Pengertian Entrepreneur Adalah dan Pengusaha, Ciri dan Kelebihan

Banyak orang beranggapan kalau entrepreneur adalah seorang pengusaha, padahal pada hakikatnya adalah berbeda. Nah kali ini kita akan bahas pengertian entrepreneur adalah serta pengusaha lengkap dengan ciri-ciri dan kelebihannya.

entrepreneur adalah

Pengertian Entrepreneur Adalah

Pengertian entrepreneur adalah seseorang yang menjalankan sebuah usaha secara mandiri dengan memiliki ide-ide kreatif dan inovatif yang menuangkannya dalam sebuah bentuk bisnis dengan produk yang diciptakannya sehingga mampu menguasai pasar.

Orang tersebut memiliki ide-ide dan gagasan baru dalam hal bisnis, memiliki bakat dan kemampuan menganalisa sebuah peluang usaha baru, kemudian merancang sebuah bisnis secara sistematis hingga proses produksi sebuah produk baru hingga akhirnya sukses dipasaran, kemudian mampu memberikan manfaat bagi banyak orang.

Pengertian Entrepreneur Menurut Ahli

Para ahli juga memaparkan tersendiri mengenai arti sebuah entrepreneur, berikut ini pengertian entrepreneur menurut para ahli.

  1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggali sebuah produk baru hingga cara memproduksinya, memiliki strategi pemasaran hingga kemampuan mengatur modal operasional.

  1. Menurut Richard Cantillon

Pengertian entrepreneur adalah seseorang yang memiliki kemampuan mengkonversi Sumber Daya ekonomis dari yang produktivitasnya rendah ke semakin tinggi.

  1. Menurut Zimmerer, Scarborough, 2002

Entrepreneur adalah kemampuan seseorang dalam melihat sebuah peluang usaha untuk menciptakan sebuah usaha dalam kondisi apapun sekalipun kondisi yang kurang menguntungkan dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki sehingga bisa mengkonversinya menjadi sebuah keuntungan.

  1. Menurut Ebert, Griffin, 2003

Entrepreneur adalah seseorang yang berani mengambil resiko karena ide-ide baru dalam hal peluang usaha yang dia ciptakan untuk meraih kesuksesan berupa pertumbuhan dan perkembangan usahanya.

  1. Menurut Kasmir

Seseorang yang sanggup menerika sebuah resiko dalam menjalankan sebuah peluang usaha sekalipun dalam kondisi penuh ketidak pastian.

Nah mungkin sobat memiliki pengertian sendiri mengenai apa itu entrepreneur? Maka bisa coba dijelaskan di kolom komentar dibawah ya.

Ciri-Ciri Seorang Entrepreneur Adalah

1. Mindset

Mindset adalah modal utama bagi seorang entrepreneur atau seorang kreator dalam sebuah bisnis. Mindset sukses yang ditanamkan akan mempercepat pertumbuhan bisnis yang dijalankan.

Mindset ini akan memberikan energi positif sehingga kamu akan selalu optimis dalam setiap rencana kerja yang akan dijalankan. Mindset ini juga harus ditanamkan sejak dini dan terus dijaga.

2. Rencana Bisnis

Seorang kreator bisnis sudah pasti memiliki rancangan bisnis yang cukup matang, telah dipikirkan secara masak mulai dari pembuatan brand, metode pemasaran, menganalisa pasar, dan menjalankan. Bahkan hingga dirinya menemukan sebuah peluang usaha baru.

Maka seorang entrepreneur adalah tidak stuck pada sebuah keuntungan semata melainkan terus berinovasi untuk menaikkan level dirinya ke yang lebih tinggi lagi.

3. Pantang Menyerah

Tantangan seorang entrepreneur cukup berat karena dia menjalankan sebuah bisnis baru dimana belum teruji oleh orang lain. Namun model bisnis ini muncul dari ide-ide gilanya sehingga merasa tertantang untuk menjalankannya.

Kegagalan adalah guru yang berharga bagi seorang entrepreneur sehingga gagal bukanlah akhir dari setiap usahanya melainkan semakin mematangkan diri dan bisnisnya. Maka jelas seorang entrepreneur memiliki jiwa yang pantang menyerah.

Kelebihan Entrepeneur

Menjadi seorang entrepreneur tidaklah gampang, hanya orang-orang yang mampu berpikiran kreatif dan inovatif kemudian mampu mengambil resiko dari menjalankan bisnisnya yang memang belum teruji sama sekali. Maka ketika sukses akan ada kepuasan yang dia dapatkan.

Tentu saja ada kelebihan-kelebihan seorang entrepreneur dibanding yang lainnya karena perjalanannya yang unik dan penuh tantangan, berikut ini beberapa kelebihan diantaranya adalah:

  1. Seorang entrepreneur memiliki kesempatan mewujudkan mimpi
  2. Memiliki kesempatan melakukan perubahan untuk dirinya dan lingkungannya
  3. Kemampuan dirinya akan semakin di maksimalkan
  4. Selain finansial yang didapatkan juga kualitas hidupnya semakin matang
  5. Seorang entrepreneur memberikan manfaat bagi banyak orang

Pengertian Pengusaha Adalah

Seperti dikatakan diatas banyak orang yang menyamakan entrepreneur dengan pengusaha padahal sejatinya adalah berbeda. Entrepreneur adalah seorang pemikir, kreator bisnis atau pencipta peluang dan bisnis baru dengan kemauan mengambil resiko.

Sementara pengusaha adalah seseorang yang menjalankan sebuah usaha yang sudah teruji atau jenis usaha yang dijalankan oleh orang lain dan sukses. Artinya seorang pengusaha tidak mau mengambil resiko dengan menjalankan bentuk bisnis baru.

Pengusaha akan berpikiran profit atau keuntungan dari model usaha yang memang sudah teruji kemudian memikirkan bagaimana cara mengalahkan para pesaingnya.

Perbedaan Entrepreneur dan Pengusaha

Seperti dikatakan diatas dari pengertiannya saja sudah pasti berbeda dimana entrepreneur adalah seorang kreator bisnis dan menjalankan bisnisnya dengan kemampuan mengambil resiko besar sementara pengusaha adalah seseorang yang menjalankan model bisnis yang sudah teruji demi meminimalisir resiko dan memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.

Adapun beberapa perbedaan antara entrepreneur dan pengusaha diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Sifat dan Tujuan

Seorang entrepreneur adalah orang yang memiliki ide-ide bisnis, mampu menciptakan peluang dan berinovasi kemudian mau mengambil resiko untuk menjalankan bisnis yang dihasilkan dari ide-idenya tersebut kemudian meraih kesuksesan dan menunjukkannya pada dunia.

Sementara seorang pengusaha adalah seseorang yang lebih memilih menjalankan model bisnis yang sudah ada yang sudah teruji ketimbang model bisnis baru yang penuh resiko. Tujuan utamanya adalah keuntungan sebesar-besarnya dan melemahkan para pesaingnya.

2. Resiko

Resiko seorang entrepreneur lebih besar karena memulai sebuah bentuk bisnis baru dari hasil ide-idenya, kemudian berinovasi dan kreatif untuk menjalankan bisnisnya. Kegagalan memang sudah hal biasa bagi seorang entrepreneur namun kegagalan tersebut bukanlah akhir perjalanannya melainkan semangat baru menuju kesuksesan.

Hasilnya ketika sukses maka bentuk bisnisnya tersebut tidak ada yang menyainginya sehingga mampu menguasai pasar.

Berbeda dengan pengusaha dimana tidak mau mengambil resiko dengan menjalankan sebuah usaha baru melainkan memilih menjalankan model bisnis yang sudah ada dan teruji dengan tujuan memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.

3. Sikap Ke Karyawan dan Pelanggan

Seorang entrepreneur akan lebih sabar dan ramah menghadapi karyawan, menyukai orang-orang yang bertanggung jawab dan suka berinovasi dan kreatif.

Berbeda dengan pengusaha yang lebih melihat karyawan sebagai pembantu dan menempatkan dirinya seperti seorang manajer dengan suka memerintah. Memilih orang-orang yang ahli agar usahanya mampu berjalan dan memberikan keuntungan yang sebesar-besarnya.

4. Visi

Seorang entrepreneur memiliki visi kedepan bagaimana cara membuat sebuah bisnis baru dan produk baru, sementara seorang pengusaha akan puas dengan produk yang sudah ada dan memikirkan bagaimana caranya bisa menghasilkan uang sebanyak mungkin dengan produk tersebut dan mengalahkan para pesaingnya.

5. Waktu dan Tujuan

Waktu bagi seorang entrepreneur adalah fleksibel, bahkan dirinya bisa menghabiskan waktu hanya untuk mencari ide-ide baru dalam bisnis. Sementara seorang pengusaha akan lebih menghargai waktu karena menurutnya waktu adalah uang.

Sementara tujuan seorang entrepreneur adalah kepuasan dari apa yang sudah dia ciptakan dalam bisnis. Sementara tujuan pengusaha adalah keuntungan yang banyak dan kerugian yang sedikit.

Itulah penjelasan kami mengenai entrepreneur adalah serta pengusaha. Semoga penjelasan ini bisa memberikan awasan baru untuk kita semua.

Baca juga:

Pengertian Kerja sama
Induk Organisasi Bola Basket
Sejarah Bulutangkis

About Adreena

Seorang gadis yang suka traveling dan makan

Check Also

apa yang dimaksud dataran tinggi

Apa yang Dimaksud Dataran Tinggi, Gunung, Danau, Lembah dan Sungai

Apa yang dimaksud dataran tinggi? Kira-kira menurut sobat jawabannya apa? Apakah dataran yang ada di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *