Cara Melacak Nomor Telepon Tak Dikenal dengan Mudah

Posted on

Cara Melacak Nomor Telepon Tak Dikenal – Terkadang ada yang menelepon kita namun kita tidak tahu siapa yang menelepon tersebut, tidak ada nomor kontak yang tersimpan atas nomor telepon tersebut dan hal itu membuat kita menjadi penasaran dan khawatir.

Khawatir takutnya nomor telepon tersebut memiliki tujuan tidak baik, mungkin dia mau neror atau mungkin mau menipu. Atau penasaran juga mungkin saja dia memang ada perlu ke kita.

Cara melacak nomor telepon tak dikenal dengan mudah
Cara melacak nomor telepon tak dikenal dengan mudah

Nah ada cara mudah melacak nomor telepon tak di kenal tersebut dan kita bisa mengetahui siapa sebenarnya pemilik nomor tersebut. Kita bisa mencobanya dengan menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi, berikut ini caranya:

Melacak Nomor Telepon Tak Dikenal dengan Aplikasi

Berikut ini beberapa aplikasi baik android maupun iOS yang bisa digunakan untuk melacak nomor telepon tak dikenal dengan mudah.

  1. Aplikasii Truecaller

Bisa disebut aplikasi truecaller adalah aplikasi pelacak nomor telepon tak dikenal yang cukup populer lantaran sudah diunduh oleh 200 juta orang didunia.

Jika ada nomor telepon yang mencoba masuk menelepon kita dan terindikasi sebagai nomor spam yang berbahaya maka aplikasi ini akan menampilkan nuansa warna merah. Database Truecaller juga akan menampilkan siapa pemilik nomor tersebut dari database yang mereka miliki.

Sebagai aplikasi yang populer Truecaller juga menyediakan layanan gratis dan berbayar. Tentu saja versi berbayar memiliki fitur yang sangat lengkap yang dibutuhkan banyak orang, seperti mengetahui siapa saja yang telah mengintip akun kita dan lain sebagainya.

Aplikasi ini tersedia di Google Playstore dan juga Apple App store, silahkan di search saja dikeduanya.

  1. Aplikasi Get Contact

Aplikasi Get Contact mungkin saat ini cukup familiar bagi sobat sekalian. Yupz, aplikasi ini tengah gencar-gencarnya promosi baik secara online hingga promosi di televisi.

Dari iklannya menampilkan seseorang yang ingin tahu apakah nama kontak dirinya disimpan dengan nama apa di orang lain dan Get Contact ini akan menampilkan deretan nanyanya.

Namun secara umum aplikasi Get Contact adalah berfungsi untuk menyaring dan mengetahui nomor telepon tak dikenal yang menghubungi dan pengguna bisa langsung mem “blacklist” nomor yang terindikasi sebagai nomor spam berbahaya.

Hal ini mirip sekali dengan Truecaller yang menerapkan sistem urun daya untuk mengumpulkan database dari nomor ponsel yang sudah digunakan sebelumnya.

Seperti halnya Trucalle, Get Contact juga menawarkan versi gratis dan berbayar. Tentu versi berbayar akan ada penambahan fitur yang diperlukan banyak orang dengan hanya membayar $2,99 atau sekitar Rp.40.000an maka sobat sudah bisa menikmati versi full nya.

Silahkan download aplikasi gratis pelacak nomor telepon tak dikenal ini di Google Playstore atau Apple App Store.

  1. Aplikasi Eyecon

Aplikasi pelacak nomor ponsel tak dikenal selanjutnya adalah Eyecon. Aplikasi ini hampir mirip tapi lebih banyak bedanya dengan Get Contact atau Truecaller.

Mirip karena memang salah satu kegunaannya untuk mengetahui nomor yang tidak dikenal. Pengguna bisa mengatur nomor kontak dengan memberikan foto sesuai keinginan. Selain itu pengguna bisa mengontrol bagaimana kontak dirinya muncul di ponsel orang lain.

Bedanya dengan aplikasi lain adalah pada Eyecon sudah bisa terhubung dengan sosial media seperti facebook sehingga cukup memudahkan jika kita ingin mengakses aplikasi-aplikasi sosmed kesayangan kita. Silahkan unduh di Playstore atau Apple App Store secara gtaris.

  1. Aplikasi CallApp

CallApp adalah aplikasi pelacak dan pengidentifikasi nomor panggilan yang tidak dikenal dengan mudah. Aplikasi ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan aplikasi pelacak lainnya seperti Getcontact atau Truecaller.

Pengguna juga bisa memblokir langsung nomor-nomor telepon yang dianggap sebagai spam berbahaya yang mengganggu. Aplikasi ini bisa didapatkan di Google Playstore atau Apple App Store.

  1. Aplikasi TelGuarder/Spam Call Blocker

Tak jauh berbeda dengan CallApp pada aplikasi Spam Call Blocker pengguna bisa secara langsung memblokir nomor ponsel yang merugikan dan dianggap spam. Selain itu pengguna juga bisa melaporkan dan memberi komentar mengenai nomor pengganggu tersebut sehingga akan ada banyak orang yang tahu mengenai nomor pengganggu.

Silahkan unduh aplikasi pelacak nomor telepon tersebut gratis di Google Playstore atau Apple App Store.

  1. Aplikasi Whoscall

Aplikasi Whoscall bisa disebut cukup populer karena telah digunakan oleh lebih dari 70 juta orang. Aplikasi ini ampuh untuk melacak dan mengetahui siapa yang menelepon kita.

Dengan database yang cukup banyak keunggulan aplikasi ini adalah kita bisa menggunakannya tanpa terhubung dengan internet hanya untuk mengetahui identitas siapa pemilik nomor telepon yang menelepon kita.

Kita juga bisa dengan mudah memblokir baik panggilan maupun SMS dari nomor-nomor yang dianggap spam yang mengganggu.

  1. Aplikasi Showcaller

Hampir mirip dengan aplikasi pelacak nomor telepon yang tidak dikenal lainnya, aplikasi Showcaller yang sudah digunakan oleh lebih dari 50 juta orang ini cukup bisa diandalkan.

Kamu bisa menggunakan versi gratis atau versi berbayar yang tentu saja memiliki banyak fitur unggulan. Dengan database tak terbatas kamu bisa mengetahui nomor telepon yang iseng menghubungi kamu.

Jika dianggap nomor jahat maka dengan mudah bisa di blokir atau kamu bisa merekam percakapan sebagai upaya jaga-jaga demi keamanan. SIlahkan unduh di Playstore atau Apple App Store.

  1. Aplikasi CIA ID/Caller ID & Call Blocker

Aplikasi CIA ID ini sudah diunduh oleh 5 juta orang dan memiliki rating 4 bintang sehingga cukup direkomendasikan oleh kita sebagai palikasi pelacak nomor telepon yang tidak dikenal.

Selain memblokir nomor telepon yang dianggap berbahaya, keunikan CIA ID ini adalah kita akan mendapatkan rekomendasi nomor telepon sebuah instansi. Misalkan kita mencoba menghubungi instansi A namun tidak diangkap nah aplikasi ini akan memberikan nomor rekomendasi instansi B, C atau lainnya yang serupa untuk ditelepon oleh kita.

Aplikasi ini ada versi gratis dan berbayar dan bisa sobat unduh di google playstore atau Apple App Store.

  1. Aplikasi Hiya

Berikutnya adalah aplikasi Hiya yang sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta orang diseluruh dunia dan memiliki rating 4.3 di Google Playstore.

Namun sedikit berbeda dari aplikasi ini adalah adanya fitur Virus Protection & Security yang bisa secara otomatis memblokir nomor-nomor berbahaya yang dianggap spam. Aplikasi ini juga ada versi berbayarnya dengan harga mulai dari $2.99 hingga $24.99.

Melacak Nomor Telepon Tak Dikenal Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi sobat juga bisa melakukan pelacakan nomor telepon tak dikenal tanpa menggunakan aplikasi. Mungkin sobat males nya kalau harus mengunduh aplikasi namun jarang digunakan, nah berikut ini cara pelacakan yang bisa sobat lakukan.

  1. Menelepon Kembali

Ada yang mencoba menelepon kamu beberapa kali namun kamu tidak angkat teleponnya karena nomor tersebut tidak dikenal dan takutnya penipuan atau mau meneror.

Kamu penasaran siapa sebenarnya dia? Kamu bisa mencoba menelepon kembali menggunakan nomor ponsel yang lain dan menanyakan siapa sebenarnya dia. Cara ini sudah umum karena sering dilakukan jaman-jaman dulu sebelum ponsel pintar hadir seperti sekarang.

  1. Menggunakan Basis Data Publik

Jika jaman dulu setiap memasang nomor rumah maka kita akan mendapatkan buku nomor telepon seperti Yellowpages. Jika yang menelepon kamu bukan nomor ponsel dan berupa nomor rumah atau kantor maka kamu bisa memanfaatkan Yellowpages. Bisa dicek dengan bukunya langsung atau melalui internet.

  1. Menggunakan Mesin Pencarian

Cara lainnya adalah sobat bisa menggunakan mesin pencarian seperti Google.com untuk mengetahui siapa pemilik nomor ponsel yang mencoba meneror kamu.

Bisa saja dia pernah mencantumkan nomor ponsel di internet, di sosial media, website, youtube dan lain sebagainya. Maka kamu tinggal mengetikan nomor ponsel tersebut di google pencarian dan nantinya akan muncul nomor tersebut serta siapa pemiliknya.

  1. Menggunakan Sosial Media

Selain menggunakan google pencarian kamu juga bisa memanfaatkan sosial media seperti facebook, instagram dan lain sebagainya. Siapapun pasti memiliki sosial media, cobalah ketikan nomor ponsel tersebut pada sosial media pencarian seperti facebook maka mungkin saja nomor tersebut akan muncul dengan akun pemiliknya.

NAh itulan cara mudah melacak nomor telepon tak dikenal dengan mudah baik menggunakan aplikasi android atau iOS ataupun tanpa aplikasi sama sekali. Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *