Pengertian Proposal, Cara Menyusun dan Anggaran Biaya

Pengertian proposal – Pastinya sudah banyak yang mengenal istilah proposal bukan? Jika kita aktif dalam sebuah organisasi mungkin proposal menjadi hal yang lumrah, ketika kita akan mengadakan sebuah acara maka untuk terselenggaranya acara tersebut kita memerlukan proposal.

Proposal ini nantinya akan di tujukan ke orang-orang yang memang memiliki kaitan dengan acara tersebut untuk mendapat dukungan baik secara moril maupun materil.

pengertian proposal serta cara membuatnya dan penyusunan anggaran

Sebagai contoh kita akan menghadapi hari kemerdekaan Indonesia atau “tujuh belasan”. Para pemuda di kampung ingin mengisi hari kemerdekaan tersebut dengan mengadakan turnamen sepakbola. Hanya saja mereka tidak memiliki cukup dana serta belum memiliki ijin dan dukungan dari pihak terkait.

Akhirnya penggagas memutuskan untuk membuat sebuah proposal pengajuan acara yang nantinya di tujukan ke pemerintahan setempat semisal Desa. Kemudian proposal tersebut di tujukan ke orang-orang atau perusahaan dengan harapan mendapatkan dukungan dana.

Jika sudah mendapat dukungan baik moril berupa ijin pelaksanaan serta dukungan materil berupa uang yang cukup akhirnya acara kegiatan turnamen sepakbolapun bisa terlaksana dengan baik.

Atau ada juga proposal pengajuan untuk penelitian, misalkan sobat seorang mahasiswa tingkat akhir yang hendak melakuka penelitian. Hanya saja penelitian tersebut harus mendapat persetujuan dari pihak kampus sehingga sobat harus membuat sebuah proposal pengajuan yang berisikan judul dan tema dari penelitian yang akan dilakukan serta pembahasan latar belakang, tujuan dan lain sebagainya.

Jika proposal pengajuan penelitian tersebut di terima oleh pihak kampus dan mengijinkan maka sobat bisa langsung melakukan penelitian untuk kebutuhan tugas akhir.

Dengan beberapa contoh diatas tersebut maka sobat bisa menyimpulkan sendiri pengertian proposal menurut sobat.

Pengertian Proposal

Pengertian proposal sendiri memang menurut para ahli berbeda-beda hanya saja maknanya tetap saja sama hanya cara penyampaiannya saja yang berbeda. Misal menurut Kamus Besa Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian proposal adalah sebuah rencana kegiatan yang dituangkan kedalam bentuk rancangan kerja.

Proposal jika dalam bahasa Inggris disebut dengan “to propose” yang artinya pengajuan atau mengajukan. Nah berikut ini pengertian proposal menurut para ahli.

  • Proposal Menurut Keraf: Proposal adalah suatu saran atau permintaan kepada seseorang atau suatu badan untuk mengerjakan atau melakukan suatu pekerjaan.
  • Proposal Menurut Jay: Proposal adalah alat bantu menejemen standar agar manajemen dapat berfungsi secara efisien.
  • Proposal Menurut Hasnun Anwar: Proposal adalah rencana yang disusun untuk kegiatan tertentu.
  • Proposal Menurut Hadi: Proposal adalah suatu usulan terstruktur untuk agenda kerja sama bisnis antarlembaga, perusahaan, usulan kegiatan sampai pada pemecahan masalah.

Tentu meskipun pengertian proposal dari beberapa ahli secara kata-kata berbeda namun pada dasarnya maknanya tetap sama. Saya sendiri proposal diartikan sebagai sebuah rencana kegiatan yang dituliskan dan disusun secara sistematik dan penjelasan prisedural kegiatan yang lengkap untuk diajukan ke pihak-pihak terkait guna mendapat dukungan termasuk dukungan pendanaan.

Syarat-Syarat Menyusun Proposal

Sebuah proposal disusun tidaklah sembarangan dengan asal tulis atau ketik, sebuah proposal tentu berpengaruh besar bagi pembaca apakah akan memutuskan memberikan dukungan atau tidak. Misalkan proposal yang tidak berkualitas maka pembaca mungkin saja memberikan dukungan seala kadarnya dengan memberikan uang yang sedikit.

Oleh sebab itu ada beberapa poin penting sebagai syarat dalam menyusun proposal agar sukses saat diajukan ke pembaca, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Proposal haruslah terstruktur dengan bahasan yang masuk logika dan mudah dimengerti
  2. Proposal menjelaskan jenis kegiatan serinci mungkin namun mudah dipahami dan dilaksanakan dilapangan.
  3. Proposal menggambarkan sebuah hasil dari kegiatan yang terstruktur
  4. Anggaran dana dalam proposal janganlan berlebihan sehingga tidak realistis melainkan harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Tujuan Proposal

Tentu saja sebuah proposal memiliki tujuan yang harus dicapai dengan harapan akhirnya adalah kegiatan yang tercantum dalam proposal bisa terlaksana dengan baik, berikut ini tujuan-tujuan dalam proposal diantaranya adalah.

  1. Menggalang dukungan dari banyak pihak
  2. Mendapat ijin dari pihak-pihak terkait seperti pemerintah setempat dan kepolisian jika berupa kegiatan yang melibatkan keramaian
  3. Tujuan berikutnya adalah untuk pengajuan bantuan dana dan mengumpulkan dana sesuai yang di butuhkan

Fungsi Proposal

Selain tujuan-tujuan proposal tentu proposal sendiri memiliki fungsi khusus yakni disesuaikan dengan maksud dan tujuan dari proposal tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Proposal memiliki fungsi untuk mengajukan sebuah penelitian
  2. Proposal memiliki fungsi untuk mengajukan dana sebuah usaha
  3. Proposal memiliki fungsi untuk menggelar kegiatan hiburan, sosial dan sebagainya
  4. Proposal memiliki fungsi untuk melakukan tender dengan pihak-pihak terkait, dan lain sebagainya.

Manfaat Proposal

Proposal juga memiliki manfaat baik untuk pembaca maupun untuk panitia karena berupa rincian kegiatan secara ringkasnya sudah terdapat dalam proposal, berikut ini manfaat dari proposal.

  1. Panitia akan lebih mudah dalam menjalankan tugasnya karena sudah tercantum arahan-arahan dalam dokumen proposal
  2. Sebagai dokumen yang memberikan penjelasan prihal kegiatan secara terstruktur bagi pihak-pihak terkait
  3. Sebagai dokumen lengkap dan terstruktur sehingga pembaca akan dengan senang hati memberikan dukungan baik materil maupun non materil.

Jenis-Jenis Proposal

Proposal juga memiliki tiga jenis karena disesuaikan dengan tujuan dari proposal tersebut, disesuaikan dengan kegiatannya, nah berikut ini beberapa jenis proposal yang bisa kita ketahui diantaranya adalah.

1. Proposal Formal

Proposal formal adalah proposal yang bersipat resmi dengan struktur yang baku. Proposal formal ini biasa digunakan untuk kegiatan formal. Hal-hal yang wajib ada dalam proposal formal diantaranya adalah pendahuluan, isi proposal dengan penjelasan lengkap serta didukung dengan data-data pendukung lainnya.

Bukan hanya itu pada bagian penutup biasanya juga akan diisi oleh daftar pustaka. Nah untuk proposal formal ini salah satunya adalah proposal pengajuan penelitian.

2. Proposal Semi Formal

Proposal semi formal adalah proposal yang tersusun dengan bahasa baku seperti halnya pada proposal formal, hanya saja struktur pada proposal semi formal tidak selengkap proposal formal.

3. Proposal Non Formal

Mungkin sobat pernah melihat sebuah surat memorandum untuk permohonan ijin atau permohinan bantuan dana. Nah itu termasuk dalam proposal non formal karena tidak memiliki struktur lengkap dan baku seperti layaknya sebuah proposal yang lengkap.

Struktur Proposal Kegiatan

Sebuah proposal haruslah disusun sebaik mungkin dengan bahasan yang tersetuktur dan lengkap sehingga mudah dipahami oleh pembaca sehingga pembaca bisa memutuskan untuk memberikan dukungan dan bantuan. Nah berikut ini struktur dalam penyusunan proposal kegiatan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Nama Kegiatan

Proposal harus menuliskan nama kegiatan dengan jelas. Nama kegiatan juga harus memiliki makna serta bisa menjabarkan sebuah kegiatan yang akan dilakukan.

2. Pendahuluan

Kenapa kegiatan tersebut harus dilaksanakan, apa yang menjadi latar belakangnya serta tujuan seperti apa yang akan dicapai. Semuanya dijelaskan dalam bagian pendahuluan.

3. Isi Proposal

Bagian isi mencantumkan secara jelas mengenai prosedur kegiatan yang akan dilaksanakan seperti waktu pelaksanaan dari awal mulai hingga akhir serta lokasi pelaksanaan sehingga pembaca akan mendapatkan gambaran mengenai acara kegiatan tersebut.

4. Susunan Acara

Susunan acara sangat penting sebagai patokan panitia dalam bekerja menjalankan sebuah kegiatan, selain itu calon donatur juga bisa mendapat gambaran mengenai acara lengkapnya dan mungkin saja akan hadir pada acara tersebut. Susunan acara menjabarkan secara detail mulai dari awal hingga akhir.

5. Susunan Kepanitiaan

Susunan panitian terdiri dari orang-orang yang kompeten didalamnya yang disahkan melalui musyawarah bersama. Susunan panitia akan menjelaskan mengenai siapa ketuanya, penanggung jawabnya, sekretaris, bendahara dan panitia-panitia lainnya sesuai dengan tugak pokok kerjanya masing-masing.

6. Anggaran Biaya dalam Proposal

Salah satu tujuan proposal adalah penggalangan dukungan dana dari berbagai pihak sehingga terkumpul dana yang sesuai kebutuhan. Maka wajib dicantumkan total dana yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah acara kegiatan tersebut, cantumkan semua item yang perlu dibeli serta cantumkan total dana yang dibutuhkan namun tetap semuanya haruslah realistis.

7. Penutup

Meskipun hanya bagian penutup tentu cukup memberikan efek bagi pembaca apakah akan memberikan dukungan atau tidak. Jangan asal menuliskan penutup melainkan gunakan kata-kata yang penuh optimisme tinggi seraya mengharapkan dukungan dari pembaca.

Sistematika Penyusunan Proposal Kegiatan

  • Latar belakang kegiatan
  • Dasar pemikiran
  • Nama kegiatan
  • Tujuan kegiatan
  • Target kegiatan
  • Manfaat kegiatan
  • Jenis kegiatan
  • Waktu dan tempat kegiatan
  • Susunan Acara
  • Susunan Kepanitiaan
  • Anggaran dana kegiatan
  • Penutup

Anggaran Biaya dalam Proposal Berisi Apa Saja?

Sebuah proposal tentus aja memiliki tujuan salah satunya mendapatkan dukungan dana dari berbagai pihak. Dana tersebut akan digunakan untuk menjalankan kegiatan sesuai dengan apa yang dijelaskan dalam proposal.

Lantas pertanyaannya, anggaran biaya dalam proposal berisi apa saja sih? Mengingat anggaran biaya ini harus dijelaskan secara terperinci apa-apa saja yang dibutuhkan maka semuanya harus tertulis dengan lengkap.

Dalam penentuan anggaran biaya dalam proposal maka sobat harus melakukan musyawarah bersama untuk mendapatkan anggaran biaya yang pas dan jelas mengenai apa saja yang dibutuhkan.

Penentuan anggaran biaya ini tidak boleh terkesan berlebihkan misalkan hal-hal yang tidak perlu dipaksakan di masukan dalam proposal, atau harga sebuah alat menjadi didua kali lipatkan dengan harapan anggarannya menjadi besar.

Banyak orang yang berpikiran anggaran biaya harus didua kali lipatkan karena nantinya donatur tidak akan penuh memberikan dananya. Padahal pemikiran tersebut sangatlah salah. Justru anggaran biaya ini sangat menentukan apakah donatur akan memberikan dana besar atau tidak.

Anggaran yang terlihat realistis akan memberikan efek positif dari donatur sementara anggaran yang terkesan berlebihan dan mengada-ada justru akan memberikan efek negatif.

Maka susunlah anggaan se realistis mungkin sehingga pembaca akan yakin terhadap acara kegiatan yang akan diselengggarakan. Cantumkan semua item yang diperlukan serta cantumkan total anggaran yang dibutuhkan.

Kesimpulan

Pengertian proposal sendiri menurut saya adalah sebuah rencana kegiatan yang dituliskan dan disusun secara sistematik dan penjelasan prisedural kegiatan yang lengkap untuk diajukan ke pihak-pihak terkait guna mendapat dukungan termasuk dukungan pendanaan.

Sementara anggaran biaya dalam proposal haruslah dicantumkan secara rinci juga totalnya namun dengan sangat realistis dan tidak mengada-ngada. Nah demikianlah ulasan kami mengenai pengertian proposal, cara menyusun dan anggaran biaya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Baca juga:

Apa yang dimaksud Reklame
Sistem Peredaran Darah Manusia
Gambar Sel Hewan

Check Also

Planning adalah

Planning Adalah: Pengertian, Unsur, Tujuan dan Jenisnya

Planning atau biasa disebut juga sebagai perencanaan adalah suatu hal yang penting dalam kehidupan kita, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *