Spesifikasi Daihatsu Taft 1996, Mobil Keluarga Tahun 90an

Posted on

Spesifikasi Mobil Daihatsu Taft 1996, Mobil Keluarga Tahun 90an – Salah satu mobil tua keluaran Daihatsu yang masih cukup banyak peminatnya hingga saat ini adalah Daihatsu Taft. Mobil tua ini pertama kali muncul sebagai pesaing kuat dari Suzuki Jimny dan pertama kali diperkenalkan ke pasar Indonesia tahun 1976.

Bayangkan saja tahun 1976 saya sendiri masih belum lahir sehingga mobil Daihatsu Taft ini sudah sangat berumur. Meski begitu mobil ini sudah beberapa kali mengalami regererasi sehingga tampilannya sudah cukup dikenal orang hingga saat ini. Kali ini kita akan sedikit bahas mengenai spesifikasi Daihatsu Taft 1996, Mobil keluarga tahun 90an yang masih cukup banyak peminatnya hingga saat ini.

Baca Juga: 5 Cara Merawat Mobil Sendiri Selama Liburan Panjang

Sejarah Singkat dan Regenerasi Mobil Daihatsu Taft

Daihatsu Taft memiliki siklus produksi sejak tahun 1974 hingga 2007. Jika saat ini kita berada di tahun 2021 maka mobil Daihatsu Taft ini sudah sekitar 14 tahun tidak ada produksi lagi. Di beberapa negara Daihatsu Taft dikenal dengan nama berbeda diantaranya adalah Wildcat, Scat hingga Daihatsu Rugger.

  • Generasi Pertama Daihatsu Taft (1974-1979)

Jaman masih kanak-kanak sekitar tahun 1990-an kita sering melihat mobil “Hartop” yang mirip dengan Daihatsu Taft generasi pertama. Saat itu masih belum mengerti akan dunia otomotif, tapi jika dilihat dari tampilannya maka memang mirip sekali dengan mobil “culik” yang sempat saya lihat pada waktu masih kecil, mobil yang sangat menakutkan karena kita takut di culik.

Daihatsu Taft Generasi Pertama 1974
Daihatsu Taft Generasi Pertama 1974

Daihatsu Taft generasi pertama dirilis pada tahun 1974 dengan kode F10. Mesinnya berkapasitas 958 cc dengan empat silinder dan transmisi manual 4 percepatan. Mesinnya mampu menghasilkan tenaga hingga 57 horse power pada 5500 rpm dan 78,5 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Meski di produksi tahun 1974, namun mobil Daihatsu Taft dengan kode F10 ini baru masuk ke pasar Indonesia pada tahun 1976 dan dikenal dengan Taft Kancil. Mobil yang mampu melesat dari 0-100 km perjam dalam waktu 37,9 detik ini sebenarnya mengalami peningkatan performa dengan upgrade pada permesinannya.

Sayangnya mobil Daihatsu Taft versi F20 yang merupakan upgrade dari Taft F10 tidak dimasukkan ke pasar Indonesia sehingga hingga saat ini kita tidak mengenal Daihatsu Taft F20.

  • Generasi Kedua Daihatsu Taft (1974-1979)

Jika dilihat dari tampilannya mobil Daihatsu Taft generasi kedua terlihat masih sama dengan versi sebelumnya. Mobil ini dirilis tahun 1977 dengan kode Daihatsu Taft F50. Kapasitas mesin mobil ini mengalami peningkatan signifikan dengan 2530 cc mesin diesel empat silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 74 horse power.

Daihatsu Taft Generasi Kedua 1974
Daihatsu Taft Generasi Kedua 1974

Bagi masyarakat Indonesia, Daihatsu Taft generasi kedua dikenal sebagai mobil Taft Kebo atau Taft Kerbau lantaran pada pintu bagian belakang terdapat emblem dengan gambar binatang.

  • Generasi Ketiga Daihatsu Taft (1985-1995)

Jika sobat mengenal mobil Daihatsu Taft GT dengan tampang yang lebih modern maka itu adalah generasi ketiga Daihatsu Taft dengan kode F70. Secara spesifikasi mobil ini tampil lebih bertenaga dibandingkan generasi sebelumnya.

Daihatsu Taft Generasi Ketiga 1985
Daihatsu Taft Generasi Ketiga 1985

Selain F70, Daihatsu juga memperkenalkan tiga seri Daihatsu Taft di Indonesia yakni pada tahun 1986 versi F69 yang dikenal dengan Daihatsu Hiline dan pada tahun 1988 versi F75 atau Daihatsu Rocky.

  • Generasi ke Empat Daihatsu Taft (1996-2007)

Daihatsu Taft generasi ke empat dengan kode F73 inilah yang saat ini sering kita jumpai dijalanan. Mobil ini pertama kali diperkenalkan tahun 1996. Mobil ini menggunakan suspensi independent sehingga dikenal juga dengan Daihatsu Taft Independent. Mesin yang digunakan jenis Diesel berkapasitas 2765cc dengan 5 transimisi percepatan manual.

Daihatsu Taft Generasi Keempat 1996
Daihatsu Taft Generasi Keempat 1996

Sebelum jenis diesel ini hadir sebenarnya di Indonesia sudah hadir terlebih dahulu Daihatsu Feroza yang merupakan jenis Taft yang menggunakan bahan bakar bensin. Produksi terakhir Daihatsu Feroza pada tahun 1999 dan digantikan oleh Daihatsu Taruna.

Setelah Daihatsu Taft F73 pabrikan juga melakukan pembaruan dengan menghadirkan F78 dengan perubahan pada sumbu rodanya.

Mengenal Daihatsu Taft 1996

Daihatsu yang sampai sekarang masih bisa kita lihat di jalanan adalah Daihatsu Taft 1996 atau generasi ke empat. Mobil ini menggunakan system 4×4 dan lebih dikenal dengan Tough Almighty Four-Wheel Touring Vehicle yang lebih bertenaga dan mampu melibas segala medan.

Makanya hingga saat ini banyak offroader yang masih menggunakan mobil Daihatsu Taft 1996 F73 atau F70 karena dianggap masih cukup Tangguh.

Spesifikasi Daihatsu Taft 1996, Mobil Keluarga yang Garang

  • Exterior Daihatsu Taft 1996

Pada bagian depan mobil Daihatsu Taft 1996 tampil cukup maskulin dan gagah dengan lampu-lampu dan bumper yang kokoh. Lampu utama berbentuk kotak dipadukan dengan grill depan dengan tiga tingkat garis palang. Banyak yang mengakui tampilan depan mobil Daihatsu Taft 1996 memang cukup keren.

Sementara pada bagian pintunya hanya terdapat dua pintu masing-masing di samping kiri dan kanan serta satu pintu dibagian belakang. Di masanya mobil ini cukup banyak menyita perhatian publik karena bisa dijadikan mobil keluarga yang pas.

Spesifikasi mobil Daihatsu Taft 1996 pada bagian belakang juga disesuaikan dengan sisi depan dengan kesan kotak-kotak. Kacanya terlihat lebih lapang yang terpasang disisi atasnya. Ban cadangan yang terpasang semakin membuat maskulin mobil ini. Handle pintu terpasang disisi ban cadangan dan terpadat emblem Daihatsu Taft sebagai identitas mobil ini.

Bumper belakang disesuaikan dengan  bumper depan dengan kesan menonjol agar terlihat lebih garang serta perlindungan jika terjadi insiden dari belakang.

  • Interior Daihatsu Taft 1996

Jika dilihat dari sisi interior untuk mobil saat ini bisa dikatakan memiliki cukup kekurangan, ruang di kabin terbilang sempit dan tidak memiliki banyak fitur. Namun untuk mobil ini di masanya tentu sudah sangat baik dan menjadi idola.

Jika berkaca pada mobil masa kini yang serba digital dan otomatis tentu mobil Daihatsu Taft 1996 jauh memiliki kekurangan. Meski begitu mobil ini sudah memiliki AC meskipun seadanya dan setidaknya sudah bisa membuat sejuk.

Sementara pada sisi audio juga masih seadanya, yang penting masih bisa mendengarkan musik tentu sudah cukup memberikan hiburan. Spesifikasi Daihatsu Taft 1996 sebagai mobil tua keluarga ini memang memiliki penataan interior yang rapi meskipun terbilang sempit.

Pada kursi jok bagian depan menggunakan bahan material berkualitas, namun ada yang unik pada kursi jok bagian belakang dimana kedua kursi dipasang menyamping dan saling berhadapan. Hal ini membuat mobil Daihatsu Taft 1996 memiliki kesan sebagai mobil angkutan umum, tapi untuk di masanya di tahun 90an tentu sudah lumrah dan cukup digemari.

  • Fitur Daihatsu Taft 1996

Spesifikasi Daihatsu Taft 1996 sebagai mobil keluarga dengan system 4×4 tentu memiliki keunggulan mampu menerjang segala medan dengan mudah, apalagi mobil ini menggunakan suspensi jenis IFS yang membuatnya lebih nyaman saat dijalanan rusak. Juga ground clearance yang tinggi sehingga tak khawatir permukaan bawah mengenai jalanan yang rusak.

  • Mesin Daihatsu Taft 1996

Spesifikasi permesinan Daihatsu Taft 1996 selain mengadopsi system 4×4 juga menggunakan permesinan yang garang dengan jenis Diesel DL42 empat silinder dengan kapasitas 2.800cc dan 5 kecepatan transimi. Mesinnya mampu menghasilkan torsi 245 Nm dengan tenaga 76 HP.

Meski mobil ini bertajuk mobil keluarga yang garang namun pihak Daihatsu juga tidak malu-malu jika mobil ini memiliki tema lain yakni sebagai mobil Offroad. Hal ini terlihat jelas pada torsi yang dihasilkan cukup besar namun akselerasi yang kurang.

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Taft 1996

Mobil yang diperkenalkan tahun 1996 ini memang cukup Berjaya di masanya, namun untuk saat ini apakah mobil ini masih cukup layak dimiliki atau tidak tentu kita perlu melihat sisi kelebihan dan kekurangannya, berikut ini kelebihan dan kekurangan Daihatsu Taft 1996.

Kelebihan Daihatsu Taft 1996:

  • Sebagai mobil Offroad, Daihatsu Taft 1996 mampu melintasi dengan baik semua jalanan baik perkotaan maupun pegunungan
  • Mesin Daihatsu Taft 1996 yang bandel dan Tangguh
  • Perawatan mudah dan sparepart yang mudah ditemukan dan harga murah
  • Suspensi lebih baik dibandingkan versi sebelumnya

Kekurangan Daihatsu Taft 1996

  • Getaran dari mesin dieselnya cukup terasa hingga ke kabin
  • Hanya terdapat sabuk pengaman pada fitur keselamatannya

Daftar Harga Daihatsu Taft 1996 Terbaru

Setelah melihat ulasan spesifikasi Daihatsu Taft 1996 sebagai mobil tua tahun 90an yang cukup bandel serta ulasan kelebihan dan kekurangannya kini tinggal memutuskan apakah akan memboyong mobil ini kegarasi rumah sobat atau tidak.

Harga mobil Daihatsu Taft 1996 saat ini dijual dengan berbagai varian harga, mulai dari Rp.35 jutaan bahkan ada yang sampai Rp.200 jutaan. Tentu saja harga yang tinggi mengingat mobil ini bisa disebut mobil klasik dengan modifikasi yang bagus akan meningkatkan harga dari mobil ini. Sobat bisa mencari informasi harga terbaru Daihatsu Taft 1996 di marketplace khusus mobil di Indonesia untuk update nya.

Kesimpulan Daihatsu Taft 1996

Mungkin saat ini para pencinta offroad menyarankan mobil Daihatsu Taft 1996 sebagai salah satu mobil pilihan yang tepat. Makanya tak heran banyak offroader menggunakan mobil ini baik yang masih orisinil maupun yang sudah di modifikasi.

Sistem 4×4 dengan mesin yang handal serta torsi yang tinggi membuat mobil ini mampu melibas jalan segala medan. Namun jika sobat hanya menggunakan mobil ini untuk area perkotaan juga cukup baik asalkan dengan sedikit modifikasi dan penambahan fitur.

Nah itulah sekilas tentang spesifikasi mobil Daihatsu Taft 1996, mobil keluarga yang bisa menjadi pilihan mobil bekas sobat tahun ini. Tentunya setelah melakukan pertimbangan banyak hal sebelum membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *