20 Contoh Teks Prosedur Sederhana, Kompleks dan Protokol

Contoh Teks Prosedur – Mungkin sebagian besar dari kita tidak tahu apa yang dimaksud dengan teks prosedur. Atau kamu yang tengah belajar di sekolah dan sedang mencari tahu contoh-contoh seputar teks prosedur seperti apa untuk bahan tugas kamu. Nah kali ini kita akan berikan penjelasan selengkap-lengkapnya mengenai hal ini.

Teks prosedur sendiri merupakan sebuah informasi teks sederhana yang berisi langkah-langkah arahan semisal empat hingga lima langkah untuk mengerjakan sesuatu hingga berhasil sesuai dengan yang di arahkan. Teks prosedur sudah umum digunakan di dunia industri, di dunia produksi hingga pemasaran.

Sebagai contoh sobat pernah melihat kemasan mie instan dan di belakangnya terdapat cara memasaknya yang berisi beberapa poin saja. Nah itulah salah satu contoh teks prosedur pada kemasan mie instan. Nah mari kita ulas lebih dalam lagi mengenai teks prosedur.

Contoh teks prosedur sederhana, kompleks dan protokol
Contoh teks prosedur sederhana, kompleks dan protokol

Apa yang Dimaksud Teks Prosedur Sederhana?

Apa yang dimaksud dengan Teks Prosedur adalah sebuah teks atau karya tulis yang memuat langkah-langkah untuk menyelesaikan sebuah kegiatan. Langkah-langkah tersebut haruslah runtut dan berkaitan satu sama lainnya dan tidak boleh tumpang tindih sehingga apa yang di perintahkan bisa tercapai sempurna.

Infirmasi teks yang diberikan jelas dan tidak bertele-tele sehingga sangat mudah dipahami dan sangat mudah dijalankan. Contohnya jika sobat membeli sebuah produk makanan atau minuman seperti kopi maka akan ada contoh teks prosedur di belakangnya berupa langkah-langkah penyajian sederhana dan berurutan.

Apa Ciri-ciri Teks Prosedur?

Tentu saja ada ciri-ciri khusus dari teks prosedur yang menjadi pembeda dari teks-teks lainnya. Berikut ciri-ciri khusus teks prosedur:

  • Teks dengan kalimat perintah yang informatif
  • Berupa kata kerja aktif
  • Menggunakan kata penghubung atau disebut juga sebagai kata konjungsi
  • Lengkap dengan kata Keterangan semisal waktu, tempat ataupun cara

Apa Fungsi dan Tujuan Teks Prosedur?

Adanya teks prosedur tentu memiliki tujuan dimana sebuah karya tulis berupa teks prosedur komplek dibuat untuk memudahkan pembaca dalam melakukan kegiatan seperti yang dilakukan oleh penulis atau pembuat teks. Pembaca cukup melihat teks prosedur yang berisi langkah-langkah yang jelas dan mudah dimengerti kemudian mempraktekannya hingga sukses seperti yang di harapkan penulis teks.

Syarat teks prosedur haruslah mudah dimengerti sehingga pembaca bisa mengikuti dan mepraktekannya dengan baik, teks yang logis, berurutan dan memiliki hubungan satu dengan yang lainnya.

Tiga Bagian Teks Prosedur

Setidaknya ada tiga bagian dari teks prosedur yang harus ada diantaranya adalah harus ada tujuan, kemudian bagian material dan terakhir adalah langkah-langkahnya. Berikut ini penjelasannya:

  • Teks Prosedur Bagian Tujuan berisi penjelasan mengenai tujuan yang akan dicapai dari sebuah teks prosedur, yakni hasil akhirnya. Biasanya berupa judul sebuah teks prosedur sudah menggambarkan sebuah tujuan.
  • Teks Prosedur Bagian Material biasanya berisi penjelasan mengenai alat-alat yang dibutuhkan untuk mengerjakan sesuatu. Hanya saja tidak semua teks prosedur memiliki bagian material ini, dan yang paling umum untuk bagian material dari teks prosedur biasa terdapat cara pembuatan sesuatu misalnya makanan dan lainnya.
  • Teks Prosedur Bagian Langkah-langkah adalah bagian yang terdiri dari langkah-langkah yang diberikan secara berurutan untuk mengerjakan sesuatu sehingga tujuan dari teks prosedur tercapai.

Contoh-contoh Teks Prosedur Sederhana

Kali ini kita akan berikan beberapa contoh Teks prosedur sederhana yang isinya berupa langkah-langkah singkat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan hingga tujuannya tercapai. Teks prosedur sederhana sendiri bisanya terdiri dari beberap langkah saja, umumnya hanya tiga sampai empat langkah saja dan isinya singkat dan sangat mudah dipahami.

Jika sebuah teks prosedur memiliki cukup banyak langkah atau lebih dari sepuluh langkah maka bisa disebut sebagai teks prosedur komplek. Berikut ini beberapa contoh teks prosedur sederhana yang mudah dipahami.

1. Contoh Teks Prosedur Sederhana Cara Memasak Mie Instan Goreng

Salah satu makanan favorit yang murah di Indonesia adalah mie instan. Ada banyak mie instan di pasaran dari berbagai merek yang bisa kamu beli dan nikmati. Ada banyak varian rasa mulai dari rasa kari ayam, rasa bakso, rasa soto ayam dan soto sapi dan rasa-rasa lainnya.

Mungkin saat ini sobat ketika membeli mie instan tinggal langsung masak saja tanpa menanyakan ke orang lain bagaimana cara memasaknya. Nah mungkin saja Ketika baru pertama kali sobat membeli mie instan dan mencoba memasaknya cukup bingung apa yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Namun ketika di lihat dibalik kemasan mie instan ada sebuah teks prosedur mengenai bagaimana cara memasaknya. Itulah yang disebut teks prosedur sederhana tentang cara memasak mie instan, kurang lebih begini isinya:

  • Rebus tiga gelas air bening bersih pada panci hingga mendidih masukan mie instannya
  • Jika sudah matang dan kenyal buang air rebusannya dan tiriskan, tuangkan kedalam mangkuk
  • Tambahkan bumbu-bumbu mie instan gorengnya dan aduk-aduk hingga merata
  • Mie instan goreng sudah siap di hidangkan dan di nikmati

2. Contoh Teks Prosedur Sederhana Cara Menyalakan Motor Matic

Motor matic menjadi salah satu kendaraan bermotor roda dua yang paling banyak diminati di Indonesia. Bahkan jika dilihat dari perbandingannya pengguna motor matic lebih banyak ketimbang motor biasa yang menggunakan kopling dan perpindahan gigi secara manual.

Nah kira-kira bisa gak kita membuat teks prosedur sederhana untuk menyalakan motor matic agar bisa berjalan sempurna? Berikut ini yang bisa kita buatkan teks prosedur untuk sobat sekalian.

  • Motor dalam keadaan off atau mati dan standar sudah terangkat ke posisi siap berjalan
  • Masukan kunci motor dan putar ke posisi on
  • Tekan rem dan secara bersamaan menekan tombol start hingga motor menyala, putar gas sedikit demi sedikit
  • Motor menyala dan siap digunakan

3. Contoh Teks Prosedur Sederhana Cara Menyalakan Laptop

Laptop atau PC memang memiliki cara tersendiri untuk menyalakannya agar laptop atau PC tidak cepat rusak. Tujuannya adalah menyalakan laptop dengan baik dan benar sehingga siap untuk digunakan.

Langkah-langkah yang harus dijalani diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Buka layar laptop dari posisi semula yang tertutup
  • Cari tombol power pada keyboard kemudian tekan beberapa saat hingga menyala
  • Tunggu beberapa saat hingga proses booting laptop selesai dan tampilan wondows terbuka sempurna
  • Laptop sudah menyala sepenuhnya dan siap digunakan

4. Contoh Teks Prosedur Sederhana Cara Mematikan Laptop

Cara menyalakan laptop tentu berbeda dengan cara mematikan laptop. Jika salah dalam proses mematikan laptop maka laptop bisa menjadi cepat rusak. Tujuannya adalah melakukan proses mematikan laptop dengan baik dan benar agar laptop bisa mati sempurna dan tidak cepat rusak.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan pada saat mematikan laptop atau PC.

  • Tutup semua aplikasi yang ada di tampilan laptop
  • Klik Kanan tombol Start yang ada di pojok kiri bawah Hingga muncul tulisan “Shut down or Sign Out”.
  • Pada tanda arah ke kanan pilih “Shut Down” dan klik Kiri
  • Tunggu proses mematikan laptop sampai selesai dengan di tandai suara dan lampu-lampu tidak menyala.
  • Cabut charger laptop dan matikan mouse jika menggunakan baterai dan rapikan kembali.

5. Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Akun Instagram di HP Android

Salah satu aplikasi sosial media berbagi foto dan video yang cukup populer saat ini adalah Instagram. Apalagi Instagram sudah dimiliki sosial media raksasa facebook sehingga aplikasi ini sudah terintegrasi dengan facebook dan mendapatkan sentuhan pengembangan yang memberikan manfaat yang luar biasa bagi para penggunanya.

Siapapun bisa memiliki akun instagram dengan cukup memiliki smartphone dan mengunduh aplikasinya di Google Playstore maupun Apple Store. Nah berikut ini contoh teks prosedur cara membuat akun instagram di HP android.

  • Unduh aplikasi instagram di Google Playstore atau Apple Store, kemudian install
  • Jika sudah terinstall, kemudian buka aplikasi instagram dan SIGN UP
  • Isi data-data sesuai dengan kolom yang di minta
  • Hubungkan akun instagram anda dengan akun facebook
  • Ikuti akun-akun yang dianggap di kenal oleh anda sekalian
  • Akun instagram telah jadi dan siap digunakan sehari-hari untuk berbagi foto dengan orang lain

6. Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Google Mail

Jika sobat ingin mudah dalam segala hal di dunia online maka sobat harus memiliki akun google. Akun Google ini akan di gunakan di banyak hal semisal membuat berbagai akun media sosial juga akan digunakan sebagai alamat email untuk menerima dan mengirim pesan email dan masih banyak lagi segudang manfaat dengan akun google. Bisa dikatakan akun google adalah kuncinya dunia online atau dunia internet.

Nah berikut ini beberapa langkah mudah cara membuat akun google atau google mail.

  • Akses di browser alamat mail.google.com dari perangkat komputer anda yang terhubung internet
  • Kemudian pilih buat akun baru dan pilih akun pribadi
  • Isikan data-data berupa nama, alamat email sesuai keinginan dan isikan password sesuai keinginan
  • Kemudian klik berikutnya
  • Konfirmasi dengan nomor ponsel anda dan masukan kode verifikasi yang dikirim google ke ke HP anda
  • Cek email masuk dari google
  • Akun Gmail Google sudah berhasil dibuat dan siap digunakan.

7. Contoh Teks Prosedur Cara Mengedit Foto dengan Aplikasi Light Room

Dunia fotography semakin mudah dan menyenangkan, jika dulu kita memerlukan perangkat kamera terbaik untuk menghasilkan foto berkualitas dan keren. Namun kali ini kita hanya cukup memanfaatkan kamera smartphone dan hasil fotonya tak kalah keren disbanding dengan hasil foto kamera profesional.

Hanya dengan melakukan editing foto menggunakan aplikasi android adobe photoshop lightroom yang bisa sobat unduh dan install di smartphone. Berikut ini langkah-langkahnya.

  • Siapkan foto yang sudah diambil dan akan di edit
  • Unduh dan install aplikasi Adobe Photoshop Lightroom dari Google Playstore
  • Buka aplikasi Lightroom, klik tombol tambahkan foto
  • Pilih Foto yang mau di edit dan tambahkan ke lightroom
  • Edit sesuai keinginan semisal mempertegas warna dan lainnya
  •  Jika sudah selesai Simpan ke Perangkat

8. Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Slime

Anak-anak pasti menyukai slime, salah satu mainan yang lengket dan bisa dibentuk-bentuk ini tersedia di toko-toko mainan. Namun sebenarnya kita juga bisa membuat slime sendiri di rumah dengan aneka warna sesuai keinginan. Nah berikut ini teks prosedur cara membuat slime.

Alat dan Bahan Membuat Slime

  • Siapkan 1 botol slime activator bisa di beli di toko mainan
  • Siapkan 1 botol cussons baby oil
  • Siapkan 1 botol lem povinal
  • Siapkan pewarna makanan sesuai keinginan
  • Siapkan piring dan sendok

Cara Membuat Slime

  • Campurkan pewarna dan lem povinel pada wadah yang disediakan, aduk-aduk sampai merata
  • Tuangkan sedikit-sedikit slime actovator kedalam adonan tadi dan aduk sampai merata dan membentuk gel
  • Agar tidak lengket tambahkan cusson baby oil
  • Slime sudah jadi dan siap dimainkan

9. Contoh Teks Prosedur Sederhana Cara Menggunakan Setrika

Salah satu peralatan rumah tangga yang wajib ada dalam sebuah rumah tangga adalah setrika. Setrika sendiri merupakan alat pemanas yang digunakan untuk merapikan pakaian. Tentu saja ada prosedur cara menyalakannya dan menggunakan setrika dengan baik dan benar agar tidak terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Colok kabel setrika kedalam listrik
  • Lampu menyala menandakan setrika sudah aktif dan siap digunakan
  • Atur suhu setrika dengan memutar indikator suhu dan diamkan hingga setrika panas
  • Siapkan alas untuk melicin pakaian, simpan baju yang akan di setrika pada alas
  • Tempelkan setrika pada permukaan pakaian dan gosok-gosok hingga pakaian rapi dan licin

10. Contoh Teks Prosedur Cara Menghapus Permanen File Sampah di Komputer

Banyak file di komputer kita yang sudah tidak digunakan lagi. File-file tersebut ada baiknya di hapus dari komputer. Jika dilakukan dengan cara di delete saja maka file tersebut belum sepenuhnya terhapus dari komputer. Salah satu cara menghapus lanjutan secara permanen yakni menghapusnya di folder recycle bin. Berikut ini caranya.

  • Nyalakan laptop atau komputer anda
  • Pilih folder Icon Recycle Bin dengan logo tempat sampah
  • Pilih Empty Recycle Bin
  • Klik YES pada tulisan Permanently Delete
  • File sampah semuanya telah terhapus

Contoh-contoh Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks adalah sebuah teks prosedur yang menunjukkan langkah-langkah untuk mengerjakan sesuatu yang mudah di pahami dan di peraktekan oleh pembaca hingga berhasil.

Umumnya teks prosedur komplek memiliki tahapan-tahapan yang lebih dari sepuluh tahapan. Jika pada teks prosedur sederhana hanya memiliki tahapan antara tiga hingga enam tahapan saja, maka untuk teks prosedur komplek akan lebih panjang lagi dan lebih detail.

1. Contoh Teks Prosedur Kompleks Membuat KTP

KTP atau Kartu Tanda Penduduk adalah sebuah kartu identitas yang wajib di miliki oleh setiap Warga Negara Indonesia yang berusia minimal 17 tahun. KTP bisa disebut sebagai kartu kunci bagi kita karena semua hal dalam pengurusan dokumen pasti memerlukan KTP.

Termasuk dalam hal mendapatkan segala pelayanan umum seperti Rumah Sakit, Telekomunikasi, Asuransi, BANK dan lain sebagainya semuanya pasti memerlukan KTP. Oleh sebab itu bagi yang belum memikiki KTP dan sudah memenuhi usia maka wajib mengajukan pembuatan KTP baru, berikut ini langkah-langkahnya

Dokumen yang Diperlukan

Sebelum kamu mengajukan pembuatan KTP atas nama kamu maka sebaiknya persiapkan dokumen-dokumen pendukung agar kamu tidak bolak-balik ke Kecamatan dan kerumah. Dokumen yang dibutuhkan adalah Akta kelahiran, Kartu Keluarga, Pas Foto 2×3 dan 3×4 dan jika ada maka bisa menyertakan kartu pelajar.

Langkah-Langkah Pengajuan KTP di Kecamatan

  • Mendatangi Ketua RT dan RW untuk meminta formulir pengajuan KTP dan nantinya akan di Cap dan di tanda tangani oleh ketua RW
  • Mendatangi kantor Desa untuk menambahkan tanda tangan dan cap pada formulir tadi
  • Mendatangi kantor Kecamatan dan bilang akan membuat KTP baru
  • Ambil antrian dan mengantri terlebih dahulu sampai di panggil
  • Setelah di panggil masuk menuju ke tempat yang disediakan
  • Melakukan verifikasi data dari berkas yang dilampirkan
  • Melakukan pengambilan foto, rekam retina mata, sidik jari dan tanda tangan
  • Jika sudah selesai maka dipersilahkan untuk menunggu 1 hingga 2 minggu
  • Jika KTP sudah jadi maka bisa diambil sendiri ke kantor kecamatan atau dikirim oleh ketua RW atau RT setempat

2. Contoh Teks Prosedur Kompleks Membuat Pupuk Kompos

Agar tanaman yang kita tanam menjadi lebih sehat dan terawat maka di perlukan pupuk sebagai sumber nutrisi untuk tanaman. Pupuk yang baik adalah pupuk alami yang biasa di sebut sebagai pupuk kompos atau pupuk dari bahan organik.

Pupuk kompos sendiri biasanya terbuat dari kotoran hewan seperti kotoran ayam atau kotoran kambing atau juga dari sampah-sampah daun dan sisa makanan. Tanah yang di kasih pupuk kompos nantinya akan gembur sehingga tanaman yang kita tanam bisa tumbuh dengan baik dan subur.

Tujuan kita kali ini adalah cara membuat pupuk kompos yang baik dan benar agar tanah menjadi gembur dan tanaman bisa tumbuh subur, berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan alat dan bahan seperti sarung tangan dan ember besar. Kemudian kotoran ayam atau kambing, sampah atau jerami yang sudah di cacah, air sekam arang, EM4, bubuk gergaji, gula pasir dan lain sebagainya yang diperlukan.
  • Siapkan air untuk melarutkan EM4 dan gula. Hal ini untuk membuat cairan dekomposer.
  • Pada ember besar, Aduk-aduk kotoran hewan seperti kototan ayam atau kambing dengan air arang sekam. Aduk-aduk sampai merata kemudian tambahkan cairan dekomposer tadi. Aduk-aduk lagi sampai merata semuanya. Jadikan campuran ini sebagai lapisan pertama.
  • Kemudian sampah dedaunan atau jerami yang sudah di cercah tadi taburkan diatas lapisan pertama, tambahkan bubuk gergaji dan terakhir di siram cairan dekomposer. Setelah selesai tutuplah dengan kain atau apapun semisal karung goni dan diamkan semalaman.
  • Hari berikutnya bukalah penutup kain atau karung goninya dan aduk-aduk semua campuran pupuk tadi sampai merata semuanya. Diamkan selama tiga hingga empat hari.
  • Setelah tiga atau empat hari periksa adukan pupuk kompos tadi dengan cara memasukan tangan yang sudah menggunakan sarung tangan kedalam adukan pupuk. Jika terasa sudah dingin dan tidak panas maka pupuk sudah bisa segera digunakan.

3. Contoh Teks Prosedur Kompleks Membuat VISA

Jika sobat ingin berpergian ke luar negeri maka sobat di wajibkan memiliki dokumen VISA. VISA ini bisa di sebut sebagai tanda bukti bahwa sobat di ijinkan untuk mengunjungi sebuah negara lain.

Nah berikut ini cara-cara membuat VISA yang bisa sobat lakukan jika ingin berkunjung ke luar negeri.

  • Persiapkan semua persyaratan untuk membuat VISA ke negara tujuan
  • Mengunjungi kantor imigrasi terdekat
  • Mengambil formulir permohonan VISA pada loket yang tersedia di kantor imigrasi
  • Isi formulir tersebut dengan benar sesuai dengan data-data anda
  • Jika formulir sudah terisi dengan benar maka serahkan ke loket pendaftaran tadi.
  • Jika sudah maka anda bisa langsung melakukan sidik jari dan foto, namun jika dirasa waktunya tidak cukup maka proses ini bisa dilakukan di hari berikutnya
  • Jika proses foto dan sidik jari sudah selesai, waktunya ada melakukan wawancara dan memperlihatkan dokumen asli pada petugas imigrasi
  • Jika sudah selesai, tinggal melakukan pembayaran VISA dan meminta jadwal pengambilan dokumen VISA.
  • Biasanya semingguan VISA sudah bisa diambil, silahkan datang lagi ke kantor imigrasi untuk mengambil VISA yang sudah jadi.

4. Contoh Teks Prosedur Kompleks Membuat SIM Kendaraan Bermotor

Seperti diketahui setiap orang yang memiliki kendaraan bermotor maka wajib memiliki Surat Ijin Mengemudi atau SIM yang sesuai dengan kendaraan yang digunakannya. Hal ini tertuang dalam Undang Undang (UU) No. 22 tahun 2009 pasal 77 ayat 1.

Agar di ketahui, SIM juga di kelompokkan menjadi dua kelompok yakni SIM UMUM dan SIM Perorangan. Sementara SIM Perorangan terdiri dari beberapa jenis yang biasa kita gunakan diantaranya adalah SIM A, SIM B1, SIM B2, SIM C dan SIM D.

Masing-masing SIM disesuaikan dengan jenis kendaraannya. Semisal SIM C adalah khusus untuk pengguna kendaraan bermotor roda tiga atau roda dua dengan kecepatan kendaraan mampu mencapai 40 km/jam.

Sementara jika sobat memiliki kendaraan roda empat atau mobil dengan bobot maksimal mencapai 3.500 kg maka sobat wajib memiliki SIM A. Sebagai gambaran jika sobat memiliki kendaraan roda empat atau mobil keluarga maka sobat wajib mengantongi SIM A terlebih dahulu sebelum mengendarai mobil untuk berpergian.

Ada beberap syarat yang harus dipenuhi jika sobat berencana membuat SIM diantaranya adalah mengunduh surat permohohan pembuatan SIM baru di laman korlantas.polri.go.id. Memiliki kemampuan baca tulis yang baik, usia sudah mencapai 16 tahun untuk SIM C, 17 tahun SIM A dan 20 tahun SIM B1 dan B2.

Juga yang terpenting adalah memiliki kemampuan yang baik dalam hal berkendara sesuai dengan kendaraan yang dimiliki yang akan di buatkan SIM untuk sobat. Nantinya sobat juga harus menyerahkan surat keterangan sehat jasmani dan rohani dan berkas-berkas pendukung lainnya.

Teks Prosedur Pembuatan SIM Baru

  • Datang ke POLRES terdekat dimana kamu tinggal dan gunakan pakaian yang rapi
  • Siapkan foto 3×4 dan foto copy KTP sebanyak 4 lembar
  • Periksa kesehatan di tempat yang sudah di sediakan di POLRES
  • Masukan dokumen hasil pemeriksaan kesehatan dan berkas lainnya ke map biru dan simpan di loket pendaftaran pembuatan SIM
  • Petugas akan memeriksa kelengkapan berkas
  • Jika berkas sudah lengkap maka kamu akan di berikan formulir pendaftaran
  • Isi formulir pendaftaran pembuatan SIM tersebut dengan benar
  • Melakukan pembayaran administrasi di loket BANK yang tersedia
  • Kamu akan di panggil untuk menjalani serangkaian test seperti test teori dan drive
  • Selanjutnya jika lulus maka kamu akan langsung melakukan foto dan tanda tangan
  • SIM Kamu akan di cetak dan di serahkan ke kamu jika sudah selesai.

5. Contoh Teks Prosedur Kompleks Membuat Nasi Goreng

Contoh teks prosedur komplek kali ini kita akan membuat nasi goreng. Nasi goreng sendiri adalah makanan khas Indonesia yakni nasi yang di goreng dengan bumbu-bumbu khusus sehingga menghasilkan cita rasa yang nikmat.

Nasi goreng juga banyak di jual di jalanan baik secara pedagang kaki lima hingga restoran. Namun sobat juga bisa membuat nasi goreng sendiri dirumah dan caranyapun cukup simpel dan  mudah. Berikut ini teks prosedur kompleks cara membuat nasi goreng nikmat.

Alat yang Di Perlukan

  • Wajan dengan ukuran sedang
  • Spatula
  • Ulekan Lengkap

Bahan yang Di Perlukan

  • Nasi putih secukupnya
  • Bawang merah 4 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Daun Bawang secukupnya
  • Cabai rawit secukupnya sesuai selera pedas anda
  • Garam di sesuaikan
  • Siapkan merica secukupnya
  • Saus tomat secukupnya bisa saus tomat pedas atau asam
  • Kecap manis merek Bango secukupnya
  • 3 Butir telur ayam
  • Bisa ditambahkan dengan udang, daging ayam, bakso atau sosis dan lain sebagainya.

Cara Membuat Nasi Goreng

  • Tumbuk dan haluskan bawang merah, bawang putih, cabai dan garam. Ulek hingga semua bumbu menjadi halus
  • Panaskan minyak goreng pada wajan dengan api sedang, jika sudah panas masukkan bumbu halus tersebut untuk di tumis hingga harum. Masukan daun bawang secukupnya.
  • Masukan bahan pelengkap jika ada seperti udang, sosis, daging ayam atau lainnya, aduk-aduk hingga harum
  • Masukan nasi putih sebanyak 1 atau 2 piring dan aduk-aduk hingga merata
  • Jika sudah terlihat nasi tercampur merata dengan bumbu tambahkan saus tomat untuk memberikan cita rasa pedas asam
  • Tambahkan juga kecap manis bango untuk memberikan cita rasa manis gurih dan warna nasi goreng menjadi coklat
  • Aduk-aduk hingga warna dan bumbu merata dan meresap. Coba nasi goreng sedikit untuk mengetahui rasanya sudah pas atau belum
  • Jika sudah pas angkat dan pindahkan ke piring yang sudah di sediakan
  • Bisa ditambahkan irisan tomat dan dau salad untuk memberikan hiasan
  • Nasi goreng siap di sajikan dan di nikmati

Contoh-contoh Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol pada dasarnya hampir sama dengan teks prosedur sederhana. Hanya saja untuk langkah-langkahnya bisa disesuaikan dan tidak harus runut namun tetap bisa mencapai hasil yang diinginkan. Misalkan cara memasak mie instan kita tidak perlu memasak mie nya dulu kemudian setelah selesai memasak mie baru mencampur bumbunya di mangkuk. Melainkan kita bisa memasak mie sekaligus bumbunya berbarengan, dan lain sebagainya. Ada banyak cara memasak mie sesuai dengan keinginan.

1. Contoh Teks Prosedur Protokol Memasang Tenda

Jika kamu berencana pergi camping di hutan atau di manapun maka salah satu alat yang wajib di bawa adalah tenda. Tenda ini akan melindungi kamu dari dingin dan hujan karena bisa di sebut sebagai rumah kecil portabel.

Ada banyak tenda berbagai ukuran yang bisa kamu miliki dan beli tentu saja yang simpel atau sederhana dan mudah dibawa bisa menjadi pilihan utama. Nah agar pemasangan tenda lebih benar sehingga nyaman pada saat kita gunakan, berikut ini teks prosedur kompleks cara memasang tenda yang baik dan benar.

  • Siapkan peralatan tenda yang sudah di beli beserta pelengkapan pendukungnya
  • Pasang tenda dengan punggung dibagian atas sehingga bentuknya mengkotak
  • Pasang tiang-tiang tendanya serta patok-patok pada setiap sudutnya
  • Berdirikan tiang-tiangnya sehingga tendanya sudah mulai terbentuk. Ikat dengan tali pada patoknya.
  • Termasuk menegakkan tiang pada bagian depan dan diikat dengan tali dan masukan tiang pada lubang tenda bagian atap.
  • Tenda sudah siap digunakan

2. Contoh Teks Prosedur Protokol Cara Mengirim File ke Sesama HP Android

Aplikasi apa yang biasa sobat gunakan untuk mengirim file ke sesama HP android? Mungkin jika filenya memiliki ukuran yang kecil kita cukup dengan menggunakan aplikasi WhatsApp saja jika hanya sekedar mengirim foto atau file berkas lainnya.

Namun jika file tersebut memiliki ukuran besar apalagi berupa file aplikasi maka kita memerlukan aplikasi kirim file yang mumpuni dan cepat dalam hal prosesnya. Salah satu aplikasi kirim file yang bisa diandalkan adalah aplikasi SHAREit.

Nah berikut ini teks prosedur protokol cara mengirim file antar sesama HP android menggunakan SHAREit.

  • Unduh dan install terlebih dahulu aplikasi SHAREit di kedua HP android yang akan digunakan
  • Setelah di download dan di install, maka buka aplikasi SHAREit pada HP pengirim
  • Klik SEND dan nantinya akan muncul file-file yang ada di HP kamu, pilih file yang akan di kirim ke HP satunya lagi.
  • Setelah di pilih filenya kemudian klik NEXT
  • Buka aplikasi SHAREit pada HP android penerima dan klik Receive
  • Pada HP Pengirim di tampilan SHAREit akan muncul icon HP Penerima, klik icon tersebut
  • Setelah di klik maka proses pengiriman File sedang berlangsung, tunggu sampai 100 persen agar file berhasil di kirim semuanya.
  • Selesai

3. Contoh Teks Prosedur Protokol Mendownload Video dan MP3 dari Youtube

Youtube bisa di sebut sebagai media sosial berbagi video, ada banyak video berbagai tema dan jenis di youtuber bertebaran sehingga untuk saat ini youtube bisa disebut sebagai pengganti dari tayangan televisi.

Selain melihat video-video unik di youtube terkadang saya juga sering mendengarkan musik berupa video klip dari berbagai artis terkenal di dunia maupun di tanah air. Kadang kita juga ingin mengunduh video tersebut untuk koleksi kita sehingga bisa di putar pada saat offline.

Nah berikut ini kami akan berikan teks prosedur kompleks cara mendownload video dan MP3 dari youtube dengan mudah.

  • Buka youtube dari browser laptop sobat sekalian
  • Pilih video mana yang akan di download
  • kemudian pada alamat atau link youtubenya tambahkan huruf “SS” tanpa tanda petik sebelum kaya YOUTUBE.
  • Misalkan ssyoutube.com/watch?v=4kCH8xQ7zOc
  • Nantinya akan ada pilihan resolusi video yang sesuai keinginan untuk di unduh
  • Klik unduh video tersebut, tunggu proses download sampai selesai.
  • Jika sudah selesai maka video tersebut langsung ada di memori komputer kamu

4. Cara lain Mengunduh MP3 di Youtube

Ada banyak cara untuk mengunduh video maupun hanya suaranya saja dari youtube. Semisal sobat ingin mengunduh lagu dari grup band favorit namun tidak untuk mengunduh video klipnya melainkan suaranya saja. Maka sobat bisa melakukannya dengan cara berikut ini:

  • Buka browser di HP atau Laptop kamu, misal Chrome
  • Ketikan di pencarian google cara mengunduh MP3 dari Youtube
  • Buka salah satu webnya misalkan y2meta.com
  • Masukan link video musik youtube pada kolom website yang tersedia
  • Pilih bentuk file yang mau di unduh misal MP3 atau MP4
  • Karena akan mengunduh suaranya saja maka pilih file MP3
  • Klik Unduh, maka file MP3 atau musik akan terunduh ke perangkat kamu.

5. Contoh Teks Prosedur Protokol Cara Membuat Akun Twitter

Salah satu microblog sosial media paling populer saat ini adalah twitter. Banyak tokoh memanfaatkan twitter untuk menyampaikan pesan ke para followernya.

Selain facebook dan instagram mungkin sobat juga perlu membuat akun twitter. Nah berikut ini langkah-langkah membuat akun twitter secara teks prosedur.

  • Buka twitter.com di browser komputer yang anda miliki
  • Setelah kebuka halaman twitternya selanjutnya klik pada SIGN UP
  • Isikan data-data yang di minta sesuai dengan data identitas anda
  • Jika sudah terisi semuanya, klik konfirmasi pendaftaran dan isikan nama pengguna yang ingin di tampilkan
  • Klik SIGN UP dan DAFTAR
  • Kamu akan di bawa ke halaman perkenalan Twitter
  • Kemudian kamu akan di minta untuk memilih minat sesuai keinginan
  • Pilih dan follow 40 akun yang tertera sesuai minat kamu
  • Pasang foto profil kamu sesuai keinginan
  • Masukan alamat email dan verifikasi ke email kamu.
  • Kini akun Twitter kamu sudah aktif dan siap di gunakan.

Nah itulah contoh teks prosedur baik teks prosedur sederhana, teks prosedur kompleks hingga teks prosedur protokol. Teks prisedur sendiri memang sering digunakan di dunia industri untuk memberikan penjelasan mengenai produk yang ditawarkan.

Agar nantinya konsumen memahami cara penggunaan dari produk tersebut. Seperti contohnya produk drone mulai dari cara pemasangan dan perakitan hingga cara mensinkronkan dengan smartphone dan menerbangkannya.

Atau produk makanan seperti mie instan atau minuman. Sebagai contoh minuman kopi sashet dan terdapat cara penyajiannya secara singkat dan jelas yang tertera pada kemasan. Nah cara penyajian tersebut bisa disebut sebagai teks prosedur sederhana. Silahkan sobat berkreasi sendiri dalam membuat contoh-contoh teks prosedur.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat sekalian dan nantikan contoh-contoh teks prosedur lainnya yang lebih lengkap.

Check Also

Planning adalah

Planning Adalah: Pengertian, Unsur, Tujuan dan Jenisnya

Planning atau biasa disebut juga sebagai perencanaan adalah suatu hal yang penting dalam kehidupan kita, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *