Cara Mencegah Akun Instagram di Hack (Hack-IG)

Posted on

Instagram di Hack? Tentu kamu bakal kelimpungan jika ada orang yang meng Hack IG kamu apalagi jika jumlah follower kamu sangat banyak. Kita tahu instagram saat ini menjadi salah satu jejaring sosial berbagi foto yang cukup populer didunia.

Banyak orang memanfaatkan instagram untuk mengabadikan foto dan meperlihatkannya kepada banyak orang. Seiring perkembangannya kini instagram juga bisa dimanfaatkan sebagai media untuk berbisnis dan menghasilkan uang.

Cara mencegah akun instaram di hack
Cara mencegah akun instaram di hack

Banyak selebgram dengan jumlah follower sangat banyak mampu menghasilkan uang puluhan juta setiap bulannya. Tentu saja semuanya tidak berjalan secara instan melainkan perlu strategi khusus agar jumlah followernya bertambah.

Seperti halnya media sosial lainnya instagram juga rentan kena serangan hacker, meski sebenarnya keamanan instagram juga cukup kuat. Kebanyakan “Hack IG” lantaran si pemilik akun lalai dan membuat celah sendiri afar para hacker instagram bisa masuk dan menjebol.

Bisa jadi si pemilik akun terkena Phising sebelumnya dengan mengklik tautan yang tidak jelas alhasil akun kita terekam oleh para hacker dan digunakan untuk login ke berbagai akun media sosial kita.

Kenapa Mereka Meng Hack IG kita?

Ada banyak alasan mengapa mereka menghack IG kita dan salah satunya yang paling mungkin menjadi alasan adalah akun IG kita memiliki banyak follower.

Jika mereka berhasil mengambil alih akun IG kita maka mereka bisa dengan leluasa memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan. Bisa dengan menjual akun kita ke orang lain atau bisa juga dijadikan akun jualan produk mereka.

Ciri-ciri Instagram telah di Hack

Sobat perlu menyadari dengan seksama jika akun instagram telah berhasil di hack maka akan ada tanda-tanda yang bisa kita ketahui diantaranya.

  1. Ada Notifikasi Login dari Instagram

Jika ada yang login ke instagram kamu dari perangkat yang berbeda dan mencurigakan maka pihak Instagram secara otomatis akan mengirimkan pemberitahuan kepada kamu melalui email yang sudah didaftarkan.

Isi pemberitahuan tersebut adalah “We noticed a login from a device you don’t usually use“, artinya ada perangkat lain yang mencoba login ke akun instagram kamu.

Informasi lengkap juga akan tertera pada isi email tersebut mengenai perangkat apa yang mencoba login ke akun instagram kamu, waktu login, lokasi login dan menggunakan browser apa. Jika kamu tidak merasa melakukan login dari perangkat lain maka kamu wajib waspada dan lakukan langkah-langkah yang diminta oleh instagram.

  1. Data-data Kamu Berubah

Jelas sekali jika akun Insragram di Hack orang lain maka mereka akan dengan segera melakukan perubahan data-data pada profil instagramnya. Merubah foto, nama hingga deskripsi sesuai dengan tujuan mereka mengambil alih akun kamu.

Ini sudah tahap masuk ke akun instagram kamu, para hacker IG sudah berhasil mendapatkan username, email hingga password instagram kamu.

  1. Jumlah Follower dan Following Berubah

Pasti kamu sudah tahu berapa follower akun instagram kamu, nah jika sudah terkena sadap maka perhatikan apakah jumlah follower atau following kamu berubah secara drastis? Kalau iya maka kamu wajib waspada.

  1. Sudah Gak Bisa Login

Jelas mereka sudah mengambil alih akun instagram kamu, merubah semua data-data dari email hingga passwordnya. Maka otomatis kamu gak akan bisa login ke instagram lagi.

Mungkin kamu masih bisa mencoba mengakalinya dengan cara mengklik mengatasi lupa password pada saat login. Tapi jika semua data oleh si hacker sudah dirubah total kemungkinan akan cukup sulit kembali.

Inilah Sebab akun IG mudah di Hack

Sebenarnya akun media sosial termasuk Instagram mudah di hack karena kelalaian pengguna dalam memberikan keamanan maksimal pada akun instagramnya, contohnya sebagai berikut:

  1. Password yang Mudah Ditebak

Kadang ada Hacker yang cukup menebak password saja mereka berhasil meng-hack instagram orang lain. Misal password yang mudah ditebak seperti angka 123456 atau sebaliknya, atau menggunakan tanggal lahir. Sebaiknya gunakan password yang kamu aja gak kepikiran mau bikin password itu.

  1. Fitur Two Factor Authentication Tidak Aktif

Penting bagi kamu agar akun instagram kamu aman maka aktifkan Fitur Two Factor Authentication. Jadi fitur ini akan meminta kode keamanan yang dikirim ke email maupun melaui SMS ke HP kamu jika ada orang yang hendak login ke akun kamu.

Selama orang tersebut tidak tahu kode keamanan tersebut maka dia tidak akan bisa masuk atau login ke akun instagram kamu.

  1. Lupa Keluar atau Log Out dari Perangkat Lain

Misal kamu login ke instagram kamu melalui smartphone orang lain atau melalui laptop atau komputer di warnet kemudian lupa di log out maka otomatis cache akan menyimpan semua data-data kamu. Alhasil ketika ada orang yang mencoba membuka laman instgram di koputer bekas kamu maka langsung terbuka instagram milik kamu, ngeri kan?!

  1. Data Pribadi Kamu Terpampang di Medsos

Sebaiknya janganlah kamu menyimpan apalagi menampilkan semua data pribadi kamu di media sosial seperti nama lengkap, nama orang tua, tanggal lahir dan lain sebagainya. Hal ini bisa menjadi bahan referensi bagi hacker IG untuk menjebol akun kamu.

  1. Terkena Phising

Apakah kamu sering melihat gambar foto yang menggiurkan di sosial media, gambar tersebut menyertakan link dan jika kita mengkliknya maka akan sangat berbahaya.

Bisa jadi kamu akan diarahkan ke kolom laman berhadiah dengan catatan kamu harus mengisi data-data terlebih dahulu. Sebaiknya berhati-hati jika ada gambar atau foto yang menyertakan link gak jelas.

Cara Aman agar Instagram tidak mudah di Hack

Ada beberapa cara yang aman agar akun instagram kamu tidak mudah di hack oleh orang lain diantaranya adalah:

  1. Password yang Unik

Gunakanlah password yang unik yang kamu sendiri aja untuk awal-awal sulit mengetikannya. Misalkan mengandung beberapa huruf kapital, nomor, kemudian karakter. Tentu password seperti ini akan sangat sulit di hack.

  1. Sembunyikan Data Pribadi

Seperti dikatakan diatas para Hacker Instagram akan menjadikan data-data kamu sebagai bahan untuk melakukan hacker, maka sebaiknya kamu jangan menyertakan data-data pribadi di sosial media secara publik.

  1. Mengaktifkan “Autentikasi Dua-Faktor”

Mengaktifkan “Autentikasi Dua-Faktor” sangat berguna untuk melipat gandakan keamanan akun instagram kamu lantaran pihak Instagram akan mengirim kode keamanan ke email atau SMS di smartphone kamu ketika akan login ke akun IG.

Caranya buka profil instagram kamu, kemudian pilih setting. Jika pada ponsel berbasis android ada tanda titik tiga disudut kanan atas sementara pada ponsel berbasis iOS ada tanda grigi.

Setelah itu scroll kebagian bawah dan klik pada Autentikasi Dua-Faktor. Geser toggle ke posisi kanan untuk mengaktifkan “Minta Kode Keamanan“.

Tambahkan nomor telepon jika akun instagram kamu belum pernah mengkonfirmasi nomor telepon kamu. Klik “Tambahkan Nomor” dan isikan nomor telepon kamu lakukan prosesnya sampai selesai, nantinya Instagram akan mengirimkan 6 digit kode keamanan melalui SMS dan silahkan login.

Nah itulah informasi mengenai Cara Mencegah Akun Instagram di Hack (Hack-IG) dan sebaiknya kita harus mulai waspada dari sekarang mengamankan akun sosial media kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *