Apa Itu Bisnis Dropship? Bagaimana Cara Menjalankannya Hingga Sukses

Posted on

Perkembangan dunia internet semakin memudahkan kita dalam menjalankan sebuah bisnis. Gak perlu modal banyak bahkan tanpa modal sama sekali namun kita masih bisa menjalankan bisnis hingga mampu berpenghasilan besar hanya dengan memanfaatkan internet. Salah satunya adalah bisnis Dropship. Lantas apakah itu Bisnis Drophsip?

Apakah Bisnis Dropship Itu?

Bisnis dropship adalah sebuah sistem bisnis di Internet dengan modal yang sangat minim sekali, mungkin hanya memerlukan jaringan internet saja dan perangkat smartphone atau laptop yang terhubung dengan internet.

Apa itu bisnis Dropship dan bagaimana cara sukses menjadi dropshipper
Apa itu bisnis Dropship dan bagaimana cara sukses menjadi dropshipper

Cara kerjanya adalah sobat mencari sebuah produk di internet bisa mencarinya di berbagai marketplace seperti shopee atau tokopedia. Kemudian mencari produsen dengan produk yang ingin sobat jual.

Ketika mendapatkan produsen dengan produk yang sesuai kemudian sobat menawarkan produk tersebut ke banyak orang dengan harga yang sudah sobat naikan. Misal harga awal dari produsen sebesar Rp.100.000, kemudian sobat tawarkan ke banyak orang dengan harga Rp.150.000 belum termasuk ongkos kirim.

Ketika ada orang yang tertarik ingin membeli produk tersebut maka dia akan transfer Rp.150.000 plus ongkir. Kemudian sobat membelanjakannya ke produksen di marketplace dan produsen tersebut mengirimkan produknya ke konsumen sobat atas nama sobat.

Jadi disini ada selisih harga Rp.50.000 yang menjadi keuntungan sobat sekalian.

Keuntungan Bisnis Dropship

  • Modal yang dibutuhkan sedikit karena sobat tidak perlu stok barang terlebih dahulu.
  • Produsen atau Suplier akan mengirimkan produk atas nama Toko sobat sehingga branding toko sobat semakin baik dan mulai dikenal.
  • Hanya memerlukan jaringan internet saja
  • Bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja

Apakah Bisnis Dropship Perlu Modal?

Jika sobat masih pemula tentu bisnis dropship ini masih memerlukan modal hanya saja modal yang dikeluarkan sangat sedikit yakni hanya membutuhkan jaringan ternet saja. Sementara smartphone mungkin sobat udah memilikinya. Atau sobat hanya perlu sebuah PC atau Laptop yang terhubung dengan internet.

Pihak-Pihak yang Terlibat dalam Bisnis Dropship

  1. Produsen/Supplier: Adalah pihak yang memiliki produk melimpah dan bisa dijualkan oleh siapa saja termasuk para dropshiper
  2. Dropshipper: Adalah pelaku bisnis penjual barang dari supplier ke konsumen. Bisa dikatakan agen atau penghubung yang mendapatkan keuntungan dari selisih.
  3. Pembeli: Adalah mereka yang membeli barang tersebut baik melalui dropshiper maupun secara langsung ke supplier.

Perbedaan Dropshipper dan Reseller

Ada yang bertanya apa bedanya antara dropshipper dan reseller? Secara umum masih memiliki pola yang sama dimana reseller dan dropshipper sama-sama menjualkan produk dari supplier atau produsen.

Hanya saja dropshipper tanpa melakukan stok barang terlebih dahulu, mereka langsung menjualkan produk dengan menaikan nilai harganya dan mendapat selisih keuntungan dari harga.

Sementara reseller mereka pada umumnya berbelanja terlebih dahulu ke supplier atau produsen dan memiliki stok untuk menjual produknya. Model bisnis reseller akan membutuhkan modal cukuo besar untuk belanja stok barang.

Keuntungan reseller adalah mereka menjual produk sesuai dengan jumlah barang yang tersedia, artinya stok barangnya pasti ada. Sementara dropshipper terkadang mengalami kendala ketika konsumen sudah memutuskan membeli barang namun ternyata ketika ditanyakan ke produsen barang tersebut sudah habis, celakanya konsumen sudah terlanjur mentransfer uang ke dropshippe, tentu saja hal ini akan membuat konsumen merasa kecewa dan tertipu.

Tips Sukses Bisnis Dropship dengan Menjadi Dropshipper

Agar bisnis dropship sobat lancar dan mendapatkan keuntungan yang terus berkelanjutan maka ada beberapa tips sukses bisnis dropship menjadi dropshipper, diantaranya adalah:

  1. Menemukan Produk yang Sesuai dan Supplier Terpercaya

Menemukan produk yang sesuai dengan target pasar yang bagus memang cukup penting agar bisnis dropship sobat bisa berjalan lancar. Tentukan target pasarnya misalkan perempuan maka produk yang bisa dijual adalah baju wanita, busana muslim wanita, hijab, produk kecantikan dan lain sebagainya.

Jika sudah menentukan target pasarnya maka saatnya mencari supplier. Saat ini mencari supplier cukup mudah lantaran sudah banyak para supplier bermain di dunia internet seperti marketplace.

Sobat bisa mencarinya di marketplace dan carinya supplier yang benar-benar memiliki produk sendiri dengan stok yang banyak dan dipercaya.

Produk sendiri dengan stok sangat penting karena bisa jadi bisnis dropship sobat berjalan lancar dengan jumlah pembeli yang banyak setiap harinya, oleh sebab itu stok barang di supplier harus dipastikan selalu ready agar konsumen sobat tidak dikecewakan karena ke tidak tersediaan barang.

Selain itu supplier juga mudah berkomunikasi dengan sobat, fast respon dalam menjawab setiap pertanyaan terutama mengenai ketersediaan barang dan resi pengiriman barang ke konsumen.

Supplier juga harus terpercaya karena bagaimanapun reputasi toko kamu yang dipertaruhkan, ketika barang cacat atau tidak sesuai pesaan hingga barang tidak dikirim tentu reputasi toko kamu akan sangat buruk dan di cap penipu.

Beberapa Hal yang Perlu di Perhatikan saat Mencari Supplier

. Jenis barang, spesifikasi barang hingga harga yang ditawarkan
. Cara pembayaran yang mudah dan cepat
. Reputasi supplier apakah bagus atau tidak dimana para dropshipper
. Bisa saja menemukan supplier namun pada produknya menggunakan merek sobat
. Pengalaman pengiriman barang ke berbagai daerah di Indonesia
. Kebijakan komplen, pengembalian barang, dan lainnya

  1. Investasi di Dunia Digital seperti Website dan Sosial Media

Bisnis dropship tak lepas dari dunia digital dan internet, maka agar bisnis kamu bisa berjalan dengan lancar dan target pasar yang lebih luas maka sobat perlu menginvestasikan modal tambahan di dunia internet.

Ada banyak para praktisi internet marketing yang fokus di dunia dropship atau jualan membuka kelas maka sobat jangan ragu untuk belajar dan berguru ke pakarnya. Mereka akan membagikan pengalaman suksesnya didunia internet marketing dan teknik-teknikk jitu berjualan online.

Sobat juga bisa memanfaatkan banyak platform berjualan dropship secara online seperti membuat dan memaksimalkan website toko online pribadi, menggunakan sosial media seperti facebook, instagram, whatsapp, twitter dan lainnya hingga memanfaatkan marketplace seperti tokopedia, shopee atau bukalapak.

Berjualan dropship secara online dengan berbagai jenis jualan diatas tentu memiliki katakteristik berbeda dan cara optimasi yang berbeda satus ama lainnya. Misalkan memanfaatkan website toko online maka optimasinya bisa secara organik dengan memperkuat teknik Search Engine Optimize (SEO).

Sobat bisa membeli jasa SEO untuk menaikan rangkin website sobat di pencarian google sehingga ketika ada orang yang mencari produk dengan kata kunci produk tersebut maka akan langsung menemukan website sobat.

Selain SEO juga bisa memanfaatkan sosial media seperti facebook dan instagram. Facebook sendiri bisa secara organik seperti memanfaatkan facebook marketplace atau traffik berbayar seperti memanfaatkan facebook ads atau beriklan di facebook. Begitupun juga menggunakan sosial media instagram.

Memanfaatkan markeplace dengan membuat toko online di Shopee, tokopedia atau Bukalapak. Buatlah toko dan pajanglah semua produk yang sobat ingin jual kemudian optimasi toko tersebut baik secara berbayar ataupun secara manual.

  1. Materi Promosi Menentukan Kesuksesan

Hal yang paling penting dalam berjualan online menjadi dropshipper adalah mengasah kemampuan sobat dalam membuat materi promosi seperti copywriting.

Materi promosi tersebut diantaranya adalah konten gambar hingga video yang menarik dan juga copywriting atau kata-kata yang membuat orang tertarik ingin membeli.

Sebagus apapun produk sobat namun jika tidak diimbangi dengan materi promosi yang bagus dan menarik maka produk sobat akan sulit terjual di dunia online. Namun berbeda halnya dengan produk biasa saja namun dengan materi promosi yang menarik maka produk tersebut akan sangat menggiurkan untuk dibeli.

Selain itu jika menggunakan toko online seperti website maka buatlah se profesional mungkin agar calon konsumen menjadi percaya dengan toko online sobat dan tidak ragu untuk membeli.

Jika memanfaatkan sosial media seperti facebook dan instagram maka buatlah yang profesional dengan alamat lengkap dan kontak yang bisa dihubungi. Kepercayaan calon konsumen terhadap toko sobat sangat berpengaruh kepada calon konsumen sebelum memutuskan membeli produk.

Terkadang kita sudah menemukan produk yang ingin di beli, namun ketika melihat toko onlinenya baik di website, sosial media ataupun marketplace kurang bisa dipercaya akhirnya kita memutuskan untuk tidak membelinya.

  1. Layanan Memuaskan

Layanan kepada konsumen haruslah memuaskan dan janganlah membuat konsumen kecewa sekalipun hanya sekali saja. Sekali kecewa mereka akan membagikan pengalamannya di sosial media dan toko kita bisa memiliki reputasi yang buruk.

Merespin dengan baik ketika ada yang menanyakan, kemudian menghandel komplen dengan baik. Sanggup memberikan garansi akan lebih diutamakan oleh konsumen. Dari pada konsumen kecewa maka sebisa mungkin kita memberikan pengganti yang membuat konsumen kembali menjadi senang.

Kesimpulan Bisnis Dropship

Meski bisnis dropship membutuhkan modal yang kecil namun jika sobat mampu menentukan target pasar yang tepat dengan produk yang bagus serta supplier yang bisa diajak kerja sama maka peluang untuk suksesnya semakin besar.

Bisnis dropship bisa membuat kita berpenghasilan tak terbatas asalkan semua teknik jualan terbaik mampu kita kuasai dan praktekan. Asalkan kita tak pantang menyerah dan mau “lekeun” bekerja keras serta meningkatkan knowledge jualan online, InsyaAllah bisnis Dropship dari rumah bisa menjadi sumber penghasilan utama sobat sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *