5 Aplikasi Gratis Android dan IOS untuk Bikin Kartu Selamat Hari Raya

Posted on

Aplikasi Android dan iOS membuat kartu ucapan – Lebaran Idul Fitri 1442H sudah sehari berlalu, banyak diantara kita yang tidak bisa mudik lantaran pandemic Covid-19 yang belum juga usai. Sudah dua kali lebaran kita terjebak di perantauan dan membuat hati merasa sedih dan menangis.

Apalagi akan ada Hari Raya berikutnya yang akan kita lalui InsyaAllah. Kita tidak tahu apakah hari raya berikutnya akan bisa bersilaturrahmi langsung ke kampung ahalaman atau tidak.

Aplikasi Android dan iOS pembuat kartu ucapan hari raya
Aplikasi Android dan iOS pembuat kartu ucapan hari raya

Sebagai pengobat rasa pilu meski tak seberapa setidaknya kita bisa memanfaatkan teknologi untuk mengucap selamat hari raya. Bisa menggunakan video Call WhatsApp ataupun kita mengirimkan gambar kartu ucapan selamat Hari Raya.

Nah seiring perkembangan teknologi terutama smartphone berbasis android maupun iOS ada beberapa aplikasi membuat kartu ucapan Selamat Hari Raya yang bisa sobat gunakan. Aplikasi-aplikasi tersebut tinggal diunduh dan di instal di smartphone kemudian mulai merancang sebuah kartu ucapan dengan mudah. Penasaran dengan aplikasinya? Berikut ulasannya.

  1. Canva

Aplikasi pertama yang cukup populer dalam mendesain kartu ucapan selamat hari raya adalah Canva. Meski aplikasi ini ada versi premium atau berbayarnya namun sobat juga bisa memanfaatkan versi gratisnya.

Menyambut hari raya Idul Fitri 1442H bahkan aplikasi Canva menyediakan template khusus lebaran yang bisa sobat gunakan. Tingga buka templatenya kemudian edit tulisan atau gambarnya sesuai yang diinginkan.

Cara mengggunakannya juga cukup mudah namun yang pertama harus dilakukan adalah install dulu aplikasi Canva baik dari Playstore atau Apple Store kemudian login menggunakan akun Gmail ataupun Facebook dan mulailah berkreasi.

  1. Muslim Card Pro: Eid & Ramadhan 2020

Aplikasi android khusus untuk mendesai kartu ucapan selamat lebaran atau Hari Raya Idul Fitri ini cara menggunakannya cukup mudah dan juga tak perlu melakukan login ke gmail maupun facebook.

Sobat hanya perlu menginstallnya saja di smartphone berbasis android kemudian memilih template dari berbagai template yang tersedia. Setelah itu desain sesuai keinginan dan mulailah di save kartu ucapannya untuk selanjutnya dikirim ke orang terdekat.

  1. PicsArt

Aplikasi membuat kartu ucapan hari raya selanjutnya yang cukup populer adalah PictArt. Bisa dikatakan aplikasi ini adalah saingan dari Canva untuk saat ini.

PicsArt adalah aplikasi untuk menyunting dan membuat kolase photo, namun seiring perkembangannya PicsArt juga bisa digunakan untuk membuat kartu ucapan Hari Raya dengan mudah.

Silahkan install terlebih dahulu aplikasi PicsArt baik untuk android maupun iPhone. Kemudian login dengan akun sobat. Setelah itu untuk membuat kartu ucapan hari raya tingga search template dengan kata kunci “Eid Mubarak”, maka akan muncul berbagai template yang tersedia.

Pilihlah template yang sesuai keinginan kemudian lakukan sedikit editing agar lebih menarik. Setelah selesai maka sobatpun bisa membagikannya langsung baik melalui WhatsApp, Facebook hingga Instagram.

  1. Aplikasi Kinemaster

Jika kartu ucapan selamat hari raya berupa gambar saja mungkin bagi sobat kurang begitu greget dan kurang menarik, maka sobat bisa mencobanya membuat versi video, alah satu aplikasi android editing video yang paling populer adalah Kinemaster.

Silahkan unduh aplikasi Kinemaster di Playstore kemudian instal di smartphone sobat sekalian. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan baik berupa gambar ataupun video pribadi sobat saat mengucapkan selamat hari raya.

Gunakan transisi agar video menjadi semakin menarik, juga bisa manambahkan backsound musik yang sesuai dengan tema hari raya. Setelah itu silahkan export dan bagikan ke berbagai media sosial.

  1. Aplikasi WhatsApp

Jika males melakukan editing yang menurut sobat cukup ribet maka solusi terakhir yang paling sederhana adalah menggunakan aplikasi WhatsApp. Saya rasa sobat sekalian memiliki aplikasi ini bukan?

Caranya cukup gampang tinggal buka saja kolom percakapan dengan siapa yang ingin sobat kirim ucapan Hari Raya, kemudian pilih gambar GIF dan masukan kata kunci misal “Eid Mubarak” maka akan muncul beberapa gambar GIF yang sesuai yang bisa sobat kirim.

Hanya saja gambar GIF tersebut tidak bisa diedit ya jadi sudah apa adanya, tapi gak masalah itu sudah cukup mewakili apa yang ingin sobat sampaikan.

Nah itulah 5 aplikasi android dan iOS untuk membuat kartu ucapan Hari Raya. Silahkan pilih saja mana yang ingin sobat coba, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *