Arti Ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum saat Idul Fitri

Posted on

Saat lebaran idul fitri biasanya apa yang anda ucapkan ke orang lain? Banyak yang mengucapkan Minal Aidzin Wal Faidzin, namun banyak pula yang mengucapkan ‘Taqabbalallahu Minna Wa Minkum‘ dan dibalas dengan ‘Minna Wa Minkum Taqabbal Ya Karim’.

Arti kata Taqabbalallahu Minna Wa Minkum saat Hari Raya Idul Fitri
Arti kata Taqabbalallahu Minna Wa Minkum saat Hari Raya Idul Fitri

Dan tahukan sobat sekalian ternyata ucapan ke sesama muslim saat hari raya yang benar adalah ‘Taqabbalallahu Minna Wa Minkum’ dan dijawab dengan ‘Minna Wa Minkum Taqabbal Ya Karim’.

Ucapan ini juga sekaligus sebagai doa untuk saudara muslim kita dengan arti “Semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian”.

Hal ini juga di contohkan oleh para sahabat Rosululloh shallallahu ‘alaihi wasallam saat momen Idul Fitri seperti yang diriwayatkan oleh Ibnu Hajar Al-Aswalani dalam kitabnya yang bernama Fathul Baari.

Para sahabat mengucapkan “taqabbalallahu minna wa minka,” kepada sebagian lainnya. Lantas apa jawaban yang tepat ketika mendapatkan ucapan tersebut?

Maka sobat perlu menjawabnya dengan kalimat yang sama yakni Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. Artinya doa yang sama semoga amal ibadah puasa kita semuanya diterima Allah Subhanahuwata’ala.

Bahkan HR Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al Kabir menceritakan dari Habib bin Umar Al Anshari, ayahnya bercerita kepadanya bahwa beliau bertemu dengan Watsilah radhiallahu ‘anhu ketika hari raya, maka ketika ia mengucapkan kepada Watsilah, “Taqabbalallahu Minna Wa Minkum,” Watsilah menjawab, “Taqabbalallahu Minna Wa Minkum.”.

HR Ad-Daruquthni dalam Ad Du’a menceritakan dari Syu’bah bin Al-Hajjaj, ia berkata, “Saya bertemu dengan Yunus bin Ubaid, dan saya sampaikan, ‘Taqabbalallahu minna wa minka.’ Kemudian ia menjawab dengan ucapan yang sama.”.

Nah sudah jelas kan sebaiknya kita mengucapkan “Taqabbalallahu Minna Wa Minkum.” saat lebaran Idul Fitri nanti dan tidak mengucapkan yang lain agar kita tidak terjerumus dalam kesalahan selamanya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *