Contoh Kata Pengantar Laporan, Proposal, Skripsi, Buku DLL

Posted on

Jika kita perhatikan pada setiap makalah, buku, karya ilmiah, skripsi, proposal dan lain sebagainya, pasti akan ada selembar kertas di halaman awal yang berisi beberapa paragraf dengan judul Kata Pengantar.

Bagian tersebut mungkin jarang bagi kita untuk membacanya karena biasanya isinya bukan berupa sinopsis dari isi makalah yang disajikan melainkan sebuah ucapan-ucapan terimakasih saja lantaran makalah tersebut sudah berhasil di buat dan di rilis.

Sebuah halaman penghargaan bagi siapa saja yang dianggap berperan baik secara langsung maupun tidak langsung atas terselesaikannya sebuah makalah atau karya tulis atau karya ilmiah dan lain sebagainya.

Mau tidak mau kamu sebagai seorang pelajar merupakah hal yang perlu diketahui mengenai kata pengantar serta bagaimana cara pembuatan kata pengantar yang baik dan benar. Hal ini penting lantaran suatu saat kamu juga harus membuat sebuah kata pengantar pada setiap makalah yang telah di buat.

contoh kata pengantar
Contoh kata pengantar

Pengertian Kata Pengantar

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kata Pengantar merupakan kata pendahuluan atau pandangan umum secara singkat dan jelas sebagai pendahuluan suatu karya tulis.

Lembar Kata Pengantar ini akan disimpan pada bagian awal sebuah makalah, hal ini bertujuan agar siapapun yang membaca makalahnya tahu mengenai apa saja yang telah terjadi selama pembuatan makalah serta pihak-pihak yang dianggap berperan dalam penyusunan dan penyelesaian makalah baik secara langsung maupun tidak langsung.

Meskipun saya pribadi jarang membaca bagian kata pengantar namun bukan berarti halaman ini tidaklah penting. Melainkan cukup penting karena bisa menjadi prolog awal dari sebuah makalah sebelum akhirnya di sampaikan secara lebih jelas dalam sebuah halaman pendahuluan.

Bedanya kata pengantar dengan pendahuluan ada pada kadar penjelasan didalamnya. Jika kata pengantar lebih menekankan pada sebuah penghargaan bagi siapa saja yang berperan dalam penyelesaian makalah meskipun ada sedikit penjelasan isi buku meskipun hanya sedikit.

Sementara bagian pendahuluan bisa berupa sinopsis yang melatar belakangi pengambilan tema dari sebuah makalah. Bisa dikatakan membaca latar belakang cukup bisa menjabarkan mengenai isi sebuah makalah.

Perbedaan Kata Pengantar dan Prakata

Setelah mengetahui penjelasan diatas pasti kamu sudah bisa memahami apa yang dimaksud dengan kata pengantar. Namun banyak yang terkecoh mengenai siapa yang harusnya membuat sebuah kata pengantar.

Lantas pertanyaannya adalah apa bedanya dengan prakata? sementara prakata juga sering dijumpai pada halaman awal sebuah makalah. Ternyata yang membedakan antara kata pengantar dan prakata adalah ada pada siapa yang menulisnya.

Kata pengantar (foreword) ternyata sebuah tulisan ucapan yang ditulis oleh orang lain sebagai bentuk penghargaan kepada penulis dan pihak-pihak yang dianggap berperan dalam penyelesaian tulisan ini. Kata pengantar berupa penghargaan terhadap isi makalah serta yang menuliskannya.

Siapa saja bisa menulis bagian kata pengantar terutama yang memiliki hubungan dengan isi makalah tersebut.

Sementara prakata (preface) adalah sebuah tulisan penjelasan singkat mengenai makalah yang di buat dan untuk siapa makalah tersebut ditulis. Isinya berupa ucapan terimakasih kepada siapa saja yang telah mendukung dalam penyusunan makalah tersebut hingga selesai.

Jadi sudah paham apa beda kata pengantar dengan prakata? yaitu ada pada siapa yang menulisnya. Prakata di tulis oleh orang lain dan ditujukan untuk penulis makalah dan pihak-pihak terkait. Sementara prakata di tulis oleh si penulis yang sebagai bentuk penghargaan kepada pihak-pihak yang dianggap membantu dalam pembuatan makalahnya.

Unsur-Unsur Kata Pengantar

Dalam penyusunan kata pengantar ada beberapa bagian yang harus dipenuhi diantaranya adalah bagian pembukaan, bagian isi dan bagian penutup. Pada bagian pembuka biasanya berisi ucapan terimakasih dan rasa syukur lantaran makalah sudah berhasil disusun.

Dan biasanya bagian pembuka ini cukup satu atau dua paragraf saja. Isinya berupa rasa syukur kepada Allah Subhanahu wata’ala.

Sementara pada bagian isi setidaknya penulis kata pengantar akan memberitahukan mengenai judul makalah tersebut, terkadang dengan maksud dan tujuannya secara singkat dan padat. Selain itu akan terdapat banyak nama-nama yang dianggap membantu baik secara langsung maupun tidak langsung dalam penyusuhan makalah tersebut.

Pada bagian penutup berupa ucapan permohonan maaf mengenai kekurangan dari makalah atau jika suatu saat di temukan kesalahan dalam penulisan makalah.

Nah agar lebih jelasnya berikut ini unsur-unsur yang perlu ada dalam sebuah kata pengantar.

1. Ucapan Rasa Syukur kepada Tuhan yang Maha Esa

Pada sebuah kata pengantar di paragraf pertama selalu terdapat ucapan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa. Berikut ini contoh ucapan rasa syukur yang bisa sobat tiru.

“Alhamdulillah, puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Subhanahu wata’ala karena atas bimbingan dan karunia-Nya lah makalah dengan ini bisa terselesaikan dengan baik”.

2. Tujuan Penulisan Makalah

Setelah menuliskan rasa syukur maka penulis akan menjelaskan mengenai tujuan dari penyusunan makalah tersebut. Biasanya penjelasan tujuan ini ada di paragraf kedua, berikut ini contohnya yang bisa di tiru.

”Tujuan pembuatan proposal ini semata-mata untuk memenuhi suatu kewajiban sebagai syarat dalam menyelesaikan tugas mata pelajaran sejarah ”

3. Menjelaskan Lamanya Penulisan Makalah

Kemudian bagian yang biasanya ada adalah bagian yang menjelaskan mengenai berapa lama makalah tersebut disusun hingga selesai, berikut ini contoh kalimatnya:

”Alhamdulillah makalah ini dapat terselesaikan dalam waktu yang singkat ”

4. Menjelaskan Siapa-siapa yang Berperan Membantu Terselesaikan Makalahnya

Kemudian pada paragraf selanjutnya penulis akan menjelaskan atau mencantumkan siapa-siapa saja yang berperan membantu dalam terselesaikannya makalah tersebut. Bisa menuliskan satu nama orang atau beberapa nama, sebagai contoh kalimatnya berikut ini.

”Dalam penyusunan makalah ini, penulis mendapatkan bimbingan dari banyak pihak terutama Bapak Prof. Dr. Ahmad Sadili MA”.

5. Ucapan Terimakasih

Selain menyebutkan siapa saja yang paling berperan dalam terselesaikannya makalah ini juga bisa menuliskan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang dianggap cukup membantu dalam terselesaikannya makalah tersebut, berikut ini contih kalimatnya.

“Tak lupa, penulis mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan hingga terselesaikannya makalah ini”.

6. Berisi Harapan Penulis Kedepannya

Pada paragraf berikutnya biasanya penulis akan menyampaikan berupa harapan atas makalah yang sudah berhasil dibuatnya. Berikut ini contoh harapan pada Kata Pengantar.

”Dengan selesainya makalah ini, penulis berharap bisa memberi manfaat bagi banyak orang, terutama dalam hal (…sesuai tema makalah”…) ”

7. Penutup Berupa Kritik dan Saran

Disini penulis akan membuka kritikan dan juga saran jika dalam penulisan makalah tersebut dirasa masih kurang dari harapan. Kritik dan saran semata-mata demi meningkatkan kualitas makalah di kemudian hari.

”Penulis menyadari dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan dalam segala aspek, oleh sebab itu kritik dan saran sangat penulis harapkan demi kesempurnaan makalah dikemudian hari”.

8. Menuliskan Nama Kota, Tanggal dan Nama Penulis

Pada paragraf terakhir harus terdapat nama kota, tanggal hingga napa penulis dengan jelas. Berikit ini contohnya:

“Bandung, 12 Desember 2021, Deni Andrian”.

Contoh Kata Pengantar

Agar lebih mudah dalam memahami sebuah kata pengantar, berikut ini kami sampaikan beberapa contoh kata pengantar diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Contoh Kata Pengantar Penelitian

Segala puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas bimbingan dan karunia-Nya akhirnya penulis bisa menyusun dan menyelesaikan proposal penelitian yang mengambil judul “Pengaruh Gadget Bagi Perkembangan Psikologi Anak” secara tepat waktu.

Tujuan dari proposal penelitian ini tidak lain adalah untuk memberikan solusi alternatif bagi masalah-masalah yang sering dialami oleh anak-anak yang mengalami perubahan prilaku yang diakibatkan oleh penggunaan gadget.

Terselesaikannya penyusuna proposal penelitian ini tidak lepas dari peran serta banyak pihak terutama mereka yang terus secara aktif memberikan dukungan baik materil maupun moril sehingga penulis menyampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada:

  1. Kedua orang tua yang terus memberikan dukungan baik doa maupun materil yang kami butuhkan sehingga penulis bisa dengan tepat waktu menyelesaikan proposal penelitian ini.
  2. Bapak Prof. Dr. H Abdul Kodir M.Si, selaku rektor Universita A
  3. Ibu Dr. Hj Siti Masitoh drh., M.Si, selaku Dekan Fakultas Kedokteran, Universita A
  4. Bapak Bustomi Supriadi S.Pd selaku dosen pembimbing
  5. Seluruh pihak yang membantu baik secara langsung maupun tidak langsung yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu.

Penulis menyadari dalam penyusunan proposal penelitian ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu penulis terbuka akan kritik dan saran sebagai bahan evaluasi dalam penyusunan proposal penelitian selanjutnya.

Demikian proposal penelitian ini kami buat dengan harapan bisa memberikan manfaat bagi semua orang.

Bandung, 27 Juli 2021

Penyusun

2. Contoh Kata Pengantar Makalah

Alhamdulillahi Rabbil’Alamin, segala puji dan syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah Subhanahuwata’ala. Karena atas Rahmat dan Karunianya akhirnya penulis bisa menyelesaikan makalah yang berjudul “isi judulnya sesuai dengan makalah anda” dengan tepat waktu.

Makalah ini disusun sebagai bentuk tanggung jawab kami akan tugas mata pelajaran sejarah yang diberikan oleh guru kami dan sebagai bahan diskusi yang akan kami presentasikan sebagai tahap akhir dari penilaian atas tugas yang diberikan.

Terimakasih kami sampaikan kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kami sadar makalah ini masih jauh dari kata sempurna sehingga kami menerima segala kritik dan saran demi perbaikan kualitas makalah kami di kemudian hari.

Akhir kata, semoga makalah ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua dan kita diberikan keberkahan oleh Allah Subhanahuwata’ala, aamiin.

Bandung, 27 Juli 2021

Penyusun

3. Contoh Kata Pengantar Tugas Sekolah/Kuliah

Alhamdulillah, puji dan syukur kami sampaikan ke hadiran Allah Subhanahuwata’ala yang Maha Pemurah,  karena atas ijinnya akhirnya makalah yang berjudul “Fitoremediasi Tanah Terkontaminasi Logam Cu Limbah Padat Proses Deinking Industri Kertas oleh Tanaman Bunga Matahari (Helianthus annuus  L.) dengan Penambahan Mikoriza.” bisa kami selesaikan secara tepat waktu. 

Makalah ini disusun sebagai pemenuhan tugas mata kuliah “Biologi dan Mikrobiologi Lingkungan. ” sekaligus bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang fitoremediasi yang memiliki peranan sangat penting untuk menciptakan lingungan yang sehat.

Tentunya selesainya makalah ini tidak lepas dari bantuan dari berbagai pihak yang terkait terutama Bapak Mahmud Rojak, ST.MT,  selaku dosen mata kuliah “Biologi dan Mikrobiologi Lingkungan” juga rekan-rekan mahasiwa yang telah banyak  memberikan masukan untuk  makalah ini. Dengan sepenuh hati kami sampaikan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya.

Makalah ini tentu masih jauh dari kata sempurnah sehingga kritik dan saran yang membangun akan sangat berarti bagi kami agar di kemudian hari kami bisa meningkatkan kualitas dan dari makalah kami.

Demikian makalah ini kami buat semoga bisa memberikan manfaat bagi banyak orang.

Bandung,  27 Juli 2021

Penyusun

4. Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Segala Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas petunjuk-Nya lah akhirpnya penulis bisa menyelesaikan karya tulis ilmiah yang berjudul “Cara Mengatur Pola Makan yang Baik Bagi Bayi” dengan maksimal.

Rendahnya kualitas kesehatan bayi di Indonesia menjadi latar belakang kami membuat karya tulis ilmiah ini. Penyebabnya tak lain adalah kualitas pola makan yang buruk pada bayi sehingga kami tergerak untuk melakukan penelitian.

Dengan segala dukungan dari berbagai pihak terutama Dinas Kesehatan kami bisa mendapatkan segala data-data yang diperlukan sehingga keakuratan karya tulis ini bisa terjaga dengan baik.

Tak lupa kami ucapkan banyak terimakasih kepada berbagai pihak yang telah berkenan membantu baik materil maupun imateril, baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Meski penyusunan karya ilmiah ini dilakukan dengan sepenuh hati namun kami sadar sebagai manusia biasa maka tentu ada kekurangan didalamnya. Oleh sebab itu kami menerima dengan senang hati jika ada kritik dan saran.

Akhir kata, semoga karya tulis ilmiah ini bisa memberikan manfaat bagi banyak orang terutama bagi kita yang membutuhkan literasi mengenai penanganan gizi pada anak-anak.

30 Agustus 2021

Penulis

4. Contoh Kata Pengantar Makalah Sekolah

Alhamdulilillah, Kami sampaikan rasa syukur kepada Allah Subhanahuwata’ala atas selesainya makalah yang berjudul “Silahkan isi dengan judul anda”. Juga kami sampaikan rasa terimakasih yang mendalam bagi semua pihak yang terlah membantu baik langsung maupun tidak langsung dalam penyusunan makalah ini, diantaranya adalah kepada:

  1. Bapak Agus Komarudin S.I.Kom.,M.Pd, selaku kepala sekolah SMAN 1 Cipongkor
  2. Ibu Yeni Irawan, S.Si., M.Pd, selaku guru pembimbing Ilmu Pengetahuan Alam.
  3. Ibu Adreena Syafa Kirana, S.Hum., M.Pd selaku wali kelas
  4. Juga kepada rekan-rekan yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu

Kami sadar makalah ini masih jauh dari kata sempurna sehingga kami menerima dengan terbuka setiap kritik dan saran demi perbaikan dimasa yang akan datang.

Bandung, 12 Maret 2021

Ratu Raginang

Kesimpulan

Sekian dulu mengenai contoh-contoh kata pengantar dalam berbagai bidang. Dengan penjelasna diatas rasanya membuat kata pengantar tidak lah sulit karena hanya ada tiga poin utama yang cukup mudah yang perlu disampaikan.

Diantaranya adalah bagian pembukaan yang berisi ucapan rasa syukur, kemudian bagian isi yang berisi judul serta orang-orang yang dianggap penting dalam proses pembuatan makalahnya. Dan terakhir adalah bagian penutup yakni berupa permohonan maaf atas kurang sempurnanya makalah yang dibuat.

Baca juga: 20 Contoh Teks Prosedur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *