Cara Trading Bitcoin yang Aman Bagi Pemula

cara trading bitcoin yang aman

Saat ini bitcoin di Indonesia sudah legal, BAPPEBTI sudah memasukan bitcoin ke dalam daftar instrumen investasi yang bisa di pilih oleh masyarakat Indonesia. Makanya sayang jika kamu melewatkan mata uang digital paling populer satu ini.

Kali ini, kita akan membahas mengenai bagaimana cara trading bitcoin yang aman bagi pemula. Selain sebagai investasi yang mencari keuntungan pada pada jangka panjang, kita juga bisa trading bitcoin untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu cepat.

Bagaimana Cara Trading Bitcoin?

Sebelum ikut terjun di dunia trading bitcoin maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun di salah satu broker bitcoin yang tersedia, di Indonesia sendiri ada beberapa broker bitcoin diantaranya yang cukup populer adalah Indodax, Luno dan lain sebagainya. Semuanya memiliki sistem yang tak jauh berbeda sehingga caranya membuat akun juga sama.

1. Pilih Exchange Bitcoin

Seperti dikatakan diatas kamu tinggal memilih marketplace bitcoin yang sudah terpercaya dan terdaftar di BAPPEBTI, diantaranya adalah Indodax atau Luno. Setidaknya hingga saat ini sudah ada 13 lembaga yang terdaftar di BAPPEBTI dan kamu hanya tinggal pilih salah satunya.

2. Unduh dan Install Aplikasinya

Setiap marketplace bitcoin memiliki platform aplikasi android atau berbasis iOS yang bisa kamu undah. Silahkan unduh dan install seperti biasa.

3. Buat Akun

Kemudian buka aplikasi yang sudah di install dan lakukan pendaftaran dengan mengisi data-data pada kolom yang disediakan. Isilah data-data tersebut dengan benar sesuai dokumen yang diminta.

4. Verikikasi KYC

Verifikasi KYC atau “Know Your Customer” adalah proses aktivitas terakhir yang harus dilakukan dimana kamu harus melampirkan foto selfie dengan memegang KTP< foto KTP dan foto sendiri. Proses verifikasi biasanya dilakukan dalam waktu 1×24 jam hingga akun kamu benar-benar aktif.

5. Keamanan Akun

Bagaimanapun akun kamu layaknya seperti akun Bank sehingga kamu harus bisa menjaga akun tersebut dari kelalaian dan hacker. Proses terakhir adalah melakukan otentikasi 2 faktor biometrik, sidik jari dan PIN.

6. Deposit

Lakukan deposit uang ke akun kamu dan nantinya kamu bisa membeli beberapa mata uang digital, namun kali ini kita beli saja mata uang digital Bitcoin sebagai salah satu mata uang paling populer di dunia. Deposit bisa dilakukan dengan cara transfer bank lokal, kartu kredit, paypal dan lain sebagainya.

Tips Trading Bitcoin

Pada Bitcoin Exchange sudah menyediakan beberapa fitur yang membantu dalam proses trading seperti fotur order book Bitcoin yang menunjukkan jumlah order pada saat beli maupun pada saat jual.

Kemudian ada chart teknikal yang berfungsi membantu dalam hal analisa teknikal pada saat trading. Nah agar mendapat profit saat trading bitcoin, berikut ini bebetapa tips trading yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah:

1. Diversifikasi Porpolio

Salah satu langkah yang harus dilakukan adalah jangan menaruh uang anda dalam satu instrumen semisal bictoin saja. Memang bitcoin adalah kripto yang paling populer yang mampu memberikan keuntungan sangat besar, namun juga resiko yang tidak sedikit pula. Agar aktivitas trading kamu lebih aman sebaiknya jangan menginvestasikan semuanya pada bitcoin.

2. Diversifikasi Exchange

Selain diversivikasi porpolio kamu juga perlu melakukan diversifikasi exchange, artinya jangan hanya membuat akun dan trading di satu exchange melainkan bukalah akun di exchange lainnya. Kita tidak tahu apakah exchange yang kita pilih akan selalu aman atau tidak mengingat tidak jarang pula exchange yang kebobolan, padahal didalamnya ada wallet yang menampung dana kita.

3. Pahami

Pahami semua hal tentang bitcoin atau cryptocurrency, bagaimana cara kerjanya, bagaimana cara trading bitcoin yang benar agar terus profit dan yang paling penting adalah soal keamanan wallet tempat kita menyimpan seluruh asset digital kita.

4. Terdaftar Secara Resmi

Hal yang perlu diingat adalah buatlah akun di exchange yang sudah terdaftar di BAPPEBTI. Perusahaan yang sudah terdaftar ini sudah jelas asal usulnya dan diawasi oleh pemerintah sehingga lebih aman.

5. Simpan Bitcoin dengan Baik

Simpanla bitcoin dengan baik, baik di wallet exchange maupun di wallet punya sendiri. Banyak kasus ketika seseorang menyimpan bitcoin di wallet dengan privat key untuk meng unlock bitcoin namun lama-kelamaan lupa passwordnya. Artinya kita memiliki berangkas dengan isi berharga namun tidak bisa di buka, jadi sebaiknya perhatikan dengan seksama akan hal ini.

Kesimpulan

Nah itulah penjelasan kami mengenai cara trading bitcoin dengan aman bagi pemula. Semua hal diatas perlu diperhatikan dengan baik terutama masalah wallet atau tempat penyimpanan, semoga artikel ini bisa memberikan wawasan untuk kita semua.

Check Also

harga bitcoin hari ini

Rekor! Harga Bitcoin Tembus Rp.930 Juta Per Keping

Pekan ini mata uang kripto Bitcoin kian melonjak hingga memecahkan rekor harga tertinggi yang pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *