Permainan Bola Voli Diciptakan oleh Siapa? Inilah Sejarahnya

Banyak yang bertanya permainan bola voli diciptakan oleh siapa? Jawabannya adalah oleh Willian G. Morgan pada tahun 1895 di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

permainan bola voli diciptakan oleh

Permainan bola voli atau dalam bahasa inggrisnya adalah Volleyball ini bisa disebut sebagai permainan terpopuler ketiga di Indonesia setelah sepakbola dan bulu tangkis.

Meski begitu, kiprah tim bola voli Indonesia sudah cukup mendunia, bukan hanya di Asia Tenggara melainkan hingga benua Asia. Timnas bola voli Indonesia sukses merebut medali emas di ajang Sea Games 2019, Filipina dengan tak pernah sekalipun mengalami kekalahan di babak penyisihan grup.

Maka tak heran olahraga bola voli di Indonesia semakin populer dan banyak di gemari.

Permainan Bola Voli Diciptakan oleh?

Kembali ke pertanyaan mengenai permainan bola voli diciptakan oleh siapa? maka kita perlu mengetahui sejarah awal mula bola voli ini lahir. Adalah William George Morgan yang pertama kali menciptakan bola voli dengan nama awal “Mintonetta”.

William G Morgan merupakan instruktur pendidikan jasmani di Young Men Christian Association (YMCA).

Permainan ini lahir pada 9 Februari 1895 Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat di sebuah gimnasium yang berdebu.

Sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani, dia diberi kepercayaan untuk mengembangkan, mengarahkan dan memberikan pelatihan olahraga secara lebih luas untuk semua kalangan.

Olahraga bola basket saat itu memang lebih condong untuk dimainkan kalangan muda. Sementara dia perlu olahraga rekreasi kompetitif yang bisa dimainkan juga oleh kalangan dewasa.

“Dalam mencari permainan yang sesuai, tenis terpikir oleh saya, tetapi ini membutuhkan raket, bola, jaring, dan peralatan lainnya, jadi itu dieliminasi, tetapi gagasan tentang jaring tampaknya bagus. Kami mengangkatnya ke ketinggian sekitar 6 kaki, 6 inci (1,98 meter) dari tanah, tepat di atas kepala orang pada umumnya. Kami membutuhkan bola dan di antara yang kami coba adalah bola basket, tapi ini terlalu ringan dan terlalu lambat. Karena itu kami mencoba bola basket itu sendiri, yang terlalu besar dan terlalu berat.”

Akhirnya permainan Mintonetta mulai tercipta sebagai kombinasi dari empat permainan yakni bola basket, baseball, bola tangan dan tenis.

William G. Morgan juga meminta bantuan ke perusahaan manufaktur AG Spalding & Bross untuk membuatkan bola. Maka hadirlah dua bola sekaligus dengan masing-masing memiliki berat 252 gram dan 336 gram serta diameter 63.5 cm dan 68.6 cm. Bola-bola ini dilapisi kulit dengan bagian dalam diberi karet.

William G Morgan yang juga lulusan Springfield College of YMCA terus mengembangkan olahraga ini hingga menambahkan sebuah net ditengah lapangan sebagai pemisah kedua tim yang bermain. Net ini posisinya berada diatas kepala manusia dengan ketinggian sekitar 6 inci atau 1,98 meter dari tanah.

Sementara konsep dasar permainan di susun oleh Dr. Frank Wood dan John Lynch hingga akhirnya permainan Mintonetta sudah siap dimainkan.

Pada tahun 1896, William G Morgan memiliki kesempatan untuk memperkenalkan dan memperagakan olahraga Mintonetta pada acara konferensi yang diadakan oleh Dr. Luther Halsey Gulick, Direktur Pendidikan Jasmani YMCA.

William G Morgan juga menjelaskan permainan ini sebenarnya tidak ada batasan jumlah pemain hanya saja permainan memiliki tujuan untuk mempertahankan bola tidak menyentuh tanah dan tetap berada di atas melewati net dari wilayah kedua tim.

Usai melakukan demonstrasi, Profesor Alfred T. Halstead akhirnya mengusulkan nama baru pada permainan ini yakni menjadi bola voli (volleyball) yang kemudian di setujui oleh Willam G. Morgan. Selanjutnya dirinya menyusun buku yang berisikan tata cara dan peraturan permainan bola voli ini.

Akhirnya pada tahun Juli 1896 buku tersebut sudah diterbitkan dan masuk dalam Liga Atletik YMCA Amerika Utara, pada 1897. Permainan bola voli pun berkembang pesat hingga ke berbagai negara. Hanya saja waktu itu partisipan permain cukup besar yakni 16 orang.

Akhirnya pada tahun 1918 diputuskan jumlah pemain pada masing-masing tim yang bermain adalah enam orang. Kemudian pada 1922 juga diputuskan setiap tim maksimal hanya boleh menyentuh bola sebanyak tiga kali saja.

Sarana dan Prasarana Permainan Bola Voli

Ada tiga sarana dan prasarana dalam permainan bola voli yang wajib ada diantaranya adalah:

1. Lapangan Permainan

Umumnya ukuran lapangan bola voli adalah 9 meter x 18 meter dan memiliki garis batas serang pemain belakang 3 meter, garis tepi lapangan 5 meter dan garis tengah sejajar dengan jaring net.

2. Net

Net terpasang dibagian tengah lapangan sebagai pembatas kedua tim. Net ini memiliki Panjang 9,5 sampai 10 meter, tinggi net putra 2,43 meter dan 2,24 meter untuk net putri. Lebarnya 1 meter (39,4 in).

3. Bola Voli

Bola voli yang digunakan haruslah bulat sesuai dengan regulasi FIVB dengan keliling lingkaran 65 hingga 67 cm, berat 260 hingga 280 gram. Bola terbuat dari kulit asli atau kulit sintetis dan dibagian dalam terdapat bola yang terbuat dari karet.

Cara Bermain Bola Voli

Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan ini mengalami perkembangan hingga akhirnya diputuskan permainan ini di mainkan oleh dua tim dengan masing-masing tim terdiri dari enam pemain. Tim yang mencapai poin 25 terlebih dahulu maka dialah yang menang.

Pada setiap tim terdapat empat peranan penting diantaranya adalah tosser (atau setter), spiker (smash), libero, dan defender (pemain bertahan).

Tosser sendiri bisa disebut sebagai pengatur serangan dengan membelikan umpan ke pemain lainnya. Sementara spiker berperan sebagai penyerang dengan melakukan pukulan keras dan mengarahkan bola ke wilayah lawan. Libero sendiri memiliki peran sebagai pemain bertahan dan defender atau block yang berperan untuk menahan serangan lawan.

Itulah sekilas mengenai Permainan Bola Voli Diciptakan oleh Siapa? penjelasan singkat mengenai sejarahnya serta cara bermain bola voli. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Baca juga:

Pengertian proposal
Pengertian Review
Pengertian Reklame

Check Also

Planning adalah

Planning Adalah: Pengertian, Unsur, Tujuan dan Jenisnya

Planning atau biasa disebut juga sebagai perencanaan adalah suatu hal yang penting dalam kehidupan kita, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *