Apa yang Dimaksud dengan Reklame? Ciri-ciri, Fungsi dan Contohnya

Posted on

Apa yang dimaksud dengan Reklame? Mungkin kebanyakan dari kita saat berada di jalanan dan melihat papan iklan yang terpampang di pinggir-pinggir jalan maka itulah yang disebut dengan reklame, betul kan ya?

Nah kali ini kita akan membahas pengertian dari reklame, ciri-cirinya hingga contoh-contoh dari reklame sehingga sobat sekalian bisa paham dengan apa yang dimaksud tersebut.

Apa yang dimaksud dengan reklame

Apa yang dimaksud dengan Reklame?

Secara umum pengertian reklame adalah suatu alat atau media untuk menyampaikan sebuah informasi, penawaran, pengenalan produk atau jasa serta mempromosikan yang disertai dengan kata-kata dan gambar yang menarik perhatian.

Sementara pengertian lain menyebutkan reklame merupakan media visual yang terdiri dari tulisan serta gambar yang di desain sedemikian rupa sehingga mampu meyampaikan sebuah pesan kepada msyarakat. Tujuannya adalah agar masyarakat tahu tentang pesan apa yang disampaikan baik berupa jasa, produk dan lain sebagainya.

Kata reklame sendiri berasal dari bahasa Spanyol yakni dari kata “reclamos” yang berarti sebuah seruan yang berulang. Artinya, Reklame merupakan suatu media yang mengajak orang lain secara terus menerus untuk mengikuti apa yang disampaikan dalam isi reklame tersebut.

Nah setelah mengetahui beberapa pengertian diatas mungkin sobat sudah bisa menyimpulkan sendiri apa yang dimaksud dengan reklame? Kalau saya sendiri sih gak mau ribet mengartikan dengan bahasa yang sulit dipahami.

Menurut saya Reklame adalah sebuah media yang berisi gambar dan tulisan berupa ajakan, mempromosikan, menawarkan produk atau jasa, berisi informasi dan lain sebagainya dengan harapan banyak dilihat oleh orang lain mendapat mendapat peminat sebanyak-banyaknya.

Pengertian Reklame Menurut Para Ahli

Selain dari pengertian diatas para ahli juga mengartikan sendiri mengenai apa yang dimaksud dengan reklame, nah berikut ini pengertian reklame menurut para ahli.

1. Panji

Menurut Panji (1990: 120), pengertian reklame adalah setiap kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan suatu barang atau jasa atau hal lainnya dengan maksud untuk menarik perhatian khalayak ramai.

2. Barata

Menurut Barata (1988: 210), reklame adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan informasi atau ide, barang, atau jasa, dengan maksud untuk menarik perhatian orang-orang terhadap ide, barang, atau jasa yang diinformasikan tersebut.

3. Kriyantono

Menurut Kriyanto, reklame adalah suatu bentuk komunikasi yang dilakukan tanpa personal dan bertujuan untuk menyampaikan pesan dalam menjual suatu produk barang atau jasa serta menjadikan pihak konsumen untuk membeli produk yang dijual dan membayar berbagai media yang dimanfaatkannya.

4. Durianto

Menurut Durianto, reklame adalah suatu upaya komunikasi untuk membujuk khalayak orang agar bisa membeli dan juga menggunakan produk atau barang yang dipromosikan.

Ciri-ciri Reklame

Ada banyak sekali cara atau media unyuk menyampaikan suatu pesan atau promosi, namun semuanya tentu memiliki ciri-ciri khusus yang bisa membedakannya. Nah berikut ini ciri-ciri dari reklame.

  • Singkat, Jelas dan Mudah Dimengerti, sebuah reklame memang memiliki ukuran yang berbeda sehingga gambar dan kata-kata memiliki porsi yang terbatas. Oleh sebab itu isi dari reklame haruslah singat dan jelas sehingga mudah di mengerti.
  • Mencolok serta menarik, Ada banyak teknik marketing yang bisa digunakan salah satunya membuat reklame dengan terlihat mencolok atau dengan kata-kata yang menarik sehingga masyarakat langsung tertuju pada isi reklame tersebut.
  • Jujur, meski mencolok dan menarik bukan berarti mengandung kata-kata yang berbohong atau berlebihan melainkan jujur dan apa adanya.
  • Dilakukan Berulang-ulang, seperti dikatakan diatas dalam pengertiannya sebuah reklame adalah pesan yang disampaikan secara berulan, maka seperti halnya sifatnya tersebut penyampaian pesan dalam reklame harusnya berulang-ulang agar masyarakat langsung ingat.

Fungsi dari Reklame

Dari penjelasan mengetai apa yang dimaksud dari reklame maka kita sudah bisa menyimpulkan fungsi dari reklame itu sendiri yakni sebagai media yang menyampaikan informasi kepada masyakarat banyak secara berulang. Adapun fungsi-fungsi lainnya dari reklame adalah sebagai berikut:

  1. Media untuk menyampaikan informasi berupa produk, jasa atau merek kepada msyarakat banyak.
  2. Media untuk mempenharuhi masyarakat agar mau membeli atau menggunakan produk atau jasa yang disampaikan dalam reklame.
  3. Membangun kesan positif kepada masyarakat dari sebuah produk atau jasa atau merek.
  4. Sebagai media komunikasi secara tidak langsung antara calon konsumen dengan produk atau jasa
  5. Sebagai upaya membangun kepuasan pelanggan

Jenis-Jenis Reklame dan Contohnya

Disesuaikan dengan tujuannya maka reklame juga di kategorikan dalam beberapa jenis. Berikut ini jenis-jenis reklame:

1. Reklame Menurut Tujuan Pengadaan

  1. Reklame Komersial: Apa yang dimaksud dengan reklame komersial adalah jenis reklame yang dibuat untuk tujuan bisnis yakni mendapat keuntungan yang sebesar-besarnya, sebagai contoh baliho, poster dan lain sebagainya.
  2. Reklame Non-Komersial: Adalah jenis reklame yang dibuat dengan tujuan non-bisnis yang biasanya berupa himbauan, ajakan, layanan masyarakat. Sebagai contoh adalah reklame dengan ajakan tertib lalu lintas, reklame dari kementerian pajak, reklame ajakan berdonor darah dari PMI dan lain sebagainya.

2. Reklame Menurut Sifatnya

  1. Reklame Peringatan: Sudah pasti jenis reklame ini berisikan peringatan untuk mengingatkan masyarakat agar melakukan sesuatu yang diharuskan, semisal reklame untuk tertib lalu lintas.
  2. Reklame Penerangan: adalah reklame yang dibuat untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat, sebagai contoh adalah reklame yang berisi informasi seputar kesehatan.
  3. Reklame Ajakan atau Permintaan: Adalah jenis reklame yang berisi ajakan atau permintaan sebagai contoh reklame ajakan untuk donor darah, reklame yang berisi ajakan untuk membantu korban bencana dan lain sebagainya.

3. Reklame Menurut Tempat Pemasangan

  1. Reklame Indoor: Seperti namanya reklame indoor adalah reklame yang terpasang di dalam ruangan, biasanya jenis reklame ini memiliki ukuran kecil hingga sedang, sebagai contoh adalah leaflet, brosur atau etiket.
  2. Reklame Outdoor: Seperti namanya reklame outdoor adalah reklame yang terpasang di luar ruangan, biasanya panas-panasan oleh matahari dan harus tahan terhadap hujan. Umumnya ukuran reklame outdoor akan lebih besar dari reklame indoor, sebagai contoh adalah baliho, spanduk, dan lain sebagainya.

4. Reklame Menurut Medianya

  1. Reklame Audio: Sobat pasti pernah mendengar iklan di radio yakni berupa audio, nah reklame audio adalah reklame yang disampaikan melalui suara baik secara langsung ataupun tidak langsung, sebagai contoh iklan di radio.
  2. Reklame Visual: Adalah reklame yang disampaikan berupa gambar visual, reklame jenis ini banyak ditemui di luaran atau dijalanan sebagai contohnya adalah poster, spanduk, brosur, iklan megatron dan lain sebagainya.
  3. Reklame Audio Visual: adalah reklame yang menampilkan gambar juga terdapat suaranya. Sebagai contoh adalah iklan-iklan di televisi atau iklan di sosial media seperti facebook atau youtube.

Contoh-contoh Reklame

Berikut ini pengertian dari contoh-contoh reklame yang biasa kita temukan:

1. Poster

Poster merupakan reklame yang berisi gambar yang ingin di promosikan baik berupa produk atau objek dengan desian dan tulisan yang menarik. Sebagai contoh poster film yang akan tayang di Bioskop.

2. Spanduk

Spanduk juga merupakan reklame yang biasanya medianya adalah kain panjang yang didesain sedemikian rupa baik dengan gambar dan tulisan yang menarik perhatian.

3. Plakat

Plakat adalah reklame visual yang berupa gambar baik barang atau jasa dengan kata-kata dan di cetak pada kertas.

4. Etiket

Etiket adalah reklame visual yakni berupa nama pada sebuah produk atau jasa serta terdapat keterangan lengkap yang menarik perhatian masyarakat.

5. Leaflet

Hampir sama dengan Etiket yang reklame visual yang yang berisi gambar produk atau objek dengan disertakan tulisan-tulisan lengkap yang menerangkan akan produk atau objek tersebut.

6. Brosur

Adalah reklame yang biasanya lebih dominan kata-kata saja sebagai media informasinya yang dicetak pada kertas untuk menarik perhatian masyarakat.

Logo juga termasuk dalam reklame visual berupa gambar simbol yang menjelaskan sesuatu baik perusahaan, kelompok, organisasi, dan lain sebagainya.

8. Papan Nama

Reklame visual yang berisi gambar huruf dan juga logo saja.

9. Baliho

Adalah jenis reklame yang berukuran besar yang berisikan informasi baik terdiri dari gambar maupun kata-kata sehingga menarik perhatian banyak orang.

Penutup

Itulah mengenai apa yang dimaksud dengan reklame serta ciri-ciri dan jenisnya. Secara umum reklame sendiri merupakan sebuah media yang berisi gambar dan tulisan berupa ajakan, mempromosikan, menawarkan produk atau jasa, berisi informasi dan lain sebagainya dengan harapan banyak dilihat oleh orang lain mendapat mendapat peminat sebanyak-banyaknya.

Ada banyak jenis reklame namun yang paling umum banyak kita temui saat berada di jalanan, Ada baliho besar yang berisi iklan atau ajakan, ada juga videotron yang berupa layar besar di jalan yang berisi iklan, ataupun poster-poster. Semuanya termasuk dalam reklame.

Demikian artikel penjelasan kami mengenai reklame, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semuanya.

Baca juga:

Sistem peredaran daran Manusia
Sel Hewan
Kata Pengantar Laporan
Slogan
Cerita Fantasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *