Cara Mengatasi Smartphone Lemot Karena Penuh Foto

Smartphone lemot karena penuh foto lebaran kemarin? Rasanya cukup wajar ya pas momen lebaran kita banyak mengabadikan momen kebersamaan dengan keluarga dengan foto-foto.

Bahkan bukan pas lebaran saja terutama bagi penggemar dunia fotography yang aktif di sosial media maka keseharian kita tak lepas dari kegiatan mengambil gambar dengan smartphone.

Cara mengatasi Smartphone Lemot karena memori penuh oleh foto
Cara mengatasi Smartphone Lemot karena memori penuh oleh foto

Koleksi foto sudah penuh di memori sementara mau di hapus rasanya sayang karena belum semuanya terupload ke sosial media, alhasil smartphone menjadi lemot karena memori penuh. Lantas bagaimana cara mengatasi smartphone lemot karena kapasitas memori hampir habis?

Baca juga: Harga Ponsel Asus Zendone 8 Terbaru

Cara Mengatasi Smartphone Lemot

Setidaknya ada tiga langkah sederhana mengatasi smartphone lemot karena kapasitas memori sudah hampir penuh. Berikut langkah-langkah yang bisa dikerjakan.

  1. Menyortir Foto

Saat kebersamaan kita tak mau begitu saja melewatkannya dan mengambil banyak sekali foto dengan smartphone kita. Alhasil ada banyak foto tersimpan di memori smartphone.

Namun dari sekian banyak foto tentu tidak semuanya akan terpakai, ada foto yang tidak berkualitas seperti ngeblur atau tidak fokus yang harus dibuang, juga ada foto yang hampir mirip dengan foto lainnya.

Maka dari itu pilihlah foto-foto yang dirasa paling baik dan singkirkan foto-foto yang tidak akan terpakai. Hal ini akan mengurangi beban pada smartphone kamu sehingga tidak terlalu lemot lagi.

  1. Simpan di Cloud

Setiap smartphone memiliki fitur cloud yang sudah terintergari, sayangnya ada banyak pengguna smartphone di Indonesia yang kurang faham akan fungsi ini sehingga fitur ini tidak pernah terpakai.

Cloud sendiri adalah tempat penyimpanan secara online yang tidak akan mengganggu kapasitas memori smartphone sobat. Sobat bisa memanfaatkan cloud yang sudah teritegrasi dengan ponsel atau cloud milik google seperti Google Drive.

Buatlah kategori file foto kamu misal kategori lebaran dan simpan semua foto kebersamaan lebaran pada kategori tersebut. Dengan cara ini meski sobat memiliki banyak foto namun smartphone tidak lemot lagi.

  1. Bagikan Link Cloud

Cara mengatasi smartphone lemot karena banyak foto di memori memang cukup simpel dan mudah asal tahu caranya. Terakhir setelah foto-foto tersebut di simpan di Cloud seperti Google Drive maka untuk membagikannya ke orang lain sobat tinggal membagikan link google drive ke orang tersebut.

Hal ini sangat berbeda jauh jika sobat mengirim foto secara langsung di whatsapp misalnya, maka ada folder whatsapp untuk media seperti gambar yang memakan kapasitas memori ponsel kamu.

Kesimpulan

Nah itulah tiga cara mengatasi smartphone lemot karena terlalu banyak foto pada memori ponsel. Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah sortir foto dengan membuang foto-foto yang tidak perlu, kemudian simpan di Cloud dan terakhir bagikan foto dengan cara membagikan link cloud kepada orang lain.

About Adreena

Seorang gadis yang suka traveling dan makan

Check Also

Download InShot Pro Mod Apk No Watermark

Download InShot Pro Mod Apk No Watermark

InShot Pro Mod Apk No Watermark – Apakah sobat seorang youtuber atau orang yang aktif …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *