7 Makanan Menurunkan dan Menyembuhkan Asam Urat

Posted on

Makanan penurun dan penyembuh asam urat – Penderita asam urat selalu merasakan sakit yang amat pada persendian, kaki, pinggang dan bagian tubuh lainnya. Penyakit ini bisa disebut penyakit umum lantaran diderita banyak orang.

Di Keluarga saya sendiri setidaknya ibu saya, nenek, paman juga memiliki riwayat penyakit asam urat. Katanya setiap habis makan sayuran yang hijau-hijau dan kacang-kacangan rasa sakit asam uratnya kambuh hingga sulit untuk berjalan.

Makanan penurun dan penyembuh asam urat
Makanan penurun dan penyembuh asam urat

Menurut mereka para penderita asam urang makanan-makanan pantangan yang tidak boleh dimakan adalah sayuran hijau-hijau dan kacang-kacangan hingga ikan asin. Entah itu mitos atau tidak yang pasti setiap mereka habis mengkonsumsi makanan tersebut maka penyakit asam uratnya kambuh.

Namun berbeda jika pola makan sehat, mengurangi konsumsi gula yang manis-manis maka kadar asam urat pada darah akan menurun begitupun gula darah dan kolesterol. Intinya pola makan yang sehat mampu membuat badan kita menjadi lebih sehat.

Makanan yang Mampu Menurunkan dan Menyembuhkan Asam Urat

  1. Konsumsi Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki segudang manfaat karena mengandung banyak nutrisi dan gizi didalamnya. Pada ikan salmon terdapat omega 3 dan lemak tak jenuh sehingga baik dikonsumsi penderita koleterol hingga stroke dan penderita sakit jantung.

Selain itu pada ikan salmon terdapat rendah purin sehingga cukup maan di konsumsi penderita asam urat. Dengan gizi dan nutrisi yang melimpah bahkan cukup baik bagi penderita asam urat hanya saja konsumsilah secukupnya dan jangan berlebihan.

  1. Konsumsi Beras Merah

Beras yang sehat adalah beras merah lantaran memiliki kadar gula dan kalori yang rendah meski begitu kandungan karbohidratnya cukup tinggi sehingga beras merah cukup direkomendasikan untuk makanan sehat.

Nasi beras merah bahkan dianjurkan bagi para penderita diabetes dan ternyata nasi beras merah juga cukup baik menurunkan kadar asam urat pada darah.

Jika kamu ingin hidup lebih sehat lagi mungkin harus mengambil keputusan mengganti beras putih dengan beras merah.

  1. Konsumsi Buah Apel

Buah Apel memiliki kandungan zat asam malat yang sangat baik untuk penderita asam urat. Zat ini akan membantu proses pengeluaran asam urat melalui urin dan menetralkan asam urat.

Selain untuk penderita asam urat ternyata buah apel juga cukup baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi.

Kebaikan dari bual apel lainnya adalah mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga baik dalam menjaga kekebalan tubuh kita dengan menangkal zat radikal bebas dan racun.

  1. Konsumsi Buah Alpukat

Salah satu buah terbaik yang wajib dikonsumsi pada penderita asam urat adalah buah alpukat. Buah ini memiliki kadar gula yang sangat rendah juga mengandung lemak tak jenuh.

Selain memiliki sifat basa tubuh yang bisa mengurangi kadar asam urat pada darah, buah alpukat juga bisa menggantikan lemak yang jahat dengan lemak yang baik.

  1. Konsumsi Buah Pisang

Makanan penurun asam urat lainnya adalah buah pisang, buah pisang mengandung rendah gula, kadar alkali yang tinggi hingga kandungan kalium yang tinggi pula.

Bisa disebut buah pisang adalah salah satu buah dengan kadar kalium paling tinggi yang berguna menyerap asam urat pada darah dan membuangnya melalui urin.

Buah pisang juga cocok bagi kamu yang diet karena mudah kenyang dan menurunkan kolesterol pada tubuh.

  1. Konsumsi Buah Delima

Asam urat yang tinggi biasanya juga karena ada penumpukan plak pada arteri, Nah buah delima memiliki khasiat yang cukup baik untuk mengurangi plak tersebut sehingga mengurangi penumpukan kadar asam urat pada darah.

  1. Konsumsi Selederi

Daun selederi mengandung glikosida, apiol dan flavonoid yang sangat baik untuk menurunkan kadar asam urat pada darah. Cara penyajiannya cukup mudah tingga siapkan daun selederi secukupnya kemudian rebus dengan air panas, setelah itu ambil airnya untuk dikonsumsi.

Rutinlah mengkonsumsi ekstrak daun seledri karena mampu mengurangi rasa nyeri pada persendian akibat asam urat yang tinggi. Selain itu ekstrak daun seledri juga baik untuk detok atau membuang racun pada tubuh.

Nah itulah beberapa makanan penurun dan penyembuh asam urat. Mungkin ada beberapa makanan yang sulit didapat atau mahal jika harus terusm menerus dibeli maka pilih lah salah satu diantaranya yang paling mudah semisal daun seledri atau mengganti nasi dengan nasi merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *