Ketahui Jenis Ayam Pamagon, Kelebihan dan Kekurangannya

Posted on

Bagi sobat penggemar ayam petarung mungkin sudah gak asing lagi dengan ayam Pamagon. Ayam ini dihasilkan dari perkawinan silang antara ayam pama dan magon dan menjadi pesaing kuat dari ayam petarung koygon.

Secara silsilah ayam ini memiliki dua darah ayam magon yakni ayam Birma dan Saigon kemudian ayam Pama, makanya orang mengenal ayam Pamagon sebagai ayam 3D atau ayam dengan tiga darah pada dirinya.

Apa itu Ayam Pamagon, Ayam petarung yang tangguh
Apa itu Ayam Pamagon, Ayam petarung yang tangguh

Para pencinta ayam petarung sudah paham betul bagaimana cara menghasilkan ayam petarung yang tangguh dengan cara mengawinkan silang antar ayam petarung.

Seluk Beluk Lahirnya Ayam Pamagon, Ayam Petarung Terkuat

Para pencinta ayam petarung sudah paham betul bagaimana menghasilkan ayam petarung yang kuat, salah satunya adalah ayam Pamagon yang saat ini bisa disebut yang paling kuat mengalahkan ayam koygon.

Lantas bagaimana bisa lahir ayam Pamagon?

Jika dahulu kita sudah tak asing lagi dengan Ayam Bangkok dari Thailand yang besar dan kekar, salah satu ayam jago petarung yang sulit dikalahkan di masanya.

Namun hingga akhirnya muncul pesaing kuat ayam Bangkok yang bernama Ayam Birma. Ayam ini memiliki kemampuan petarung diatas ayam Bangkok.

Setelah Ayam Birma mendominasi akhirnya muncul spesies ayam petarung yang lebih kuat yang dikenal dengan Ayam Pakhoy.

Para kolektorpun mencoba menghadirkan ayam terkuat terbaru dengan cara mengawinkan dua spesies ayam berbeda. Perkawinan dua spesies berbeda dengan ayam birma akhirnya menghasilkan ayam Magon. Ayam ini dikenal memiliki kemampuan bertarung yang lebih baik dibanding ayam Pakhoy.

Kemudian perkawinan silang dengan ayam pakhoy memunculkan pendatang baru yang lebih kuat dengan nama ayam Koygon. Ayam inilah yang memiliki kemampuan bertarung yang sulit dikalahkan oleh ayam-ayam jenis lainnya.

Hingga muncul pemecah dominasi ayam Koygon yakni ayam Pamagon dari persilangan ayam Pama dengan ayam Magon yang memiliki dua darah pada dirinya yakni Birma dan Saigon.

Jenis-jenis Ayam Pama

Setidaknya ada beberapa jenis ayam Pama yang bisa disilangkan dengan jenis ayam lainnya diantaranya adalah:

  1. Ayam Pama Jenis Gostan

Ciri khas ayam Pama jenis Gostam adalah memiliki bulu yang lebat dibanding Pama jenis lainnya, selain itu badannya lebih besar namun memiliki kaki-kaki yang ramping.

  1. Ayam Pama Jenis Rambong

Jika ayam Pama Gostam memiliki bulu yang lebat namun jika dibandingkan Ayam Pama Rombang maka memiliki bulu yang lebih lebar, ayam ini terlihat gagah karena bulu-bulunya terlihat lebih mengkilap, kaki-kakinya ramping dan kering membulat. Bobotnya antara 2.5 kg hingga 3 kg.

  1. Ayam Pama Jenis Mathai

Perbedaan Ayam Mathai dengan ayam Pama lainnya bisa terlihat dari ukurannya yang lebih besar, ayam Mathai bisa memiliki bobot mencapai 4 kg namun untuk bulunya terlihat lebih kusam.

  1. Ayam Pama Jenis Saigon

Ayam Pama Saigon bisa dikatakan sebagai ayam petarung yang cukup tangguh. Ayam ini dikenal mampu memukul dengan membuat lawannya terkapar. Kakinya ramping dan membulat dengan bulu-bulu yang cenderung berwarna hitam. Berat ayam pama Saigon cukup besar mencapai 4 kg.

  1. Ayam Pama Jenis Brasil

Ayam jenis ini memiliki bobot antara 3kg sampai 4kg dengan bulu yang lebat.Sepintas akan terlihat lebih besar dibanding ayam jenis pama lainnya.

Cara Merawat Ayam Petarung Pamagon

Ayam pamagon adalah ayam petarung yang sangat tangguh untuk masa sekarang, tentu saja perlu perawatan khusus dan juga latihan agar ayam ini tidak terkalahkan, berikut cara merawat ayam pamagon.

Rutin Melatih Pukulan

Tentu saja agar kemampuan memukulnya terjaga dan bahkan meningkat maka perlu melakukan latihan pada ayam pamagon. Latihan pukulan secara rutin akan mampu meningkatkan kemampuan ayam saat bertarung.

Berikan Jamu Kuat

Mungkin sobat memiliki ramuan khusus agar ayam lebih ganas saat bertarung, pukulannya lebih keras dan agresif. Namun jika tidak memiliki ramuan khusus sobat juga bisa membeli jamu khusus untuk ayam petarung. Jamu ini selain menambah stamina ayam juga menjaga kesehatan ayam.

Kelebihan dan kekurangan Ayam Pamagon

Meski sebagai ayam petarung yang tangguh, ayam pamagon juga tak luput dari kelebihan dan kekurangan yang perlu sobat ketahui, berikut diantaranya:

  1. Kelebihan Ayam Pamagon
  • Ayam Pamagon memiliki ciri khas pukulan yang kuat dan berbekas, efeknya lawannya akan terlihat pusing
  • Teknik pukulan ayam pamagon terlihat berbeda dan berkelas
  • Ayam pamagon memiliki struktir tulang padat dan kuat sehingga ayam ini sangat tangguh
  • Ayam Pamagon pantang menyerah saat bertarung dan selalu mengincar kepala lawannya
  • Saat bertarung ayam ini kerap lari memutar mengelabui lawannya
  • Keahlian menghindar dari pukulan lawannya
  • Gak ada ampung untuk lawannya, dipatuk punggungnya dan terus dipukul
  • Taji ayam Pamagon terlihat spesial dan berbahaya
  • Ayam Pamagon dikenal memiliki kemampuan yang cukup baik, bisa menghindar, bertahan dan memukul dengan baik

Kekurangan Ayam Pamagon

  • Meski mampu mengindar dan pantang menyerah saat melawan, namun kecepatan pukulannya kurang bagus
  • Sehingga ayam pamagon selalu keduluan dipukul oleh ayam lawannya
  • Meski pukulannya sangat kuat sayangnya ayam Pamagon tidak bisa mengunci lawannya dengan baik sehingga selalu melewatkan peluang.
  • Terkadang ayam Pamagon kurang fokus dan mudah terintimidasi

Nah itulah sekilas mengenai ayam petarung Pamagon yang memang dilahirkan sebagai ayam petarung yang tangguh. Namun bagaimanapun selalu ada kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan sobat sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *