Review adalah – Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Struktur, Cara Membuat dan Contoh

Review adalah – Banyak dari kita sudah mengenal dengan istilah review dan sudah tau maksud dari review itu apa. Nah kali ini kita akan bahas mengenai istilah ini, apa yang dimaksud dengan review, ciri-ciri, tujuannya, jenis-jenisnya, struktur dan cara pembuatan artikel review hingga contoh-contohnya.

Pengertian Review adalah

Pengertian Review

Sudah pasti kita sudah tidak asing lagi dengan istilah review. Kata Review sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti ulasan. Maka secara umum pengertian review adalah sebuah ulasan dari sebuah objek seperti produk, buku, film, berita dan lain sebagainya. Ulasan tersebut bisa berupa analisis yang sesuai dengan fakta.

Review sendiri sangat berguna bagi pembaca karena bisa menjadi referensi mengenai kelebihan dan kekurangan sebuah produk seperti gadget, buku, novel, film dan lain sebagainya. Terkadang kita sebelum memutuskan memilih sesuatu maka kita sering mencari review atau ulasannya terlebih dahulu sehingga kita yakin apakah akan memilih atau membeli sesuatu tersebut atau tidak.

Ciri-ciri Review

Sebuah review atau ulasan tentu saja memiliki ciri-ciri khusus yang bisa kita kenali, nah berikut ini ciri-ciri review diantaranya adalah:

  • Biasanya tinjauannya fokus Kata sifat
  • Kata atau klausan yang komplek dan cukup panjang
  • Terkadang menggunakan sebuah perumpamaan

Tujuan Review

Sudah pasti tujuan dari review adalah untuk memberikan informasi yang jelas sesuai dengan fakta-fakta dan analisis pada sebuah produk, baik kelebihan hingga kekurangannya sehingga pembaca atau yang melihat bisa memiliki gambaran penuh atas produk tersebut.

Saat ini review tidak melulu pada buku atau novel saja melainkan semakin luas dan hingga semua produk atau karya banyak yang melakukan review dengan tujuan untuk meyakinkan calon konsumen.

Sebagai contoh review smartphone, rumah, mobil, motor dan lain sebagainya yang tidak hanya berupa tulisan melaikan juga berupa video seperti yang diunggah di youtube.

Jenis-Jenis Review

Jenis-jenis review tentu ada cukup banyak ya tergantung dari apa yang mau di review, nah berikut ini beberapa jenis review yang bisa kita kenali dan ketahui, diantaranya adalah:

1. Review Text

Suatu ulasan menggunakan text yang mengulas sebuah karya baik berupa film, buku, dan lain sebagainya termasuk kelebihan dan kekurangannya sehingga kita menjadi tahu akan karya tersebut.

2. Review Jurnal

Adalah sebuah strategi ulasan yang mempermudah pemahaman dari sebuah penelitian yang sudah dijalani.

3. Review Gadget

Saat ini gadget merupakan hal yang paling banyak digemari masyarakat global termasuk masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah smartphone yang hampir setiap saat selalu muncul varian terbarunya.

Oleh sebab itu review atau ulasan tentang gadget ini sangat perlu untuk memberikan pemahanan kepada pembaca atau yang melihat mengenai kelebihan dan kekurangannya sebagai bahan pembanding sebelum memutuskan membelinya. Review gadget saat ini bisa kita jumpai baik melalui tulisan di sebuah laman website atau di kanal youtube.

4. Review Buku

Meski jaman sudah berubah dimana banyak buku-buku digital di terbitkan namun nyatanya hingga saat ini buku fisik juga tetap terbit dan bisa kita jumpai di berbagai gerai toko buku.

Saat ini mencari sebuah buku bacaan yang tepat cukup mudah karena kita bisa melihat atau membaca review atau ulasan buku terlebih dahulu baik secara online maupun langsung sehingga kita bisa tahu apakah buku tersebut tepat untuk kita pilih atau tidak.

5. Review Elektronik

Review elektronik bisa dikatakan sama seperti pada review gadget dimana banyak orang yang membutuhkan ulasan secara detail mengenai kelebihan dan kekurangan sebuah barang elektronik. Hal itu cukup membantu bagi kita sebelum memutuskan membeli sebuah barang elektronik mengingat ada jenis barang elektronik yang sama dengan berbeda merek.

6. Review Makanan

Memberikan ulasan untuk sebuah makanan memang cukup menarik, selain kita bisa secara langsung mencicipi makanannya serta rasanya juga bisa menjadi referensi bagi banyak orang mengenai tempat-tempat makan yang enak. Saat ini ada banyak youtuber yang khusus melakukan review terhadap makanan dan itu cukup membantu penonton dan membantu yang punya kedai makanan sebagai ajang promosi.

7. Review Aplikasi

Gadget terutama smartphone semakin hari semakin berkembang canggih, saat ini setidaknya ada dua sistem operasi smartphone yang populer yakni android dan iOS. Keduanya mendukung berbagai macam aplikasi yang tersedia di apple store maupun google playstore.

Saking banyaknya aplikasi maka kita juga tidak langsung mengunduh dan menginstall aplikasi tersebut melainkan mencari tahu dulu review ulasan dari aplikasi tersebut kelebihan dan kekurangannya.

8. Review Film

Film menjadi salah satu tontonan hiburan saat kita bersantai, sebagai penyuka film tentu bukan sembarang film yang kita tonton melainkan film yang sesuai dengan tema yang kita inginkan. Ada banyak film yang dirilis dan sebelum memutuskan menontonnya kita bisa cari tahu ulasannya terlebih dahulu.

Struktur Review Adalah

Setidaknya sebuah review yang baik akan ditata sedemikian rupa sehingga penonton maupun pembaca akan mudah memahami apa yang disampaikan. Berikut ini struktur review.

1. Pengenalan

Pengenalan adalah bagian awal dari sebuah review, disini kita akan memperkenalkan terlebih dahulu secara umum mengenai karya atau produk yang akan kita review, nama barangnya, jenisnya dan lain sebagainya.

2. Evaluasi

Adalah isi dari review tersebut atau ulasan secara lengkap mengenai karya atau produk sesuai dengan apa yang pereview rasakan dan alami atau sesuai dengan pengetahuan si pereview. Disini dijelaskan secara detail mengenai kelebihan dan kekurangannya.

3. Kesimpulan

Berisikan kesimpulan atau cuplikan dari hasil review yang sudah disampaikan, hal-hal pentingnya saja.

Cara Membuat Review Gadget

Pada dasarnya membuat sebuah review atau ulasan dari sebuah karya adalah sama, apapun yang kita sampaikan sebagai ulasan tentu tidak lepas dari kekurangan dan kelebihan sebuah karya, juga ada perbandingan sehingga pembaca atau yang menyaksikan bisa memiliki referensi lain sebagai pembanding. Nah berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan review gadget.

  • Gunakan kalimat-kalimat yang memang bisa menggambarkan sebuah karya atau gadget tersebut
  • Tuliskan atau sebutkan apa saja yang kita sukai mengenai gadget tersebut
  • Tuliskan atau sebutkan hal-hal yang tidak kita sukai dari gadget tersebut
  • Tuliskan atau sebutkan secara ringkas mengenai gadget tersebut apa yang kamu ketahui kemudian jika kamu menyukainya dan dirasa bagus maka kamu bisa merekomendasikannya kepada pembaca atau audiens kamu. Dan sebaliknya jika tidak suka kamu bisa memberikan alternatif pilihan lainnya.
  • Kamu bisa memberikan rating pada gadget yang kamu ulas atau review.

Saat akan menulis review gadget maka kalian harus tahu dulu gadget apa yang akan kalian review, misalkan sebuah smartphone Samsung keluaran terbaru. Maka kalian harus paham bagian-bagian mana yang wajib ada dalam isi review kamu.

Pertama kamu harus memperkenalkan terlebih dahulu smartphone Samsung tersebut dirilis kapan, kemudian menginformasikan kisaran harganya berapa. Jika sudah maka kamu wajib memaparkan keunggulan dan kekurangan smartphone Samung tersebut apakah sudah sebanding dengan harga yang ditawarkan.

Hal pertama yang perlu kamu review adalah bagian-bagian dari smartphone. Misalkan diawali dengan desain smartphone terbaru kemudian ukuran layar dan kualitas layar apakah sudah cukup memuaskan atau tidak dengan jenis layar yang digunakan serta resolusinya.

Kemudian kamu bisa beralih ke review bagian permesinan seperti mengulas sistem operasi yang digunakan, prosessor hingga chipset yang dipasang pihak Samsung sehingga kamu bisa paham kemampuan ponsel ini cukup bertenaga atau tidak.

Selanjutnya bisa beralih kebagian penyimpanan yakni memori RAM, memori internal hingga memori eksternal. Dan dilanjutkan ke bagian kamera, kualitas kamera dan hasil gambar dari kamera tersebut.

Daya tahan ponsel juga cukup penting untuk diulas seperti kapasitas baterai yang digunakan. Kemudian kamu juga bisa mengulas berbagai fitur yang ditawarkan smartphone ini.

Setelah semuanya terulas dengan lengkap dan jelas, kamu bisa menyimpulkan mengenai kelebihan dan kekurangan dari ponsel ini dan itu harus disampaikan apa adanya sesuai dengan pemikiran kamu. Kemudian berikan perbandingan dengan smartphone merek lainnya namun berada di kisaran harga yang sama.

Kamu juga bisa memberikan referensi ponsel-ponsel merek lainnya sebagai alternatif pilihan.

Nah itulah cara melakukan review gadget dalam hal ini review smartphone yang memang cukup banyak dicari orang sebagai bahan referensi sebelum memutuskan membeli sebuah smartphone.

Kesimpulan

Melakukan review atau ulasan sebuah produk harl utama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui dan memahami produk tersebut, kemudian ulaslah sesuai dengan apa yang kamu ketahui dengan baik, berikan poin-poin kelebihan dan kekurangannya dan tak lupa berikan referensi pembanding dari produk tersebut agar review kamu semakin lengkap.

Demikian ulasan kami mengenai pengertian review dan cara membuatnya serta contoh-contohnya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Baca juga:

Pengertian proposal
Pengertian Reklame
Penjelasan Tentang Sistem Peredaran Darah Manusia

Check Also

Planning adalah

Planning Adalah: Pengertian, Unsur, Tujuan dan Jenisnya

Planning atau biasa disebut juga sebagai perencanaan adalah suatu hal yang penting dalam kehidupan kita, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *