Biaya Mutasi Kendaraan Motor dan Cara Pengurusannya

Posted on

Biaya Mutasi Motor dan Cara Pengurusannya – Kali ini kita akan memberikan informasi mengenai biaya mutasi motor serta cara pengurusannya. Seperti kita tahu ketika pindah domisili dari suatu kendaraan maka kita diharuskan untuk melakukan mutasi kendaraan. Semisal kita membeli kendaraan bermotor bekas dan di berkas tersebut data-datanya atas nama pemilik lama yang berada di luar daerah atau kota berbeda atau provinsi berbeda dengan SAMSAT berbeda.

Oleh sebab itu kita perlu melakukan update berkas seperti balik nama menjadi atas nama kita sendiri dan mutasi domisili kendaraan bermotor, tentunya biaya mutasi motor ini sebenarnya tidaklah mahal jika kita mau melakukan pengurusannya secara mandiri.

Banyak orang yang berpendapat melakukan mutasi kendaraan motor cukup ribet dan melelahkan. Kita harus menuju SAMSAT terdekat untuk melakukan prosesnya, apalagi jika kendaraan kita dari luar kota dengan Plat nomor berbeda sehingga kita harus pergi ke SAMSAT asal dan SAMSAT kota tujuan dimana kita berada.

Namun jika membeli kendaraan bekas dan masih satu kota maka tidak perlu melakukan mutasi kendaraan motor melainkan cukup balik nama saja.

Tapi meskipun membutuhkan proses yang tidaklah sebentar sebenarnya melakukan proses mutasi kendaraan motor tidaklah seribet yang dibayangkan, prosesnyapun cukup mudah dilakukan sekalipun datang sendiri.

Agar proses mutasi bisa lancar dan mudah tentu kita harus mempersiapkan semua berkas-berkas yang dibutuhkan sehingga kita hanya perlu melakukan sekali jalan untuk satu prosesnya.

Semisal hari pertama kita akan mencabut berkas di SAMSAT kota asal, dan dihari luang lainnya kita memasukan berkas di SAMSAT kota tujuan. Anggap saja proses ini sambil jalan-jalan agar prosesnya terasa lebih menyenangkan. Jika menggunakan jasa pihak lain tentu biayanya cukup lumayan besar dan lebih baik untuk jalan-jalan dan makan-makan.

Biaya mutasi kendaraan bermotor dan prosedur yang harus ditempuh
Biaya mutasi kendaraan bermotor dan prosedur yang harus ditempuh

Persyaratan Mutasi Motor

1. Persiapkan BPKB

2. Persiapkan STNK

3. Melakukan Cek Fisik kendaraan yang di lakukan di kantor SAMSAT terdekat

4. Bukti pembayaran jual beli kendaraan dilampirkan dengan materai

5. KTP Pemilik kendaraan

6. Sementara untuk badan hukum perlu mempersiapkan berkas salinan akta pendirian dan fotocopy nya, surat keterangan domisili, surat kuasa yang ditandatangani oleh pimpinan serta cap badan hukum.

7. Bagi instansi pemerintah seperti BUMN dan BUMD perlu menyertakan Surat tugas atau surat kuasa bermeterai cukup dan ditandatangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap instansi yang bersangkutan.

Proses Mutasi Kendaraan Bermotor

Setelah semua persyaratan dikumpulkan dan disiapkan dalam berkas map, kemudian waktunya kita menuju ke SAMSAT untuk proses Mutasi kendaraan bermotor, berikut ini alur yang harus ditempuh:

Pertama silahkan datang ke kantor SAMSAT sesuai dengan berkas BPKP kendaraan bermotor pemilik pertama. Nantinya di SAMSAT kita akan melakukan proses cabut berkas. Bawalah kendaraan motor sobat karena nantinya akan dilakukan cek fisik.

Proses cek fisik kendaraan motor di SAMSAT dikenakan tarif beragam tergantung pada jasa yang tersedia bisa dikenakan tarif antara Rp.10 ribu hingga Rp.30 ribuan saja.

Petugas akan menggosok nomor rangka kendaraan motor dengan menggunakan kertas khusus dan dilegalisir. Bukti nomor cek fisik kendaraan beserta berkas pendukung lainnya akan diserahkan ke loket bagian mutasi luar daerah untuk verifikasi dan di proses.

Setelah proses diatas selesai maka silahkan kembali ke kantor SAMSAT untuk mengambil fiskal sekaligus berkas kendaraan tersebut dan proses pencabutan berkaspun selesai di SAMSAT awal.

Kemudian bawalah berkas tersebut ke SAMSAT tujuan untuk didaftarkan di SAMSAT dimana sobat berada.

Sebaiknya jika sobat berencana untuk melakukan mutasi motor maka datanglah pagi-pagi untuk menghindari antrian. Biasanya pada saat pengecekan fisik kendaraan cukup ngantri, kemudian pada saat menyerahkan berkas hingga prosesnya selesai juga antrian tak kalah membosankan.

Persiapkan uang pas untuk biaya mutasi motor agar proses pembayaran bisa lebih cepat.

Baca Juga: Harga Terbaru Motor KLX Bekas Terbaru

Biaya Cabut Berkas Mutasi Sepeda Motor

Setelah antri nantinya sobat akan dipanggil ke loket yang sudah tersedia untuk memberikan berkas yang sudah dileggalisir dan meminta formulir mutasi.

Jika berkas-berkas kamu sudah lengkap dan tidak ada yang kurang maka kamu akan diminta mengisi formulir yang sudah diberikan. Setelah terisi semuanya maka petugas akan meminta biaya mutasi kendaraan motor roda dua sebesar Rp.150.000 dan kendaraan roda empat atau mobil sebesar Rp.250.000 (untuk wilayah DKI Jakarta).

Setelah pembayaran selesai biasanya membutuhkan waktu 5 hari untuk pengambilan berkas. Bawalah bukti tanda terima yang diberikan pada saat pembayaran pertama kemudian nanti di SAMSAT bukti tersebut ditunjukkan ke petugas untuk pengambilan berkas.

Berkas tersebut tinggal kamu bawa ke SAMSAT tujuan untuk proses mutasi atau input data.

Biaya Cetak STNK Baru saan Mutasi Motor di SAMSAT Tujuan

Bawalah berkas-berkas tadi ke SAMSAT tujuan namun jangan lupa fotocopy terlebih dahulu. Bawa berkas pendukung seperti BPKB asli serta kwitansi pembelian motor sobat.

Nantinya petugas loket bagian mutasi akan memeriksa kelengkapan berkas tersebut.  Siapkan dana untuk membayar pajak STNK dan biaya TNKB atau plat nomor baru.

Besarnya biaya STNK meliputi BBN KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor), PKB, SWDKLLJ, kemudian TNKB (plat nomor) dan perhitungan BBN KB untuk kendaraan bekas sebesar 2/3 PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) antara Rp.60.000 hingga Rp.150.000.

Biaya ini setiap daerah adalah berbeda-beda tergantung kebijakan daerah, bahkan ada yang menggratiskan biaya pencetakan TNKB di daerah tertentu.

Biaya untuk Mencetak BPKB Baru

Setelah proses mutasi selesai kemudian proses balik nama kendaraan atau mencetak BPKB baru sehingga kendaraan atas nama pemilik yang lama sudah tidak berlaku lagi dan digantikan menjadi atas nama sobat.

Hal-hal yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

  • Salinan STNK baru
  • Salinan BPKB
  • Salinan KTP
  • BPKB asli yang lama
  • Salinan legalisir cek fisik
  • Salinan kwitansi pembelian motor

Berikut ini biaya yang harus dikeluarkan untuk mencetak BPKB baru adalah untuk kendaraan motor roda dua atau tiga dikenakan biaya cetak baru perpenerbitan sebesar Rp.80.000 dan ganti kepemilikan per penerbitan sebesar Rp.80.000. Sementara untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya sebesar Rp.100.000.

Prosesnya adalah ambil formulir pembuatan BPKB baru di loket yang sudah tersedia sambil petugas memeriksa semua berkas-berkas yang sudah sobat persiapkan sebelumnya. Kemudian petugas akan memberikan tanda pembayaran yang harus sobat bayar pada BANK yang sudah ditunjuk, biasanya loket BANK nya tidak jauh dari lokasi dan berdampingan.

Setelah di bayar maka akan ada tanda terima dari BANK dan tanda bukti ini akan digunakan pada saat pengambilan BPKB di hari berikutnya yang sudah ditentukan. Bawalah tanda terima dari Bank tersebut beserta fotokopy KTP pada saat proses pengambilan berkas BPKB.

Kesimpulan

Nah itulah biaya mutasi motor dan proses balik nama dan jika dilakukan secara mandiri sebenarnya cukup mudah dilakukan. Prosesnya memang tidak sebentar dan membutuhkan waktu. Hanya saja sekali proses ke SAMSAT hanya perlu sehari saja. Sementara pengambilan berkas dilakukan di hari selanjutnya.

Selain itu dana total yang dibutuhkan untuk proses biaya mutasi motor serta balik nama membutuhkan dana sekitar Rp.1 jutaan saja. Tentu ini akan jauh lebih murah ketimbang menggunakan jasa calo atau pihak lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *