Keberadaan Gurun di Australia Terjadi Karena?

Halo sobat sekalian, kali ini kita akan menjawab sekaligus menjelaskan mengenai pertanyaan yang sering dilontarkan yakni “Keberadaan Gurun di Australia Terjadi Karena?”. Nah untuk menambah wawasan sekaligus menjawab pertanyaan ini, mari kita simak ulasannya sampai selesai.

Keberadaan Gurun di Australia Terjadi Karena

Menjadi cukup istimewa dimana Australia selain sebagai sebuah negara juga sebagai sebuah benua yang lokasinya berdekatan dengan Indonesia yakni sebelah selatannya.

Cukup unik memang, Negara Australia mencakup seluruh daratan serta pulau-pulau yang ada di sekitarnya. Bahkan negara ini memiliki luas mendekati 7.7 juta km persegi dan menjadi salah satu negara terluas di dunia.

Data dan Statistik Australia

berikut ini data dan fakta Australia sebagai sebuah negara yang cukup luas dan masuk dalam 7 negara terluas di dunia, diantaranya adalah:

  • Ibu Kota Australia: Canberra
  • Mendapat kemerdekaan dari Kerajaan Inggris (Federasi, Konstitusi pada 1 Januari 1901)
  • Total luas wilayah Autralia: 7.692.024 km²
  • Jumlah penduduk estimasi tahun 2020: 25.674.600
  • Mata Uang: Dollar AUstralia (AUD)

Keberadaan Gurun di Australia Terjadi Karena Hal Berikut Ini

Australia memang memiliki daratan yang sangat luas bahkan hampir empat kali lipatnya daratan yang ada di Indonesia. Meski begitu tidak semua wilayah di Australia tumbuh hijau dengan banyaknya pepohonan seperti halnya di Indonesia melainkan di Australia terdapat gurun pasir.

Cukup unik memang mengingat jarak antara Australia dan Indonesia tidaklah terlalu jauh. Jadi pertanyaannya Keberadaan Gurun di Australia Terjadi Karena apa? Kenapa bisa berbeda dengan di Indonesia.

Hal ini tak lepas dari posisi Australia yang berada di kawasan Subtropis (sekitar 30 ° utara / selatan dari khatulistiwa). Kita mengetahui bahwa negara yang berada di garis tersebut memang memiliki iklim panas sehingga menyebabkan terjadinya gurun pasir.

Di garis equator akan terjadi peningkatan udara panas dan lembab, kemudian bergerak kebagian utara bumi atau selatan bumi sehingga suhu menjadi dingin. Hal ini menyebabkan kelembapan yang mengembun di kawasan tropis seperti Indonesia sehingga akan mengalami hujan yang melimpah.

Sementara pada kawasan subtropis seperti Australia akan diselimuti udara yang kering dan mengalami pemanasan yang mendorong terjadinya penguapan. Wilayah ini akan lebih banyak mengalami penguapan sementara hujan akan sangat minim sehingga hal ini menjadi penyebab terbentuknya gurun pasir.

Maka bisa disimpulkan gurun pasur di Australia terjadi lantaran posisinya berada di wilayan turunnya massa udara.

Gurun-Gurun di Australia

  • Gurun Victoria Besar / Great Victoria Desert: 424.400 km persegi
  • Gurun Pasir Besar / Great Sandy Desert: 284.993 km persegi
  • Gurun Tanami: 184.500 km persegi
  • Gurun Simpson: 176.500 km persegi
  • Gurun Gibson: 156.000 km persegi
  • Gurun Pasir Kecil / Little Sandy Desert: 111.500 km persegi
  • Gurun Strzelecki: 80.250 km persegi
  • Gurun Batu Sturt / Sturt Stony Desert: 29.750 km persegi
  • Gurun Tirari: 15.250 km persegi
  • Gurun Pedirka: 1.250 km persegi

Fakta-Fakta Gurun di Australia

Beberapa fakta menarik dari gurun-gurun yang ada di Australia ini memang perlu untuk kita ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

Dari data didapatkan, luas gurun di Australia hanya 18 persen dari total luas wilayah benua Australia. Sementara 35 persennya lagi juga dimasukkan kedalam daftar gurun Australia lantaran mendapat curah hujan yang sangat sedikit.

Sebanyak 70 persen luas wilayah Australia termasuk dalam daerah kering, hal ini disebabkan hanya mendapat curah hujan kurang dari 500 mm per tahun.

Maka tak heran kalau benua Australia disebut juga sebagai benua paling kering di dunia. Kita tahu saat ini benua paling kering di dunia adalah benua antartika.

Dari populasi Australia hanya 3 persennya saja yang menempati 70 persen kawasan kering atau gurun di Australia. Sementara sisanya terkonsentrasi di kawasan yang lebih basah seperti pesisir pantai.

Kawasan Gurun Australia memang menyuguhkan pemandangan yang sangat cantik karena memang sulit di temukan di negara manapun. Hal ini membuat kawasan Gurun Australia banyak di kunjungi para turis.

Keindahan Kawasan Gurun Australia

Meski kawasan gurun pasir dan kering, namun nyatanya menyuguhkan keindahan yang luar biasa yang sulit ditemukan di negara lainnya di dunia. Hal ini membuat banyak turis baik lokal maupun mancanegara berkunjung untuk menjelajahi kawasan gurun ini.

Terdapat banyak pemandangan bebatuan dan tebing serta ngarai yang indah. Selain itu terdapat banyak hewan khas gurun dengan tanaman-tanaman yang juga unik.

Bukan hanya gurun yang menjadi andalan Australia melainkan pesisir pantai yang juga tak kalah cantiknya serta kota-kota yang tersusun rapi dan bersih.

Wisata Gurun di Australia

Atraksi Uluru adalah salah satu atraksi paling populer di Gurun Australia yang menjadi daya tarik pariwisata. Atraksi Uluru atau Ayers Rock adalah susunan bebatuan di gurun pasir yang lokasinya berada di selatan Teritori Utara di Australia bagian tengah. Atau dari kota Alice Springs barat daya berjarak sekitar 335 km.

Bukan hanya itu, Uluru merupakan tempat suci bagi suku Aborigin yang tinggal disektirannya. Saking uniknya dan memiliki nilai tinggi, Uluru masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Nah itulah ulasan kita mengenai pertanyaan Keberadaan Gurun di Australia Terjadi Karena apa? Dari pernjelasan diatan maka dapat disimpulkan telak geografis Benua Australia memang membuat kawasan ini cukup panas dan sangat sedikit mendapat curah hujan sehingga memudahkan dalam pembentukan gurun pasir.

Baca Juga:

Sejarah Permainan Bola Voli
Pengertian Proposal
Pengertian Reklame

Check Also

Planning adalah

Planning Adalah: Pengertian, Unsur, Tujuan dan Jenisnya

Planning atau biasa disebut juga sebagai perencanaan adalah suatu hal yang penting dalam kehidupan kita, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *