauh lebih simpel dan cepat ketimbang membuat ketupat seperti biasanya, selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *