Contoh Cerita Fantasi: Pengertian dan Strukturnya

Contoh cerita fantasi – Hallo sobat sekalian, kali ini kita mau berikan beberapa contoh cerita fantasi. Barangkali ada di antara kalian yang sedang mencari tahu mengenai apa itu cerita fantasi dan seperti apa contoh-contoh dari cerita fantasi, maka sebaiknya baca terus ulasan kami sampai akhir ya.

Mungkin ada di antara kalian yang pernah membaca sebuah teks cerita dimana di dalamnya terdapat kisah yang seolah-olah tidak nyata dan merupakan hayalan saja. Sebut saja kisah dari Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso yang sudah cukup melegenda di masyarakat kita.

Jika di baca kisah tersebut memang sangat kental dengan nuansa hayalan dan penuh fantasi. Lantas pertanyaannya, apa yang dimaksud dengan cerita fantasi itu serta bagaimana strukturnya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Kumpulan Contoh Cerita Fantasi
Kumpulan Contoh Cerita Fantasi

Cerita Fantasi Adalah

Teks Cerita fantasi adalah sebuah tulisan karangan yang menceritakan sebuah kisah fiksi yang di dalamnya penuh dengan imajinasi penulis, khayalan, bualan, angan-angan atau rekaan semata seperti hal yang tidak mungkin menjadi sesuatu hal yang biasa saja dengan tokoh-tokoh fiktif atau tokoh hasil modifikasi dari kisah nyata.

Jika diceritakan secara langsung dan bukan berupa tulisan atau teks maka bisa di sebut juga sebagai cerita fantasi.

Unsur-Unsur Cerita Fantasi

Ada beberapa unsur yang menjadi ciri khas dari cerita fantasi yang sangat mudah kita kenali, berikut ini diantaranya:

1. Ide Cerita Tak Terbatas

Sebuah cerita fantasi biasanya di awali dari sebuah ide yang “liar” dan tidak terbatas. Ide ini muncul dari pikiran si penulis yang berasal dari hayalannya. Terkadang ceritanya memiliki kisah yang biasa saja, namun lantaran di kemas dengan sedemikian rupa dengan tingkat imajinasi yang tinggi, akhirnya cerita tersebut memiliki nilai dan makna yang tinggi.

Penulis juga terkadang mendapatkan ide dari kisah di dunia nyata dan di tambahkan dengan gagasan-gagasan dari imajinasinya. Biasanya cerita fantasi memiliki tema horor, supranatural hingga tema yang berbau masa depan.

2. Adanya Tokoh Unik

Pasti kamu pernah melihat sebuah film dengan adegan superhero yang mustahil dilakukan, Semisal di film HULK dimana tokoh utamanya mampu berubah menjadi raksasa berwarna hijau dan memiliki kekuatan yang sangat dahsyat.

Hulk mampu melompat dengan jarak yang sangat jauh, mampu menghancurkan kendaraan tank tempur dengan sekali pukul, mampu berubah lagi seperti manusia dan lain sebagainya.

Inilah yang di sebut sebagai tokoh unik dimana seorang tokoh dalam cerita fantasi terkadang memiliki karakter yang tidak masuk akal dan tidak akan di alami di kehidupan nyata.

3. Cerita Fantasi Bersifat Fiksi

Cerita fantasi adalah kisah fiktif atau kisah yang tidak terjadi di dunia nyata. Meski ada juga penulis yang mencoba menggambarkan sebuah kisah nyata namun di bumbui dengan cerita fantasi yang fiktif di dalamnya sehingga kisah yang seolah biasa saja menjadi bernilai tinggi.

4. Di Luar Nalar

Ada banyak kejadian yang di tuliskan atau digambarkan dalam cerita fantasi seolah-olah di luar nalar. Seperti penuh dengan keajaiban, keanehan hingga penuh dengan nuansa misterius. Tokoh-tokoh terkadang sengaja di munculkan dengan berbagai karakter yang sebenarnya tidak ada di dunia nyata, begitupun suasana tempat atau lokasi, hingga kejadian-kejadian yang tidak mungkin ada di dunia nyata menjadi seakan biasa dalam cerita fantasi.

5. Menembus Ruang dan Waktu

Banyak cerita fantasi yang menggambarkan sebuah peristiwa yang terjadi di dua latar seperti dunia sehari-hari dan dunia yang menembus ruang dan waktu atau dimensi lain. Terkadang keduanya digabungkan untuk menggambarkan suasana khas yang penuh imajinasi sesuai dengan ide cerita penulis.

6. Penggunaan Bahasa

Dalam tata bahasa yang digunakan biasanya untuk kata sinonim memiliki beragam variasi yang digunakan serta memiliki ciri khas emosi yang kuat. Bahasanya terkesan variatif, ekspresif dan juga penggunaan bahasa-bahasa non formal dalam setiap percakapannya.

Struktur Teks Cerita Fantasi

Teks cerita fantasi ataupun teks narasi memiliki struktur yang hampir sama. Sebuah cerita yang lengkap akan memiliki struktur yang lengkap pula mulai dari orientasi, konflik, resolusi dan ditutup dengan sebuah ending atau akhir cerita. Berikut ini penjelasannya:

  • Orientasi: Adalah sebuah awal cerita fantasi berupa pengenalan baik tokoh fiksinya, lokasinya, tema hingga sedikit pengenalan mengenai alur ceritanya sehingga pembaca akan sedikut memiliki bayangan mengenai kisah yang akan disampaikan.
  • Konflik: Sebuah cerita fantasi yang lengkap tentu memiliki konflik yaitu permasalahan yang muncul sepanjang kisah baik dari awal hingga menjelang akhir atau puncak konfliknya.
  • Resolusi: Disini penulis mulai memberikan pencerahan mengenai solusi dari konfliknya dan mulai ada penyelesaian sehingga bagian ini biasanya akan mendekati pada bagian akhir (ending) cerita fantasi.
  • Ending: Adalah akhir dari cerita fantasi, penulis bisa membuat akhir cerita yang bahagia atau justru akhir yang menyedihkan tergantung dari ide atau tema dari cerita fantasinya.

Jenis-Jenis Cerita Fantasi

Cerita fantasi memiliki beberapa jenis yang bisa kita kenali diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Cerita Fantasi Berdasar Kesesuaian

Yaitu cerita fantasi berdasarkan kesesuaiannya dengan kisah di dunia nyata. Jenis cerita fantasi berdasar kesesuaian terbagi menjadi dua bagian diantaranya adalah sebagai berikut:

A. Cerita Fantasi Total

Cerita fantasi total adalah cerita dimana penulis fokus kepada objek tertentu. Semua yang terdapat dalam cerita tidak ada dan tidak terjadi dalam dunia nyata, baik tokoh-tokohnya, lokasi atau nama kota dan semuanya adalah hasil imajinasi penulis. Salah satu contoh cerita fantasi total adalah cerita Nagita.

B. Cerita Fantasi Irisan

Cerita fantasi irisan paling banyak kita temukan dimana cerita ini masih berisi lokasi-lokasi sesuai seperti di dunia nyata, begitupun dengan nama-nama tokoh. Hanya saja untuk kisah alur ceritanya benar-benar fantasi hasil imajinasi penulis.

2. Cerita Fantasi Berdasarkan Latar Cerita

Terdapat dua jenis cerita fantasi berdasarkan latar cerita diantaranya:

  • Latar Sezaman: Adalah cerita fantasi yang di sesuaikan dengan waktu kisahnya seperti masa sekarang, masa lampau atau masa depan (futuristik).
  • Latar Lintas Waktu: Adalah sebuah cerita fantasi yang terdiri dari dua waktu yang berbeda misalnya cerita masa sekarang dan masa prasejarah.

CONTOH CERITA FANTASI SIHIR

Sihir Nina

Orientasi

Kali ini Nina benar-benar terlihat bahagia lantaran mendapatkan kasih sayang yang cukup dari keluarganya yang baru. Meski Nina adalah anak adopsi, namun keluarga barunya tersebut menganggap Nina seperti anak kandungnya sendiri.

Nina memang kerap berganti-ganti keluarga. Beberapa keluarga pernah mengadopsi Nina namun tidak bertahan lama dan selalu berakhir dengan perpisahan. Entah apa yang menyebabkan mereka melepaskan Nina. Bahkan panti asuhan asal Nina kerap menanyakan keluarga-keluarga tersebut kenapa sampai mengembalikan Nina ke Panti lagi.

Komplikasi

Suatu malam Nina ketiduran di ruang tamu lantaran semamalan dia nonton acara televisi. Ayah dan Ibu angkatnya tidak ingin mengganggu anak kesayangannya tersebut sehingga di biarkan tidur di Sofa di depan televisi.

Namun ketika pukul satu dini hari, televisi yang menyala tiba-tiba berkedip dengan acara yang acak. Lampu hiasan warna wani yang berputar semakin kencang putarannya, lampu utama juga beberapa kali berkedip.

Hingga akhirnya gelas yang ada di meja terjatuh dan pecah. Seketika Nina tersadar dan menyadari kekuatan pada dirinya mulai muncul dan tidak terkendali.

Tidak disangka, ayah dan ibu angkatnya keluar kamar karena mendegar suara gaduh dari ruang tamu. Mereka menyaksikan Nina memain-mainkan kegaduhan dengan tatapannya yang tajam, kemudian Nina terkulai lemas dan terjatuh sekaligus mengakhiri kegaduhan di ruang tamu.

Hingga muncul sosok nenek-nenek seperti penyihir dan berkata. “Nina adalah anak dari musuhku, dan dia sudah aku kutuk dengan kekuatan yang mengerikan! Kutukannya akan lepas jika dia menikah”.

Resolusi

Beruntung, ayah dan ibunya dengan tulus menyayangi Nina sehingga kegaduhan yang sering terjadi tidak pernah mereka persoalkan. Mereka menganggap masalah Nina adalah masalah mereka juga yang harus diselesaikan bersama-sama.

“Ayah dan Ibu sayang sama Nina, walau bagaimanapun kita akan bersama-sama menghilangkan kutukan kamu..”. Ungkap ayah Nina.

“Terimakasih Ayah, Ibu. Nina juga sayang kalian. Maafkan atas semua ini”, kata Nina.

Hingga akhirnya seorang pria gagah yang mesih kerabat keluarga Ayahnya datang dan jatuh hati kepada Nina. Merekapun memutuskan untuk menikah dan mengakhiri kutukan sihir. Akhirnya mereka hidup penuh kebahagiaan.

CONTOH CERITA FANTASI KEHIDUPAN

Petani dan Keledai

Orientasi

Hiduplah seorang petani sebatangkara di pinggiran kampung. Meski hidupnya sederha namun petani ini memiliki jiwa dermawan yang tinggi dan sering membagikan keuntungan dari jualan sayurannya ke orang lain.

Meski tinggal sendiri, petani ini masih memiliki seekor keledai yang setia menemaninya. Keledai ini sering menemani petani untuk mengangkut sayur-sayuran untuk dijual ke pasar. Petani pun memperlakukan keledai dengan sangat baik dengan memberikan tempat tinggal dan makanan yang bagus.

Komplikasi

Suatu ketika Keledai merasa kurang senang dengan kebiasan petani yang sering membagikan hasil keuntungan berjualan sayuran. Keledai merasa dirinya telah bekerja keras untuk petani, setiap hari harus pulang dan pergi mengangkut sayuran ke pasar.

Namun ketika mendapatkan untung justru uangnya malah di bagikan ke para tetangga. Keledai merasa di rugikan dengan sikap petani hingga suatu ketika dia bertanya kepada petani.

“Tuanku, saya merasa berat ketika harus memikul sayuran ke pasar, kenapa tuanku tidak membelikannya gerobak saja. Uang hasil jualan cukup banyak jika di belikan gerobak dan pasti bebanku akan lebih ringan”.

Namun sang petani tidak menjawab sama sekali. Hingga Keledai merasa jengkel dan memikirkan cara jahat untuk mengerjai Petani. Keledai akhirnya memutuskan akan menjatuhkan sayuran pada saat melewati sungai. Keledai akan berpura-pura lelah dan jatuh hingga sayuranpun terbawa aliran air sungai.

Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba. Keledai akhirnya menjalankan rencananya dan sayuranpun terjatuh kesungai dan hanyut. Begitupun di hari berikutnya selalu terulang. Petanipun merasa rugi jika kejadian ini terus berulang.

Resolusi

Akhirnya petani merasa curiga dengan tingkah keledainya. Setiap kali melewati sungai dia selalu terjatuh sehingga sayurannya terbawa hanyut. Hingga suatu ketika petani menambahkan tumpukan kapas pada bawaannya.

Saat keledai melewati sungai dan terjatuh namun ketika berdiri bebannya semakin berat. Akhirnya keledai bertanya kepada petani, kenapa bebannya menjadi berat, dan petanipun menjawabnya dengan menunjukkan kapas yang sudah menyerap air sehingga menjadi berat.

“Saya tahu kamu berpura-pura menjatuhkan diri ketika meleati sungai ini dan sayur-sayurku hanyut sehingga aku menjadi rugi”.

“Saya tahu kamu merasa tidak puas dengan sikapku yang sering membagikan keuntungan berjualan kita ke orang lain”.

“perlu kamu ketahui, kita harus banyak bersukur dan hidup cukup. Berbagi ke sesama tidak akan mengurangi harta kekayaan kita. Kita akan mendapat pahala yang besar. Lihatlah mereka yang aku bagikan keuntungan kita, mereka adalah orang-orang yang sangat kekurangan”.

Mendengar penjelasan petani, akhirnya keledai merasa malu dan meminta maaf. Akhirnya mereka bisa hidup lebih bijaksana lagi dan bahagia.

Nah itulah contoh cerita fantasi dan penjelasannya serta unsur-unsur yang membangun sebuah cerita fantasi. Semoga teman-teman semuanya bisa paham dan bisa membuat sendiri sebuah cerita fantasi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Baca juga:
20 Contoh Teks Prosedur

Check Also

Planning adalah

Planning Adalah: Pengertian, Unsur, Tujuan dan Jenisnya

Planning atau biasa disebut juga sebagai perencanaan adalah suatu hal yang penting dalam kehidupan kita, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *