Planning Adalah: Pengertian, Unsur, Tujuan dan Jenisnya

Planning atau biasa disebut juga sebagai perencanaan adalah suatu hal yang penting dalam kehidupan kita, terutama dalam mencapai sebuah tujuan baik tujuan pribadi maupun tujuan kelompok atau organisasi.

Perencanaan ini memuat pemikiran-pemikiran praktis mengenai strategi apa yang akan dijalankan, mulai dari mana pengerjaannya, kapan pengerjaannya dan siapa yang mengerjakannya, semuanya jika disusun dengan sistematis maka kemungkinan besar tujuan akan segera tercapai.

Dengan sedikit ulasan diatas maka kita sudah bisa menebak atau menerka-nerka mengenai apa yang dimaksud dengan planning atau perencanaan. Nah berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Planning adalah
Plannging Adalah

Pengertian Planning Adalah

Secara umum pengertian planning adalah suatu proses dengan menentukan hal-hal yang akan dicapai berupa sebuah tujuan dimasa depan dengan mempersiapkan berbagai tahapan atau strategi guna mencapai tujuan tersebut.

Atau dengan kata lain perencanaan atau planning adalah sebuah strategi yang terkoordinasi untuk mencapai sebuah tujuan tertentu dalam waktu tertentu pula. Perencanaan haruslah tersusun lengkap meliputi aktivitas pengujian beberapa arah pencapaian, mengkaji ketidakpastian, mengukur kapasitas, menentukan arah pencapaian, serta menentukan langkah untuk mencapainya.

Pentingnya, perencanaan atau planning merupakan awal dalam sebuah kegiatan untuk menjabarkan tujuan dan strategi yang akan dijalankan.

Pengertian Planning atau Perencanaan Menurut Ahli

Agar mendapat referensi lain mengenai pengertian perencanaan atau planning, berikut ini kami sampaikan pengertian perencanaan menurut para ahli diantaranya sebagai berikut:

  1. Tjokroamidjojo

Planning adalah proses mempersiapkan secara sistematis kegiatan yang akan dilakukan unuk mencapai tujuan tertentu.

  1. Erly Suandy

Perencanaan adalah suatu proses penentuan tujuan organisasi dan kemudian menyajikan dengan jelas strategi-strategi, taktik-taktik, dan operasi yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi secara menyeluruh.

  1. Terry

Planning adalah upaya untuk memilih dan merangkai fakta-fakta serta asumsi mengenai masa depan dengan jalan merumuskan kegiatan-kegiatan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

  1. John Douglas

Perencanaan adalah suatu proses kontinu dari pengkajian, membuat tujuan dan sasaran, dan mengimplementasikan serta mengevaluasi atau mengontrolnya.

  1. George Steiner

Perencanaan adalah suatu proses memulai dengan sasaran-sasaran, batasan strategi, kebijakan, dan rencana terperinci untuk mencapainya, mencapai organisasi untuk menerapkan keputusan, dan termasuk tinjauan kinerja dan umpan balik terhadap pengenalan siklus perencanaan baru.

  1. Wikipedia

Planning adalah rangkaian urutan rasional di dalam penyusunan rencana.

Dari berbagai uraian diatas maka sobat sudah bisa mendefinisikan sendiri mengenai arti dari perencanaan atau planning, silahkan uraikan sendiri ya.

Unsur Penting Perencanaan

Sebuah perencanaan yang matang sangat di perlukan baik untuk individu maupun organisasi. Hal ini agar setiap kerja yang dilakukan bisa tersusun dengan rapi dan beroriendasi pada keberhasilan atau Tujuan.

Hal ini penting agar kita tidak bertindak sembarangan dan bisa menyebabkan kerugian. Setidaknya ada dua alasan kenapa kita harus memiliki planning yakni protective benefits yakni untuk melindungi dari kemungkinan kita membuat kesalahan dalam membuat keputusan. Serta positive benefits yakni untuk meningkatkan bentuk kesuksesan yang ingin dicapai.

Setidaknya perencanaan atau planning memiliki beberapa unsur penting yang terangkum dalam 5W+1H. Berikut ini penjelasannya:

  • What: Tujuan apa yang ingin dicapai oleh organisasi?
  • Why: Alasan apa yang membuat hal itu menjadi tujuan organisasi?
  • Where: Dimana tujuan tersebut harus dicapai?
  • When: Kapan tindakan atau pekerjaan tersebut selesai sehingga tujuan tercapai?
  • Who: Siapa orang-orang yang tepat untuk menjalankan pekerjaan tersebut agar tujuan mudah tercapai?
  • How: Serta bagaimana (cara/metode/pekerjaan) yang harus diambil agar tujuan bisa segera tercapai?

Dengan uraian diatas maka dapat disimpulkan perencanaan atau planning adalah untuk mendapatkan efektivitas dan efisiensi dalam kegiatan organisasi. Sehingga kita bisa mengidentifikasi berbagai tambahan dan mengoreksi setiap kesalahan dan imbasnya adalah organisasi kita bisa dikendalikan dengan baik.

Tujuan Planning (Perencanaan)

Tentu saja setiap orang atau organisasi memiliki tujuan tersendiri, memiliki target yang harus di capai sehingga memerlukan sebuah perencanaan atau planning agar tujuan tersbeut bisa tercapai. Meski begitu sebuah planning dibuat tentu memiliki tujuannya diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Agar bisa beradaptasi dan mengantisipasi setiap perubahan yang terjadi.
  2. Memberikan arahan kepada setiap anggota agar bisa bekerja sesuai dengan rencana yang sudah dibuat.
  3. Mengindari atau meminimalisir tumpang tindih pada setiap pekerjaan dan agar tidak terjadi pemborosan.
  4. Memiliki standar pekerjaan sehingga mudah dalam pengawasan.

Jenis-Jenis Planning (Perencanaan)

Perencanaan atau planning secara umum terbagi dalam tiga kelompok yakni berdasarkan ruang lingkupnya, berdasarkan tingkatannya, dan berdasarkan jangka waktunya, berikut ini penjelasannya.

1. Perencanaan Berdasar Tingkatan

  1. Rencana induk (master plan)

Master plan adalah perencanaan dengan tujuan jangka panjang dengan ruang lingkup yang lebih luas dan fokus pada kebijakan-kebijakan organisasi.

  1. Rencana operasional (operational planning)

Rencana operasional adalah perencanaan yang berfokus pada petunjuk atau pedoman pelaksanaan program-program organisasi.

  1. Rencana harian (day to day planning)

Rencana harian adalah perencanaan yang terdapat aktivitas harian atau kinerja yang bersifat rutin.

2. Perencanaan Berdasar Ruang Lingkup

  1. Rencana strategis (strategic planning)

Rencana strategis adalah perencanaan yang di dalamnya terdapat uraian mengenai kebijakan jangka panjang dan waktu pelaksanaan yang lama. Perencanaan seperti ini biasanya sulit terjadi perubahan dan bersifat sudah matang.

  1. Rencana taktis (tactical planning)

Rencana taktis adalah perencanaan yang di dalamnya terdapat uraian tentang kebijakan yang bersifat jangka pendek, dan selama tujuannya masih sama maka aktivitasnya mudah disesuaikan.

  1. Rencana terintegrasi (integrated planning)

Rencana terintegrasi adalah perencanaan yang di dalamnya terdapat penjelasan secara menyeluruh dan sifatnya terpadu.

3. Perencanaan Berdasar Jangka Waktu

  1. Rencana jangka panjang (long term planning)

Rencana jangka panjang adalah perencanaan yang sudah tersusun yang berifat lama. Rencana seperti ini biasanya dalam kurun waktu 10 hingga 25 tahun.

  1. Rencana jangka menengan (medium range planning)

Rencana jangka menengah adalah rencana yang sudah dibuat dengan jangka waktu antara 5 hingga 7 tahun.

  1. Rencana jangka pendek (short range planning)

Rencana jangka pendek adalah perencanaan yang sudah disusun dan memiliki rentang waktu antara satu tahunan.

Kesimpulan

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa perencanaan memiliki peranan sangat penting dalam kegiatan manajemen organisasi. Hal ini agar kerja setiap anggota menjadi lebih tersusun dan sistematis sehingga tujuan bisa segera tercapai.

Bukan hanya itu dengan adanya perencanaan maka kita juga bisa meminimilaisir setiap kesalahan, melakukan analisis, mengoreksi dan lain sebagainya. Juga bisa sebagai kontrol dalam perjalanan organisasi. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua.

Baca juga:

Check Also

pengertian sudut adalah

Pengertian Sudut Adalah: Jenis-jenis Sudut dan Contohnya

Pengertian sudut adalah – Kita sudah pasti sering mendengar istilah sudut maupun melihatnya. Dalam kehidupan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *