Cara Memperbaiki Aki Basah yang Rusak dengan Mudah

Posted on

Memperbaiki Aki Basah – Aki memiliki fungsi yang cukup vital bagi kendaraan anda, terlepas kendaraan motor maupun mobil maka aki ini berguna sebagai sumber kelistrikan. Jika aki mati maka kendaraan anda tidak akan hidup.

Contoh sederhana aki kendaraan anda rusak atau melemah maka pada saat starter motor atau mobil akan sangat sulit menyala. Maka sudah pasti Aki anda ada masalah dan perlu diganti. Harganyapun cukup lumayan mahal dan jika tidak ada uang untuk mengganti maka Aki sebenarnya masih bisa diperbaiki dan dimaksimalkan.

Cara memperbaiki aki basah dengan mudah dan kembali berfungsi
Cara memperbaiki aki basah dengan mudah dan kembali berfungsi

Ada dua jenis aki sejauh ini, yakni Aki kering dan aki basah. Apakah kendaraan kamu menggunakan aki kering atau basah? Silahkan di cek terlebih dahulu.

Aki basah adalah aki yang menggunakan cairan elektrolit atau biasa disebut air aki. Sementara aki kering cairan elektrolitnya menggunakan gel. Umumnya keduanya sama-sama mengandung cairan elektolit hanya saja pada aki kering yang menggunakan gel cenderung tidak mudah menguap.

Berbeda pada aki basah dimana air aki mudah menguap sehingga kita perlu memeriksa air aki tersebut, jika berkurang maka perlu ditambahkan.

Cara Memperbaiki Aki Basah

Jika kita tidak sempat mengecek kondisi aki basah dan terlanjur rusak maka aki basah tersebut masih bisa diperbaiki, caranya adalah sebagai berikut:

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah peralatan dan bahan yang memang mudah kita dapatkan. Tentu saja bahan pertama adalah air aki (Accu Zuur) yang bisa kamu beli di bengkel.

Persiapkan juga obeng dan sarung tangan agar air aki tidak langsung menempel ke kulit. Gunakan juga masker agar air aki tidak terhirup secara langsung ke hidung. Siapkan juga air panas dalam ember dan corong kecil.

Langkah-Langkah Memperbaiki Aki Basah

  1. Pertama silahkan lepas aki dari kendaraan anda, gunakan masker dan sarung tangan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan anda.
  2. Kemudian bukalah tutup-tutup akinya, jika sulit bisa menggunakan tang, kemudian buanglah air akinya cukup dengan membalikkan akinya.
  3. Bersihkan dalaman aki dengan menggunakan air panas, masukan air panas dari lubang-lubang aki dan kocok-kocok. Lakukan beberapa kali hingga bersih.
  4. Buang air tersebut dengan cara membalikkan akinya. Buang hingga air biasa tak tersisa dan komponen aki menjadi bersih.
  5. Jika sudah bersih maka tinggal masukan air aki atau Accu Zuur dengan corong sampai batas maksimal.
  6. Setelah terisi dan tutup kembali, maka waktunya mengisi daya dengan daya yang kecil dan stabil selama semalaman.

Nah itulah langkah-langkah memperbaiki aki basah dan kembali berfungsi dengan normal. Hal yang paling penting adalah lakukan perawatan aki secara berkala minimal setiap dua bulan sekali. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *