Sebutkan 4 Macam Gaya Renang dan Jelaskan!

Halo sobat sekalian, jika ada pertanyaan “sebutkan 4 macam gaya renang dan jelaskan“. Kira-kira temen-temen tahu gak gaya renang apa saja? Nah kalau belum tahu kita akan bahas mengenai gaya renang di artikel ini, jadi simak terus ya.

Olahraga renang bisa disebut juga sebagai olahraga rekreasi, mungkin sebagaian besar dari kita ketika berenang hanya untuk sekedar hiburan dan rekreasi saja, namun akan berbeda bagi para atlet renang dimana mereka berenang untuk berolahraga melatuh kemampuan berenangnya agar bisa bersaing saat kompetisi.

Benar sekali, selain sebagai olahraga rekreasi, renang juga sudah di perlombakan sejak lama, bahkan di ajang besar internasional seperti olimpiade, olahraga renang menjadi salah satu olahraga favorit.

FINA (Fédération Internationale de Natation, bahasa Indonesia: Federasi Renang Internasional), adalah induk organisasi renang dunia yang mengatur semua hal yang berkaitan dengan renang termasuk kompetisi dan lain sebagainya.

Bukan hanya olahraga renang, FINA juga mengatur segala olahraga yang dilakukan di kolam renang dan di air seperti menyelam, polo air, renang artistik, dan renang perairan terbuka.

4 macam gaya renang

Sebutkan 4 Macam Gaya Renang

Kalau kamu berenang biasanya menggunakan gaya apa? atau gaya bebas asal-asalan saja? Nah dalam dunia olahraga renang ternyata setidaknya ada 4 macam gaya renang yang harus dikuasai, berikut diantaranya.

1. Gaya Bebas

Gaya renang yang populer adalah gaya bebas, artinya perenang bebas menggunakan gaya apapun saat berenang termasuk saat berlomba. Namun tetap ada aturannya yakni pada nomor individual medley atau medley relay maka perenang tidak boleh menggunakan gaya kupu-kupu atau gaya dada dan juga gaya punggung.

Pada saat lomba berenang maka perenang harus menyentuh bagian dinding kolam dan menyelesaikan setiap lintasan renang hingga finish.

Selain itu selama perlombaan beberapa bagian perenang harus memecahkan permukaan air. Namun ketika start penyelam diperbolehkan tenggelam sepenuhnya hanya saja tidak boleh lebih dari 15 meter. Dan sebelum 15 meter pastikan kepala kepermukaan untuk memecah permukaan air.

2. Gaya Punggung

Macam gaya renang selanjutnya adalah gaya punggung dimana perenang berenang secara terlentang dengan melakukan tendangan mengepak sebagai gaya dorong, kemudian tangan akan memutar bergantian kebelakang untuk membantu mempercepat laju berenang.

Menurut panduan di buku yang dikeluarkan FINA meyebutkan perenang harus berenang dengan punggungnya dan mendorong dengan kaki dan tangannya kecuali pada saat melakukan putaran setelah menyentuh dinding kolam renang.

3. Gaya Kupu-kupu

Gaya renang yang selalu diperlombakan lainnya adalah gaya kupu-kupu dimana perenang akan berenang secara tengkurap dan melakukan gerakan dengan mengangkat tangan secara bersamaan dari air kemudian di lempar kedepan.

Sementara gerakan kaki seperti tendangan lumba-lumba sehingga gaya renang kupu-kupu ini disebut juga sebagai gaya renang lumba-lumba.

4. Gaya Dada

Gaya dada hampir mirip dengan gaya kupu-kupu hanya saja gaya dada ini dilakukan dengan menggerakan kedua tangan secara bersamaan dari depan, ke tengah (ke luar) hingga ke belakang namun masih sejajar dengan dada.

Sementara pergerakan kaki mirip dengan pergerakan katak maka gaya dada ini disebut juga sebagai gaya katak.

Referensi

Cara Cepat Bisa Berenang

Banyak orang yang tidak bisa berenang, apalagi pada saat kalian masih sekolah dan ada test kemampuan berenang maka hampir diperkirakan sebanyak 80 persen murid-muridnya tidak bisa berenang. Apalagi jika lingkungan kalian memang jauh dari sungai atau laut sehingga kesehariannya memang jarang berenang.

Padahal pada dasarnya manusia adalah seorang perenang yakni pada saat di dalam kandungan dan pada saat masih bayi, kita sudah berenang di rahim ibu di air ketuban.

Makanya tidak heran jika di luar negeri sana bayi-bayi kecil yang belum bisa berjalanpun sudah diterapi berenang dan sudah pandai berenang dan menyelam.

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin cepat bisa berenang adalah cobalah berenang di kedalaman sekitar diatas dada kamu. Kemudian tenangkan pikiran kamu karena pikiran yang panik maka kamu akan tenggelam.

Gerakan perlahan-lahan tangan kamu seperti mengepak dan ingin mengambang. Kemudian perlahan-lahan angkat kaki sambil sesekali di gerakan. Terus lakukan hal itu hingga kamu merasa tenang dan mengambang.

Jika sudah bisa mengambang maka kamu tinggal berexplorasi dengan berbagai gaya renang.

Baca juga: Peraturan Bulutangkis

Check Also

Planning adalah

Planning Adalah: Pengertian, Unsur, Tujuan dan Jenisnya

Planning atau biasa disebut juga sebagai perencanaan adalah suatu hal yang penting dalam kehidupan kita, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *