Jelaskan Manfaat Perdagangan Antar Pulau

Jelaskan manfaat perdagangan antar pulau? Halo sobat sekalian, kali ini kita akan bahas mengenai manfaat perdagangan antar pulau. Sebuah kegiatan perdagangan yang sudah umum dilakukan di Indonesia lantaran Indonesia sebagian besar adalah negara kepulauan.

Benar sekali, Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki puluhan ribu pulau dengan penduduk yang tersebar diantaranya. Maka sudah pasti hubungan antar penduduk salah satunya didunia perdagangan maka kegiatan distribusinya akan melintasi pulau-pulau tersebut. Lantas seberapa penting perdangangan antar pulau ini? Mari kita simak ulasannya.

jelaskan manfaat perdagangan antar pulau

Apa yang Dimaksud Perdagangan Antar Pulau?

Pengertian perdagangan antar pulau menurut Permendag No.29/2017 menjelaskan kegiatan perdagangan dan / atau pendistribusian barang dari satu pulau ke pulau lain dalam satu provinsi atau antar provinsi, yang dilakukan oleh pelaku usaha perdagangan antar pulau dengan cara menyeberangkan barang dimaksud menggunakan angkutan laut atau sungai.

Perdagangan antar pulau kini semakin mudah dilakukan, kita tak perlu lagi pergi ke suatu pulau yang memiliki distributor sebuah produk melainkan aktivitas transaksi bisa dilakukan melalui internet.

Banyak distributor memanfaatkan internet untuk mendagangkan produknya, memanfaatkan marketplace ataupun situs web sehingga proses transaksi semakin mudah dan cepat.

Hal selanjutnya adalah proses pengiriman yang juga semakin mudah dan cepat, banyak perusahaan jasa expedisi yang semakin bersaing di bidang usahanya, sebut saja JNE, JNT, SiCepat dan lain sebagainya.

Proses pengiriman barang jika harus melewati antar pulau maka bisa menggunakan transportasi laut seperti pada umumnya. Meski begitu transportasi udara juga memiliki peranan yang cukup penting agar proses pengiriman semakin cepat.

Agar proses perdagangan antar pulau bisa berjalan dengan baik maka hal utama yang perlu dibenahi adalah sarana dan prasarana. Sarana disini seperti fasilitas pelabuhan atau bandara di setiap pulaunya.

Mungkin untuk kawasan Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan lainnya yang merupakan kota-kota besar, proses pengiriman akan lebih cepat ketimbang pengiriman ke daerah Papua atau Nusa Tenggara Timur. Hal ini selain jarak yang memang cukup jauh serta ongkos yang mahal juga saranan transportasi dan prasarana tidak selengkap seperti di pulau lainnya seperti di Jawa.

Manfaat Perdagangan Antar Pulau

Perdangan antar pulau tentu memiliki cukup banyak manfaat terutama untuk kesetaraan dan pembangunan, berikut ini beberapa manfaat perdagangan antar pulau diantaranya:

  1. Pertumbuhan Ekonomi suatu pulau bisa lebih meningkat
  2. Pembangunan suatu pulau bisa berjalan terus
  3. Kebutuhan penduduk di suatu pulau terpenuhi
  4. Menciptakan lapangan kerja di pulau tersebut
  5. Pemasaran suatu produk semakin luas ke berbagai pulau

Barang Dagangan Antar Pulau

Perdagangan antar pulau bukanlah tanpa kendala, sebagai contoh harga sebuah barang di satu pulau tentu berbeda dengan pulau lainnya menyangkut fluktuasi dan disparitas. Selain itu stok barang juga tidak selalu ada.

Maka dari itu pemerintah mengeluarkan peraturan menyangkut perdagangan antar pulau yakni dengan mengeluarkan Permendag No. 29/2017 untuk mengatur perdagangan di dalam negeri dengan mengintegrasikan pasar. Berikut ini tujuan Permendag No. 29/2017 dikeluarkan:

  1. Agar terjaga keseimbangan antar daerah atau pulau antara yang surplus dan minus
  2. Meminimalisir perbedaan harga antar daerah dan kepulauan
  3. Distribusi barang yang terjaga yang dibatasi perdagangannya
  4. Mengatur produk unggulan setiap daerah agar semakin berkembang
  5. Menyediakan prasarana dan sarana perdagangan antar pulau
  6. Mencegah dan mengontrol barang-barang selundupan baik didalam negeri maupun keluar negeri
  7. Menghilangkan setiap hambatan perdagangan antar pulau

Poin-poin diatas sebenarnya sudah cukup menjelaskan mengenai manfaat perdagangan antar pulau. Namun yang pasti dengan peraturan tersebut maka kita akan merasakan ketersediaan sebuah produk di daerah dengan harga yang stabil dan terjangkau.

Bahkan dengan adanya marketplace dimana semua produk kebutuhan ada didalamnya dengan harga yang sama dan bersaing, sekalipun kamu membeli dari pulau terpencil tetap saja harganya sama. Hanya saja ongkos kirim yang akan menjadi lebih mahal.

Meski begitu, barang-barang yang diatur dalam Permendag No.29/2017 diatas meliputi barang-barang kenutuhan pokok, barang yang bersifat penting dan barang-barang jenis lainnya.

Sebagai contoh barang pokok adalah barang yang bersifat memenuhi kebutuhan utama masyarakat banyak atau barang-barang yang paling dibutuhkan orang lain sebagai faktor pendukung masyarakat yang sejahtera.

Sementara barang penting adalah barang-barang yang bersifat strategis yang mendukung pembangunan baik daerah maupun secara nasional.

Syarat pelaku usaha perdagangan antar pulau juga diatur pemerintah, setidaknya ada dua syarat yang harus terpenuhi diantaranya adalah Memiliki Manifest Domestic Antarpulau (dokumen yang berisi data dan informasi terkait barang yang diantarpulaukan). Dokumen tersebut diberikan ke Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan atau Syahbandar serta pejabat yang terkait.

Selain itu pelaku perdagangan antar pulau juga perlu mendistribusikan barang dari daerah surplus ke daerah yang minus agar tercipta kestabilan perekonomian nasional.

Bagaimana? Sudah mengerti mengenai manfaat perdagangan antar pulau? Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan bagi kita semua.

Baca juga: Pengertian Kerja sama.

Referensi:

  • Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 29 /M-DAG/PER/5/2017 tentang Perdagangan Antarpulau

Check Also

Planning adalah

Planning Adalah: Pengertian, Unsur, Tujuan dan Jenisnya

Planning atau biasa disebut juga sebagai perencanaan adalah suatu hal yang penting dalam kehidupan kita, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *