Pengertian Kerja sama Adalah, Cara, Bentuk Manfaat dan Contohnya

Kerja sama adalah – Sebagai mahluk sosial maka manusia tidak bisa hidup secara sendiri melainkan hidup bersama-sama antar sesama manusia, saling berdampingan dan saling membutuhkan satu sama lainnya. Maka sebagai manusia sosial kita wajib saling membantu satu sama lainnya dalam segala hal kebagian.

Kita juga pasti memiliki tujuan untk mencapai sesuatu, tujuan tersebut mungkin saja tidak bisa dikerjakan secara sendiri melainkan perlu bantuan dari orang lain. Maka untuk mewujudkan tujuan tersebut kita perlu bekerja sama dengan orang lain. Ya, Kerja sama akan memudahkan kita mencapai tujuan yang kita inginkan.

kerja sama adalah

Hanya saja kita tidak bisa bekerja sama dengan siapapun melainkan bekerja sama dengan orang-orang yang memang memiliki tujuan yang sama. Kita juga sering melakukan kerjasama sebagai contoh di sekolah saat mengerjakan tugas kelompok atau di perusahaan saat bekerja.

Nah kali ini kita akan bahas lebih mendalam mengenai pengertian kerja sama, cara, bentuk, manfaat hingga contoh-contohnya. Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Kerja sama adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kerja sama adalah melakukan (melaksanakan) suatu kegiatan atau usaha (perniagaan dan sebagainya) yang ditangani oleh dua orang (pihak) atau lebih.

Atau dalam arti lain kerja sama adalah suatu usaha bersama yang dikerjakan oleh orang perorangan atau kelompok untuk mencapai sebuah tujuan bersama.

Kerja sama ini bisa terwujud dengan baik manakala ada kepentingan bersama antar perorangan atau kelompok yakni kepentingan untuk meraih tujuan yang sama sehingga memiliki kesadaran untuk melakukan pekerjaan secara bersama-sama. Apalagi manusia sebagai mahluk sosial pastilah tidak bisa hidup sendiri melainkan membutuhkan interaksi antar manusia lainnya.

Sebuah kerja sama sudah umum dilakukan disegala bidang seperti di instansi ataupun di perusahaan mengingat kerja sama akan mampu meningkatkan produktivitas karena memberikan energi dorongan atau motivasi untuk semua anggota sebagai bagian dari tim untuk bekerja dengan sungguh-sungguh demi mencapai tujuan bersama.

Cara Membina Kerja sama

Tidak semua kerja sama bisa berjalan dengan baik, hal itu karena setiap orang memiliki karakter berbeda, tentu agar kerja sama tersebut mampu berjalan dengan baik sehingga tujuan bisa segera tercapai maka perlu membina sebuah kerja sama yang kondusif, berikut ini beberapa cara membina kerja sama, diantaranya adalah:

1. Memiliki Tujuan Bersama

Sudah pasti kerja sama tersebut dibangun atas dasar tujuan bersama, sebuah tujuan yang jelas yang jika tercapai akan saling menguntungkan sehingga semua anggota bisa memiliki tanggung jawab atas pekerjaannya.

2. Memiliki Profil Diri

Kamu perlu menggali mengenai potensi diri kamu apa saja yang menarik bagi kamu, serta potensi-potensi lainnya yang mendukung bagi kemajuan tim.

3. Membuat Kesan Positif

Kamu wajib membuat kesan positif untuk diri kamu dan tim, kesan yang baik ini perlu dipertahankan secara terus menerus agar suasana kerja sama kamu bersama tim penuh optimisme dan menyenangkan.

4. Menghargai Pendapat dan Kebiasaan Rekan

Dalam sebuah tim tidak semua anggota memiliki cara pandang yang sama antar anggota lainnya, pastilah ada perbedaan diantara kita namun yang pastu tujuan kita adalah mencapai goal yang sama.

Maka untuk menciptakan kerja sama yang positif kita wajib mendengarkan dan menghargai setiap pendapat juga kebiasaan anggota tim kita sehingga kerja sama akan berjalan terus.

5. Menunjukan Antusiasme

Kamu harus menunjukkan antusiasme tinggi saat tergabung dalam sebuah tim untuk bekerja sama. Antusiasme ini akan memberikan kesan positif kepada tim kamu dan teruslah pertahankan antusiasme kamu.

6. Menawarkan Bantuan

Jika kamu memang memiliki kemampuan dan merasa mampu melakukannya maka kamu tidak ada salahnya untuk menawarkan sebuah kerja sama dengan orang lain yang memang membutuhkan.

7. Fokus untuk Kualitas

Sebuah kerja sama akan berjalan dengan baik jika tim memiliki integritas yang tinggi untuk mencapai sebuah tujuan bersama. Maka fokuslah pada kualitas kerja sama yang tengah dibangun dan bekerjalah dengan sungguh-sunggu, saling memberikan dukungan antar anggota tim.

Bentuk-bentuk Kerja sama

Ada banyak jenis bentuk kerja sama yang disesuaikan dengan fungsinyanya, nah berikut ini beberapa bentuk kerja sama yang umum kita temukan diantaranya adalah.

1. Kerja sama Bergaining

Bergaining bisa diartikan sebagai sebuah nilai tawar, sebuah kerja sama berupa perjanjian mengenai pertukaran barang dan jasa antar individu maupun kelompok. Tentu saja tujuannya adalah keuntungan antar individu maupun kelompok secara adil.

2. Kerja sama Kooptasi

Biasanya dalam sebuah organisasi politik ada istilah kooptasi yakni sebuah proses penerimaan unsur-unsur baru dalam dunia organisasi terutama unsur kepemimpinan dengan tujuan meningkatkan stabilitas organisasi usai mengalami sebuah goncangan.

3. Kerja sama Koalisi

Seperti halnya Kooptasi, pada dunia politik juga kita sering sekali mendengar kata koalisi, yakni sebuah kerja sama gabungan antar dua kelompok atau partai politik untuk mewujudkan tujuan bersama. Semisal dalam mengajukan dan mendukung calon pemimpin daerah maka partai-partai tersebut akan berkoalisi mendukung satu pasangan yang sudah di sepakati.

4. Kerja sama Joint Venture

Sebuah kerja sama yang dilakukan kelompok maupun perorangan untuk melaksanakan sebuah proyek pekerjaan.

5. Kerja sama atas dasar Kerukunan

Kerja sama atas dasar kerukunan biasa terjadi di tengah-tengah masyarakat kita dimana bentuk kerja sama ini tidak ada imbalan sama sekali melainkan atas dasar kepentingan bersama. Semisal kerja sama gotong royong membangun irigasi warga, atau kerja sama bersih-bersih lingkungan.

Manfaat Kerja Sama Adalah

Tentu menjalin kerja sama akan memberikan manfaat yang besar terutama dalam sebuah pencapaian maka akan lebih cepat terwujud jika semuanya dilakukan secara bersama-sama. Berikut ini beberapa manfaat kerja sama diantaranya adalah:

  1. Kerja sama Mempererat Silaturrahmi

Rasa persaudaraan akan terbangun dengan baik jika kita tergabung dalam sebuah tim untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan. Semua anggota berinteraksi satus ama lain saling mendukung dan membantu untuk menyelesaikan persoalan bersama. Maka sudah pasti hal ini bisa mempererat silaturrahmi antar anggota tim.

  1. Menumbuhkan Persatuan

Rasa persatuan akan terpupuk dengan baik karena semua anggota dalam sebuah tim memiliki tujuan yang sama sehingga satu anggota dengan anggota lainnya ibarat satu kesatuan. Bersatu untuk mencapai tujuan bersama dengan saling mendukung dan memberikan solusi sehingga tujuan bisa tercapai lebih cepat.

  1. Mempercepat Pekerjaan

Tujuan kerja sama adalah mencapai tujuan bersama serta mempermudah semua pekerjaan jika dilakukan secara bersama-sama. Sesulit apapun pekerjaannya jika dilakukan bersama maka akan terasa ringan karena semua memberikan solusi atas setiap permasalahan. Efeknya adalah semua pekerjaan bisa terselesaikan dengan cepat karena dikerjakan bersama-sama.

  1. Memperingan Pekerjaan

Seperti dikatakan diatas tadi jika pekerjaan dikerjakan secara bersama-sama maka semuanya akan terasa ringan sekalipun pekerjaan tersebut sebenarnya cukup berat.

Contoh-Contoh Kerja Sama

Ada banyak contoh kerja sama yang bisa kita temukan dikeseharian kita mengingat manusia adalah mahluk sosial yang tak lepas dari kebutuhan dan bantuan dari orang lain. Nah berikut ini beberapa contoh kerja sama yang sering kita temui diantaranya adalah:

  1. Kerja sama antar warga dalam membersihkan lingkungan
  2. Kerja kelompok di sekolah untuk menyelesaikan sebuah tugas
  3. Kerja sama dalam bidang usaha atau bisnis
  4. Kerja sama dalam tim baik olahraga maupun tim bisnis lainnya
  5. Dan masih banyak lagi contoh-contoh kerja sama lainnya

Demikian ulasan kami mengenai pengertian kerja sama adalah serta Cara, Bentuk Manfaat dan Contohnya. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan untuk kita semua.

Baca juga: Gerakan Non-Blok dan KTT ASEAN

About Adreena

Seorang gadis yang suka traveling dan makan

Check Also

apa yang dimaksud dataran tinggi

Apa yang Dimaksud Dataran Tinggi, Gunung, Danau, Lembah dan Sungai

Apa yang dimaksud dataran tinggi? Kira-kira menurut sobat jawabannya apa? Apakah dataran yang ada di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *