Cara Mempercepat Koneksi Wifi Agar Internet Lebih Kenceng

Posted on

Cara mempercepat koneksi wifi – Akses internet yang cepat dan stabil tentu menjadi dambaan kita semua. Apalagi kita yang sehari-hari beraktifitas didunia maya sekedar browsing, chatting hingga bermain game online.

Akses internet yang lambat tentu sangat menjengkelkan lantaran aktivitas kita didunia online terganggu. Apalagi jika kita mengandalkan jaringan wifi untuk terhubung dengan internet.

Ada tips bagaimana mempercepat jaringan wifi agar akses internet menjadi lebih stabil dengan kecepatan yang bagus. Nah berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan.

Cara mempercepat koneksi wifi agar internet lebih cepat dan stabil
Cara mempercepat koneksi wifi agar internet lebih cepat dan stabil

Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Laptop/PC

Ada beberapa settingan yang bisa dilakukan oleh kita pada perangkat laptop atau PC agar akses wifi menjadi lebih cepat dan stabil, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Setting Network Reset dan Flushing DNS

Langkah ini cukup ampuh untuk mempercepat koneksi Wifi pada laptop atau PC yang kamu punya, caranya:

  • Buka Command Prompt, klik kanan dan Run As Admitistrator
  • Ketik ipconfig /flushdns dan enter, tunggu sampai selesai
  • Ketik lagi ipconfig /renew dan enter
  • Tutup Command Prompt dan silahkan mencoba mengakses internet dengan wifi.
  1. Mencari Lokasi yang Kuat Sinyal Wifinya

Akses internet menggunakan wifi masih lambat maka bisa jadi lokasi kamu dengan lokasi pusat wifi cukup jauh. Silahkan cek seberapa kuat sianyal wifi yang tertangkap. Agar mencapatkan akses internet wifi yang cepat maka sebaiknya mendekatlah ke sumber wifi. Atau jika dirasa jauh maka sobat bisa mencobanya beberapa langkah berikut ini:

  • Simpan router ditempat terbuka atau tidak terhalang apapun seperti tembok yang akan menghalangi sinyal wifi
  • Gunakan repeater untuk menangkap sinyal wifi lebih cepat dan penuh kemudian dikoneksikan dengan laptop atau PC kamu
  • Hindari peralatan yang memancarkan sinyal yang bisa mengganggu sinyal wifi yang kamu tangkap seperti bluetooth, microwave dan lain sebagainya.
  1. Dengan Mengatur QoS

Laptop atau PC keluaran terbaru yakni yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 8 keatas maka secara default laptop tersebut mengalokasikan bandwidth sebanyak 20 persen untuk windows update dan 80 persen untuk kebutuhan internet.

Agar laptop kamu mampu mempercepat koneksi wifi internet maka bisa dimaksimalkan kebutuhan bandwidth internetnya dengan cara melakuakan pengaturan pada QoS.

  • Klik StartRUN– ketik gpedit.msc
  • Masuk ke Local Computer Policy kemudian Computer Configuration dan Administrative Templates
  • Pilih Network dan selanjutnya pilih QoS Packet Scheduler
  • Double Klik pada Limit Reservable Bandwidth
  • Pilih Enable dan masukan nilai 0 pada Bandwidth limit dan terakhir Apply.
  • Jangan lupa restart komputer sebelum digunakan.
  1. Menggunakan Router dan Penempatan yang Pas

Router berfungsi untuk menangkap dan menyebarkan jaringan wifi. Agar kinerja router lebih maksimal pastikan cara penyimpanannya benar dengan cara berdiri, kemudian simpan di tempat yang terbuka agar jaringan wifi bisa ditangkap sempurna oleh perangkat lain.

  1. Memeriksa Kecepatan Internet

Jika sinyal wifi menunjukan sudah penuh pada bar namun akses internet wifi masih lambat maka hal yang paling mungkin terjadi adalah kecepatan akses internet memang tengah buruk alias lemot.

Sebaiknya periksalah kecepatan akses internet wifi kamu dengan menggunakan beberapa aplikasi pengecek kecepatan akses internet seperti NetSpot, Wireshark, Amped, Cloudcheck ataupun yang lainnya.

Nah itulah 5 hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat Koneksi Wifi Agar Internet Lebih Kenceng. Silahkan dicoba cara-cara tersebut dan semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *