5 Cara Merawat Mobil Sendiri Selama Liburan Panjang

Posted on

Merawat Mobil Sendiri Saat Liburan – Libur panjang Hari Raya kali ini sebagian besar dari kita memang tidak bisa kemana-mana, tidak bisa mudik dan juga piknik lantaran pemerintah secara resmi melakukan pembatasan perjalanan demi mencegah penularan virus Covid-19.

Bagi sobat yang memiliki kendaraan tentu momen libur panjang ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan perawatan kendaraan secara lebih menyeluruh agar kendaraan menjadi lebih terawat dan enak digunakan.

Cara merawat mobil secara mandiri selama liburan panjang
Cara merawat mobil secara mandiri selama liburan panjang

Ada beberapa tips cara merawat kendaraan dirumah selama masa pandemic ini dan bisa dilakukan sendiri oleh sobat sekalian. Nah berikut ini apa-apa yang harus dilakukan untuk melakukan perawatan kendaraan.

  1. Membersihkan Interior Mobil

Mobil yang sering digunakan tentu lama-kelamaan akan meninggalkan noda dan bekas pada bagian body. Noda ini tidak cukup hilang hanya dengan dicuci saja dan perlu perawatan khusus untuk menghilangkannya.

Sebut saja noda bekas cipratan aspal yang menempel pada body atau noda sedikit goresan karena habis menyentuh sesuatu.Maka sobat hanya perlu menggunakan cairan pembersih yang sudah teruji mampu menghilangkan noda.

Ada banyak bahan cairan dipasaran yang bisa sobat gunakan, cobalah pergi ke bengkel dan menanyakannya. Dan lakukan pembersihan body menggunakan kain yang halus.

  1. Melakukan Pengecekan Cairan

Perawatan mobil saat libur panjang berikutnya adalah memeriksa seluruh cairan yang ada pada mobil semisal oli mesin, air aki, minyak rem, air radiator dan lain sebagainya.

Cek semuanya apakah takarannya mengalami penurunan atau tidak, jika dirasa kurang dari batas minimal maka sebaiknya tambahkan. Sobat bisa membeli cairan-cairan tersebut di bengkel.

  1. Melakukan Pemeriksaan pada Ban

Ban adalah bagian penting pada kendaraan anda, periksalah alur ban apakah ada kerikil-kerikil yang menempel pada alur ban yang bisa mempengaruhi kemampuan ban. Jika ada sebaiknya cungkil dan lepaskan kerikil-kerikil tersebut, gunakan obeng yang tidak tajam untuk melepaskan kerikilnya.

Periksa juga tekanan angin pada ban dan jika kurang bisa ditambahkan. Selain dibersihkan sobat juga bisa bisa melakukan penyemiran ban agar lebih hitam dan juga terlindungi.

  1. Membersihkan Interior

Biasanya bagian interior akan lebih mudah kotor dan sulit dibersihkan dibanding bagian eksterior. Dalam perjalanan anak-anak akan senang bermain didalam mobil, makan dan minum sehingga bekas-bekas makanan menempel pada bagian kursi.

Selain itu terkadang bapak-bapak merokok didalam dan abunya berserakan atau kadang api rokok membuat lubang pada kursi.

Maka membersihkan interior akan membutuhkan waktu yang cukup lama, kerjakan secara teliti dan perbaiki jika ada yang bolong. Gunakan sikat dan lap bersih.

  1. Mendekorasi Kabin Mobil

Bisa jadi ada barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan ternyata ada di dalam mobil. Sobat bisa mulai mendekorasi ulang, menata dan mengeluarkan barang-barang yang tidak perlu dan menggantikannya dengan barang yang diperlukan.

Nah itulah 5 hal cara merawat mobil sendiri selama liburan panjang. Manfaatkan waktu libur ini untuk meengembalikan mobil seperti terlihat baru, bersih dan juga nyaman digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *