Teks Debat: Tujuan, Tata Cara, Etika, Kaidah dan Contohnya

Artikel teks debat – Halo sobat sekalian, kali ini kita akan bahas lebih dalam mengenai pengertian teks debat yang mencakup tujuan, tata cara, etika hingga kadiah dan contoh dari teks debat tersebut.

teks debat adalah

Pengertian Teks Debat

Apa yang dimaksud dengan debat? Pada dasarnya kita sudah tahu apa itu debat karena dalam kehidupan kita sehari-hari terkadang kita terlibat dalam sebuah perdebatan.

Adu argumentasi dan seolah-olah kamu merasa benar, begitupun lawan debat kamu merasa benar sehingga seolah tidak ada ujungnya. Lantas apa pengertian dari debat itu sendiri?

Debat adalah sebuah kegiatan adu argumentasi yang melibatkan dua pihak atau lebih baik perorangan ataupun kelompok dalam membahas sebuah masalah dan perbedaan.

Pengertian Debat Menurut Para Ahli

Menurut para ahli pengertian debat meski berbeda namun pada dasarnya memiliki makna yang sama, berikut pengertian debat menurut para ahli:

  1. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian Debat adalah pertukaran pendapat atau pembahasan mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

  1. Menurut G. Sukadi

Debat adalah adu argumentasi antar perorangan atau kelompok yang bertujuan meraih kemenangan.

  1. Menurut Hendri Guntur Tarigan

Hampir mirip dengan G. Sukadi, Debat menurut Hendri Guntur Tarigan adalah adu argumentasi antar pribadi atau kelompok untuk meraih kemenangan salah satu pihak.

Lantas apa yang dimaksud dengan teks debat? Kita tahunya teks adalah sebuah tulisan sehingga teks debat bisa diartikan sebagai tulisan atau naskah debat.

Teks debat memang sudah umum kita temui pada saat acara perdebatan. Teks ini berisi rangkaian acara debat dari mulai awal hingga akhir acara. Secara umum teks debat menggunakan kalimat konjungsi dan kompleks.

Struktur Teks Debat

Sebuah teks debat harus dibangun atas beberapa unsuu atau struktur, nah berikut ini struktur teks debat yang benar.

  1. Pengenalan dan Pengenalan Isu

Struktur pertama dalam Teks debat adalah pengenalan dan pengenalan isu. Pengenalan ini dilakukan oleh moderator diawal acara, memperkenalkan kedua kelompok yang akan berdebat.

Kemudian pengenalan isu atau topik bahasan berupa tema yang akan di perbincangkan. Sebaiknya agar debat berjalan alot gunakanlah tema-tema yang tengah memanas dan up to date atau bersifat kontroversial. Hal ini agar kelompok yang berdebat bisa berpikir lebih kritis dalam menyampaikan argumentasinya.

  1. Penyampaian Argumentasi

Sebuah debat akan berjalan dengan baik apabila kedua kelompok saling memberikan argumentasi yang menurut mereka sama-sama benar. Rangkaian argumentasi ini disampaikan oleh Tim Afirmasi, Tim Oposisi, dan Tim Netral.

Argumentasi juga perlu disampaikan dengan menyajikan fakta-fakta sehingga argumennya menjadi lebih kuat.

  1. Debat

Struktur teks debat ketiga adalah terjadi perdebatan antar tim Afirmasi dan Tim Oposisi dengan argumen-argumen yang sesuai fakta. Kemudian di tengahi oleh tim netral.

  1. Kesimpulan

Kesimpulan disampaikan oleh moderator ataupun dari masing-masing tim berupa pendapat memihak maupun pendapat membantah, tidak terlalu panjang tapi memuat pernyataan yang singkat dan padat.

Kaidah Kebahasaan Teks Debat

Teks debat tentu saja memiliki kaidah kebahasaan yang khusus dibanding teks lainnya, berikut ini kaidah kebahasaan teks debat:

  1. Menggunakan Kalimat Kompleks

Kalimat kompleks adalah kalimat yang terbangun atau tersusun lebih dari satu kata kerja atau lebih dari satu struktur.

  1. Menggunakan Kalimat Konjungsi

Pada teks debat juga kerap kali ditemukan kata konjungsi atau kata penghubung antar kata atau antar kalimat, sebagai contoh kata kemudian, selanjutnya, jadi dan lain-lain.

  1. Menggunakan Kata Rujukan

Kata rujukan juga sering ditemukan dalam teks debat karena dianggap sebagai pemberi informasi. Sebagai contoh kata seperti ini, seperti itu, itu, disini, beliau, disana dan sebagainya.

Tujuan Teks Debat

Teks debat memiliki beberapa tujuan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Melatih seseorang agar lebih berani mengemukakan pendapat serta menjadi lebih kritis terhadap permasalahan
  • Melatih seseorang agar lebih peka dalam merespon suatu masalah, hal ini tak lepas dari saling melempar argumentasi
  • Melatih karakter seseorang sehingga terlihat sikap toleransi dan rasa tanggung jawab serta keberanian
  • Seseorang akan mendapat pemahaman konsep lebih matang

Tata Cara Debat

Berdebat bisa terjadi dimana saja dan kapan saja, namun berdebat diruang resmi atau umum tentu memiliii tata caranya sendiri, berikut tata cara debat yang perlu kamu ketahui diantaranya:

  1. Setiap peserta debat wajib mengetahui dan mengikuti peraturan debat sehingga tidak boleh melanggar peraturan tersebut karena bisa berpengaruh terhadap dirinya atau timnya.
  2. Menyampaikan pertanyaan akan sebuah permasalahan haruslah secara profesional tidak melebar kemana-mana terutama ke ranah pribadi, tidak melecehkan lawan debat, tidak menghina ataupun menguji dan janga merendahkan. Fokuslah akan permasalahan dari sebuah tema debat itu sendiri.
  3. Menyampaikan argumentasi dengan kritis dan tidak mengada-ngada, tunjukkan profesionalisme dengan menyampaikan data-data yang akurat.
  4. Kenali lawan baik sisi kelebihan dan kelemahan, hal ini cukup penting agar bisa menyangkal setiap pendapat dengan pendapat yang lebih baik.
  5. Berargumen dengan tidak berlebihan apalagi menghabiskan waktu lama mengingat debat juga pasti memiliki waktu terbatas disesuaikan dengan jadwal acara.
  6. Memberikan gagasan-gagasan yang bisa dipertanggung jawabkan, kamu bisa menggunakan berbagai data-data yang akurat untuk mendukung gagasan kamu.
  7. Memberikan kesimpulan yang singkat dan padat namun mengena sehingga argumentasi kamu seolah yang paling benar.

Etika Teks Debat

Berdebat juga perlu memperhatikan etika agar debat berjalan dengan baik sebagai mana yang diinginkan, berikut ini beberapa etika teks debat diantaranya adalah:

  1. Serius dalam Bertanya

Memberikan pertanyaan kepada lawan debat kamu sebaiknya dilakukan dengan serius dan sertakan data-data yang mendukung argumentasi kamu untuk bertanya.

  1. Tidak Menyinggung

Berbedat pada dasarnya adalah adu argumentasi dan gagasan demi mendapatkan solusi yang terbaik. Debat bisa saja sampai memanas dan salah satu kelompok semakin terpacu untuk menyerang. Seranglah dengan gagasan dengan argumen-argumen yang rasional, jangan menyerang yang bisa menyinggung lawan seperti menyerang fisik dan lainnya.

  1. Sesuai Data dan Fakta

Berargumentasilah secara profesional, tunjukkan kalau kamu adalah ahlinya sehingga layak menjadi peserta debat. Sampaikan argumentasi yang sesuai dengan data dan fakta.

  1. Mematuhi Peraturan

Dalam teks debat tentu disertakan peraturan-peraturan yang harus dipatuhi oleh peserta debat. Hal ini agar debat berjalan semestinya tidak melebar kemana-mana. Maka sebaiknya patuhi peraturan tersebut.

Jenis-Jenis Teks Debat

Beberapa jenis teks debat yang perlu kamu ketahui diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Debat Parlementer atau Majelis

Debat parlementer adalah ciri badan legislatif dimana debat bertujuan memberi dukungan atau tidak terhadap undang-undang tertentu, setiap anggota parmlemen menyampaikan gagasan dan pandangannya.

2. Debat Pemeriksaan Ulangan

Debat pemeriksaan ulangan untuk mengetahui kebenaran pemeriksaan terdahulu. Debat ini biasa digunakan di kantor-kantor pengadilan. Jenis debat ini berujuan mengajukan pertanyaan dimana pertanyaan satu dengan yang lainnya berhubungan yang menyebabkan para individu yang ditanya menunjang posisi yang hendak ditegakkan dan diperkokoh oleh sang penanya.

3. Debat Formal, Konvensional Atau Debat Pendidikan

Debat ini memiliki tujuan untuk menyampaikan pendapat kepada sejumlah pendengar yang diberikan kepada masing-masing pembicara untuk membantah atau mendukung suatu usul.

Contoh Teks Debat

Pengaruh Sosial Media di Lingkungan Sekolah

Moderator

Assalamualakum Warohmatullohi wabarokaatuh. Kali ini kita akan membahas mengenai pengaruh internet di sekolah terutama penggunaan sosial media bagi para siswa. Kali ini ada dua tim yang akan berdiskusi mengenai hal ini. Tim A mendukung adanya penggunaan internet di sekolah sementara Tim B tidak mendukung akan hal ini.

Tim Afirmasi

Kami dari tim A setuju dengan penggunaan internet di lingkungan sekolah, internet bukan hanya sebatas sosial media saja melainkan banyak hal positif yang bisa kita temukan didalamnya. Meskipun tidak dipungkiri hal negatifnya juga besar.

Namun asal kita memiliki pemahaman yang baik akan dunia internet maka kita akan mendapatkan manfaat yang besar. Kini bukan sekedar buku lagi sebagai jendela dunia melainkan internet juga merupakan jendela dunia yang bisa menambah wawasan kita akan perkembangan dunia.

Termasuk penggunaan sosial media juga bisa memberikan dampak positif yang besar meski penggunaanya perlu pemahaman lebih lagi.

Tim Oposisi

Memang benar internet memiliki segudang manfaat namun pada kenyataannya internet sering kali membuat kita lalai, membuat kita lebih malas-malasan. Banyak dari kita berselancar di dunia internet namun untuk hal yang sia-sia sehingga tidak selayaknya internet digunakan di lingkungan sekolah jika kitanya masih belum siap dengan hal itu.

Jika kita sudah siap dan faham betul akan pemahaman internet maka mungkin saja dan tidak masalah diadakan di sekolah. Tapi kenyataannya hingga saat ini justru tidak ada pendidikan khsusus soal pemanfaatan internet.

Tim Netral

Memang secara umum internet memberikan dampak negatif dan juga positif, semuanya tergantung dari kitanya masing-masing.

Nah itulah pembahasan mengenai Teks Debat: Tujuan, Tata Cara, Etika, Kaidah dan Contohnya. Silahkan untuk contoh-contohnya sobat bisa menambahkannya sendiri. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua.

Baca juga:

About Adreena

Seorang gadis yang suka traveling dan makan

Check Also

macam gaya renang

Sebutkan 4 Macam Gaya Renang dan Jelaskan!

Halo sobat sekalian, jika ada pertanyaan “sebutkan 4 macam gaya renang dan jelaskan“. Kira-kira temen-temen …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *