10 Aplikasi Android Belajar Bahasa Inggris Terbaik

Posted on

Perkembangan teknologi komunikasi termasuk smartphone memang memberikan banyak kemudahan bagi kita. Kayaknya semua hal tentang informasi sudah ada di genggaman kita untuk saat ini, ingin mengetahui apa saja maka kita cukup dengan membuka smartphone dan mulai mencari tahu apa yang ingin kita ketahui. Salah satunya adalah aplikasi android belajar bahasa inggris.

Benar sekali, jika dulu kita memerlukan kamus fisik untuk belajar bahasa inggris hanya sekedar ingin tahu arti dari sebuah kata, maka saat ini kita hanya cukup memanfaatkan smartphone kita untuk mencari tahu arti bahasa indonesianya dari sebuah kata atau kalimat berbahasa Inggris.

Ada banyak sekali aplikasi android kamus bahasa inggris yang bisa kita unduh dan install. Bukan hanya itu ada banyak pula aplikasi android belajar bahasa Inggris dengan materi yang cukup lengkap dan memudahkan.

Sebut saja materi tenses atau grammar (bentuk kata), materi listenig (mendengarkan percakapan dalam bahasa inggris), reading (membaca kata dan kalimat berbahasa inggris), writing (menulis kata atau kalimat dalam bahasa inggris) dan terakhir speaking yang berarti berbicara dalam bahasa Inggris.

Tentu saja tujuan dari belajar bahasa inggris adalah agar kita mampu menguasai ke lima materi diatas atau minimal kita bisa mengerti apa yang orang lain katakan dalam bahasa inggris dan kita mampu menjawab dan berbicaran dalam bahasa inggris.

Belajar bahasa inggris memang perlu ada guru pembimbingnya, jika ingin mahir tentu sobat harus mau belajar langsung seperti ke tempat kursus bahasa Inggris atau ke lembaga pelatihan berbahasa Inggris. Namun bukan berarti belajar secara otodidak dan mandiri tidak akan bisa menguasai bahasa Inggris.

Ada banyak orang diluaran sana yang belajar secara otodidak, mulai dari melihat dan mendengarkan film-film berbahasa inggris, mulai mengenal kata dan kalimat hingga mulai belajar berbicara dengan bahasa Inggris. Apalagi saat ini ada banyak aplikasi android belajar bahasa Inggris yang bisa kita unduh dan install di smartphone.

Dengan aplikasi android belajar berbahasa inggris ini cukup membuka smartphone kita maka kita akan mudah belajar Bahasa inggris mulai dari materi awal hingga materi yang lebih dalam lagi.

Baca Juga: Social Spy WhatsApp, Aplikasi Sadap WA yang Populer

Pentingnya Bahasa Inggris Saat ini

Bukan hanya saat ini saja ya, bahasa Inggris memang sejak dulu menjadi sangat penting untuk kita kuasai. Jika kita mampu berbicara dengan baik dalam bahasa Inggris maka kita akan lebih mudah dalam berkarir.

Ada banyak sarjana lulusan universitas yang sulit mendapatkan pekerjaan dikarenakan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris yang kurang. Bahkan perusahaan-perusahaan BUMN dan perusahaan besar lainnya terkadang harus menyertakan sertifikat TOEFL,TOEIC, IELTS sebagai syarat melamar pekerjaan.

Sertifikat tersebut menunjukkan level berbahasa Inggris kamu, semakin besar nilainya maka peluang kamu lolos administrasi dan test wawancara semakin besar karena kamu dianggap mampu berbicara dalam Bahasa inggris.

Sebagai contoh ada seseorang lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris dan berdomisili tempat tinggal di sebuah proyek pembanguan milik pemerintah yang cukup besar.

Disana terdapat banyak pegawai dari luar negeri seperti Prancis, Austalia dan beberapa negara Asia. Sementara ada banyak orang lulusan D3 dan sarjana yang mencoba mengajukan lamaran pekerjaan ke proyek tersebut dan sedikit dari mereka yang lulus keterima kerja.

Sementara tak sengaja anak SMA tersebut berbicara dengan orang asing dalam bahasa inggris dan merasa nyambung dan nyaman. Akhirnya tak butuh waktu lama anak SMA tersebut justru langsung diminta masuk menjadi pegawai di perusahaan tersebut dan meraih sukses.

Itulah bukti nyata ternyata komunikasi yang baik mampu memberikan peluang yang lebih besar ketimbang sertifikat akademik.

Sebelum kita bahas mengenai aplikasi android belajar bahasa inggris terbaik maka ada baiknya kita pahami dulu mengenai hal dasar dalam bahasa Inggris seperti tenses atau bentuk kata. Karena bentuk kata menjadi kunci dasar yang perlu kita kuasai agar belajar bahasa inggris menjadi lebih mudah.

Apa itu Tenses (Bentuk Kata)?

Tenses sendiri adalah hal yang paling banyak kita pelajari dalam bahasa Inggris yang meliputi grammar atau tata bahasa. Banyak orang yang merasa kesulitan mempelajari bahasa inggris karena tenses ini belum dikuasai dengan baik, apalagi bentuk tenses juga cukup beragam.

Tenses adalah sebuah metode grammar atau tata bahasa dalam bahasa Inggris yang berbasis pada verb yang menunjukkan waktu atau keadaan pada suatu tindakan.

Menurut Oxford Learner’s Pocket Dictionary – Fourth Edition, tenses adalah “bentuk kata kerja yang menunjukkan waktu suatu tindakan atau keadaan” (verb form that shows the time of the action or state).

Ada tiga istilah yang sering kita kenal dalam tenses bentuk waktu diantaranya past (lampau) atau yang dilakukan sebelum saat ini, kemudian present (sekarang) atau apa saja yang berkaitan dengan saat ini atau yang dikerjakan saat ini dan future (masa depan) atau yang telah dilakukan setelah saat ini.

Sementara dalam kontek keadaan ada dua istilah tenses yakni Continuous (berkelanjutan) artinya sebuah tindakan yang masih dilakukan atau belum selesai dilakukan dan Perfect (sempurna) artinya tindakan yang sudah selesai dilakukan.

Dan masih banyak lagi bentuk-bentuk dan contoh-contoh dari tenses yang perlu kita pelajari agar kemampuan bahasa Inggris kita menjadi lebih baik. Nah untuk memudahkan belajar bahasa inggris kita bisa memanfaatkan aplikasi android belajar bahasa inggris terbaik yang saat ini banyak terdapat di Google Playstore, lantas apa saja aplikasi android belajar bahasa inggris tersebut? Berikut ini ulasannya.

10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik

1. Aplikasi Tenses dan Grammar Bahasa Inggris (Nofta Studio)

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Tenses dan Grammar
Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Tenses dan Grammar

Aplikasi android belajar bahasa inggris yang bisa sobat coba adalah Tenses dan Grammar Bahasa Inggris dari Nofta Studio. Aplikasi ini sudah di download oleh lebih dari 50.000 orang dan memiliki rating penilaian yang sangat baik yakni 4.8.

Tentu review dari pengguna aplikasi ini menjadi rujukan bagi kita akan kualitas sebuah aplikasi android. Menariknya aplikasi ini bisa digunakan tanpa menggunakan jaringan internet alias bisa secara offline.

Menurut aplikasi ini, tenses dan grammar merupakan suatu hal yang sangat penting dalam bahasa inggris karena sebagian besar aktivitas berbahasa inggris baik speaking maupun writing menggunakan tenses.

Pada aplikasi ini terdapat banyak fitur yang sangat bermanfaat seperti fitur grammar dasar hingga lanjutan. Kemudian fitur tenses seperti simple present, present continuous, simple past, past perfect, simple future dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu agar belajar kamu semakin baik dan mendapatkan hasil yang bagus dan cepat maka disediakan latihan dari mulai latihan satu hingga 10. Tentu saja aplikasi android belajar bahasa inggris satu ini sangat kami rekomendasikan untuk sobat unduh dan install.

2. Aplikasi Belajar Bahasa Inggris, Duolingo

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris, Duolingo
Aplikasi Belajar Bahasa Inggris, Duolingo

Aplikasi android belajar bahasa inggris terbaik selanjutnya adalah Duolingo. Aplikasi ini sudah cukup populer didunia maya lantaran memiliki rating yang sangat bagus. Aplikasi ini sudah di unduh dan di install oleh lebih dari 100 juta orang diseluruh dunia dan memiliki ulasan yang bagus dengan rating hampir sempurna yakni 4.6 bintang.

Aplikasi ini juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai aplikasi terbaik tahun 2013 “Best Off The Best 2013 Google Play” sebagai aplikasi belajar bahasa inggris dan bahasa asing terbaik.

Kamu akan belajar bahasa inggris dari level paling dasar sekalipun hingga level tertinggi (fluent). Cara penggunaan yang mudah membuat siapapun nyaman belajar bahasa inggris dengan aplikasi Duolingo, apalagi aplikasi ini memberikan fitur pengingat yang kamu setting sendiri, misal setiap hari kamu belajar bahasa inggris satu jam saja maka aplikasi ini akan mengingatkan kamu untuk belajar setiap hari selama satu jam.

3. Aplikasi Belajar Bahasa Inggris dengan Babbel

Aplikasi android Babbel untuk belajar bahasa Inggris
Aplikasi android Babbel untuk belajar bahasa Inggris

Aplikasi selanjutnya adalah Babbel, aplikasi ini cukup populer karena sudah digunakan oleh lebih dari 10 juta orang diseluruh dunia. Dari sisi rating juga cukup bagus karena memiliki nilai 4.5 bintang dari 600 ribuan ulasan.

Bukan hanya belajar bahasa inggris, pada aplikasi ini kamu juga bisa memilih belajar bahasa asing lainnya seperti Spanyol, Prancis, Italia, Jerman, Portugal, Rusia, Turki, Polandia, Denmark, Swedia, Belanda, Norwegia dan Indonesia.

Meski memiliki sistem yang hampir sama dengan Doulingo namun aplikasi Babbel ini lebih berfokus pada vocabulary dan conversation.

4. Aplikasi Memrise: Fun & Fast Language Learning App

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Memrise: Fun & Fast Language Learning App
Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Memrise: Fun & Fast Language Learning App

Aplikasi belajar bahasa inggris memrise menjadi aplikasi yang cukup populer bagi di playstore lantaran sudah digunakan oleh 10 juta orang lebih. Ratingnyapun cukup memuaskan dengan 1,3 jutaan ulasan memberikan aplikasi ini nilai bintang 4.6.

Aplikasi ini akan berfokus pada pembelajaran kosa kata sehingga sobat akan lebih mudah paham dan mengingat. Terdapat 30 tingkat pembelajaran yang bisa sobat pelajari dengan mudah lantaran tampilan interfacenya juga sangat user friendly.

Selain itu aplikasi ini memungkinkan sobat berinteraksi dengan 30 orang lainnya yang menggunakan aplikasi serupa. Jadi, bisa sambil belajar dan diskusi secara langsung bukan? Cukup menyenangkan.

5. English Pronunciation – Awabe

Aplikasi android belajar bahasa inggris dengan English Pronunciation - Awabe
Aplikasi android belajar bahasa inggris dengan English Pronunciation – Awabe

Selanjutnya ada English Pronunciation dari Awabe yang akan memandu sobat sekalian mahir dalam berbahasa inggris. Aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 1 juta orang dengan review bintang 4.3.

Disini kamu bakalan belajar bahasa inggris mulai dari pengucapan sebuah kata atau kalimat yang diperkuat dengan gimiknya sehingga kamu akan memahami ekspresi mimik, gimik hingga gestur saat berbicara.

Selain mempelajari bahasa inggris kamu juga akan belajar mengenai panjang pendeknya vocal, Konsonan bersuara dan tanpa suara hingga Bunyi Vokal ganda, dll.

Terakhir kamu akan belajar seni membaca dalam bahasa inggris yang baik dan benar. Karena bahasa inggris memiliki banyak kata yang pengucapannya mirip. Di awal kamu belajar vocal maka di reading ini kamu sudah mulai bisa membedakan mana Bed (tidur) dengan Bad (buruk/jelek).

6. Aplikasi Belajar Bahasa Inggris dengan Beelinguapp

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris dengan Beelinguapp
Aplikasi Belajar Bahasa Inggris dengan Beelinguapp

Selanjutnya ada aplikasi belajar bahasa inggris dengan Beelinguapp. Aplikasi ini cukup menarik dan menyenangkan lantaran konsep belajar bahasa inggrisnya menggunakan story-telling dimana kamu bisa membaca sebuah cerita dalam bahasa inggris dan disebelahnya terdapat tulisan cerita dalam bahasa kamu.

Aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih dari 1 juta orang dengan rating sangat baik mencapai 4.7 bintang.

7. Aplikasi Hello English: Learn English

Aplikasi Android belajar Bahasa Inggris dengan Hello English: Learn English
Aplikasi Android belajar Bahasa Inggris dengan Hello English: Learn English

Selanjutnya sobat bisa mencoba menginstal aplikasi Hello English: Learn English untuk belajar bahasa inggris secara mandiri dirumah. Aplikasi ini sangat direkomendasikan lantaran sudah digunakan oleh lebih dari 10 juta orang dengan rating terbaik 4.5 bintang.

Kamu bisa mempelajari hingga 10.000 kata untuk koleksi vocab kamu dilengkapi dengan cara pelafalan yang benar. Aplikasi ini juga menyediakan pembelajaran bahasa Inggris yang lengkap mulai dari media teks berita, video, audio, game interaktif bahkan hingga berdiskusi dengan guru.

8. Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Grammarly

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris dengan Grammarly
Aplikasi Belajar Bahasa Inggris dengan Grammarly

Aplikasi android Grammarly Keyboard – English Grammar Assistant adalah aplikasi yang membantu kebutuhan belajar bahasa inggris kamu. Aplikasi ini cukup di install di smartphone kamu maka secara otomatis akan menggantikan fungsi dari keyboard ponsel kamu.

Nantinya dengan aplikasi ini akan mengoreksi ejaan bahasa inggris kamu apakah sudah benar atau belum, jika salah maka akan diperbaiki. Juga bisa mendeteksi kata atau ejaan dalam sebuah kalimat apakah sudah sesuai atau belum. Misal kata dalam kalimat formal atau non formal maka akan secara otomatis mengkoreksi.

Tentu aplikasi ini sangat membantu sekali bagi siapapaun, semisal kita bisa membuat tulisan sebuah surat yang baik dan benar.

Aplikasi ini sudah membantu lebih dari 10 juta orang diseluruh dunia dan mendapatkan rating 4.1 bintang.

9. Aplikasi BBC Learning English

Aplikasi Android belajar bahasa Inggris dengan BBC Learning English
Aplikasi Android belajar bahasa Inggris dengan BBC Learning English

Adalah aplikasi android belajar bahasa Inggris yang cocok bagi kamu yang ingin menguasai bahasa inggris sehari-hari.  Fitur unggulannya adalah  “mini daily lesson” yang memungkinkan kamu belajar bahasa inggris dengan menonton video pengajaran selama 3 menit saja.

Aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih dari 5 juta orang dengan rating 4,3 bintang.

10. HelloTalk – Pertukaran Bahasa & Belajar Bahasa

Aplikasi android belajar bahasa inggris dengan HelloTalk - Pertukaran Bahasa & Belajar Bahasa
Aplikasi android belajar bahasa inggris dengan HelloTalk – Pertukaran Bahasa & Belajar Bahasa

Nah aplikasi ini sangat cocok bagi sobat yang hendak belajar bahasa inggris dengan lebih santai namun menyenangkan. Kamu bisa mengasah kemampuan bahasa inggris kamu dengan mengobrol pada kolom chattingan dengan orang lain.

Menariknya saat chatting dengan orang lain dan kamu ada salah-salah kata maka aplikasi HelloTalk akan mengoreksi keasalah tersebut dan memberikan perbaikan. Dan masih banyak lagi fitur-fitur unik lainnya pada aplikasi ini.

Sejau ini aplikasi HelloTalk sudah digunakan oleh lebih dari 10 juta orang dengan nilai ulasan 4.5 bintang.

Nah itulah 10 aplikasi android belajar bahasa inggris yang bisa kamu unduh dan install. Kini siapapun bisa belajar bahasa inggris dengan mudah dimana saja dan kapan saja. Asalkan kamu memiliki keinginan kuat meskipun belajar secara mandiri maka sudah pasti lambat laun kamu akan mahir berbicara dalam bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *