Inilah 10 Keuntungan Membeli Saham di Luar Negeri

Bagi para investor saham pemula mungkin memiliki beberapa pertanyaan dan salah satunya adalah apakah membeli saham luar negeri akan menguntungkan atau malah merugi?

Ada juga yang mengatakan lebih baik jangan terburu-buru main saham luar dan lebih fokus ke saham dalam negeri, alasannya kita sudah paham mengenai karakteristik saham di dalam negeri dan mudah dalam menganalisa. Memang tidak ada yang salah dengan pernyataan itu, tapi sebagai seorang trader dan investor saham tidak ada salahnya juga jika kita mencoba peruntungan di saham luar.

Berikut ini beberapa alasan kenapa kita juga patut melirik saham luar negeri, diataranya adalah sebagai berikut.

Alasan Beli Saham Luar

1. Potensi Saham Luar Lebih Besar

Pada saham dalam negeri memang kita sudah tahu karakteristiknya dengan mengikuti perkembangan pasar dan perusahaan dalam negeri dengan potensi yang dimiliki.

Sementara saham luar negeri potensinya akan jauh lebih besar dimana terdapat banyak sekali perusahaan-perusahaan raksasa berskala global dan kita bisa membeli saham mereka.

Sebagai contoh beberapa saham besar di luar negeri adalah McDonald, Starbucks, Nike, Johnson & Johnson, Apple dan lain sebagainya. Sebagai bandingan kapitalisasi perusahaan Apple di Amerika Serikat itu sama dengan gabungan perusahaan publik yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI), bayangkan jika kamu membeli saham di Apple atau perusahaan raksasa lainnya.

Selain di Amerika kamu juga bisa bermain di negara eropa dan asia lainnya seperti di Inggris, Jerman, Perancis atau Hongkong.

2. Diversifikasi Porpolio

Kamu bisa leluasa berinvestasi di bursa manapun yang menurut kamu tengah bagus di masa sekarang ini dan memilih saham dari perusahaan mana. Menurut ahli keuangan, cara yang paling bak dalam diversifikasi yaitu dengan mengikuti ukuran (size) market capitalization bursa suatu negara di dunia. Negara yang paling besar market cap bursanya adalah tempat dimana investor menempatkan dananya paling besar, kemudian diikuti oleh negara – negara lainnya.

Sebagai contoh pada saat covid sekarang ini, kamu bisa leluasa memilih negara dimana kamu bakal berinvestasi, misalnya negara yang terlihat cepat dalam penanganan covid sehingga perekonomian akan lebih cepat pulih, juga pada perusahaan-perusahaan yang mampu memproduksi vaksin Covid-19. Tentu hal ini gak akan bisa kamu lakukan jika bermain di saham lokal saja.

3. Memiliki Banyak Pilihan Produk

Sudah pasti pada bursa internasional memiliki banyak peroduk pilihan yang potensial, kamu bisa bermain di saham, ETF, Indeks hingga Bond dan option. Sebagai contoh untuk produk ETF di Amerika Serikat adalah Indeks Saham S&P 500, komoditas, obligasi dan real estate.

Jadi banyaknya pilihan instrumen di pasar luar negeri sangat menguntungkan bagi para investor terutama dalam menerapkan diversifikasi porpolio.

4. Komisi Fee Gratis

Menariknya tren di pasar saham luar negeri untuk para broker adalah menerapkan free komisi. Padahal sebelumnya broker Schwab di Wall Street menerapkan komis mulai $14 untuk setiap transaki saham, namun saat ini kebijakan terbarunya adalah menghilangkan fee sehingga cukup bagus dalam menarik banyak investor.

5. Beli Satu Sahampun Bisa

Kamu bisa membeli satu lembar saham di New York Stock Exchange (NYSE) atau Nasdaq dan Wall Street, hal ini berbeda di Bursa Efek Indonesia (BEI) dimana kita diharuskan membeli minimal 100 lembar saham.

Maka jelas ini sangat menguntungkan bagi siapapun investor terutama investor kecil selain bisa membeli satu lembar saham juga banyak broker yang menerapkan free komisi.

6. Bisa Beli Saham “In Fraction”

Memang benar kita bisa membeli satu lembar saham diluar negeri namun harga saham untuk perusahaan-prusahaan besar cukup tinggi. Sebagai contoh satu lembar saham Google harganya adalah Rp.10 jutaan.

Namun dengan membeli saham “in Friction” maka kita bisa membeli saham dengan garga yang lebi murah semisal $50. Meski membeli dengan harga murah padahal harga aslinya mencapai $1000 namun tetap kamu akan mendapay deviden sesuai proporsionalnya.

7. Hedging Valas

Seperti diketahui mata uang dollar adalah mata uang terkuat secara global untuk saat ini karena digunakan sebanyak 40 persen transaksi di seluruh dunia. Apalagi terhadap mata uang rupiah maka dollar cenderung lebih kuat.

Imbasnya pada investasi saham di luar negeri memang memiliki return yang lebih rendah, sementara di bursa saham dalam negeri memang lebih tinggi. Tapi dengan nilai dollar yang kuat maka tetap return dari pasar saham global lebih menguntungkan.

8. Good Governance

Jelas reputasi Wall Street adalah yang terbesar di dunia, 50 persen pasar saham di dunia adalah di Wall Street. Saham-saham dari perusahaan raksasa dengan reputasi terbaik ada di sini, meski bisa saja ada saham kelas ecek-ecek namun tidak akan banyak, apalagi regulasi dan penegakan hukum dari institusi disana sangat baik, jadi kita tak perlu khawatir jika berencana investasi di pasar luar negeri.

9. Berapa Modal Minimal Buka Akun?

Memang untuk broker-broker luar negeri memberikan batas minimun deposit untuk membuka akun. Rata-rata broker tersebut mematok dana minimal $10.000 hingga $25.000. Tapi bukan berarti tidak ada broker yang murah, salah satunya adalah eToro yang menerapkan minimum buka akun sebesar Rp.2 juta saja.

Melalui eToro kamu bisa investasi di berbagai pasar saham dunia selain Amerika tapi juga negara-negra Eropa dan Asia.

10. Sumber Riset yang Banyak

Saham luar negeri terutama di bursa besar tentu ada banyak analis pasar yang bermain dan memberikan hasil analisanya secara terukur, banyak lembaga riset yang mengalisa pasar dan membagikannya secara publik sehingga kita bisa mengamati pergerakan pasar dari banyak sumber yang kredibel.

Nah itulah 10 keuntungan bermain di pasar luar negeri, sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa kita rasakan jika menjadi investor si bursa luar dan kamu akan merasakannya ketika terjun langsung ke lapangan dan bisa membedakan dengan bursa di dalam negeri.

Check Also

harga bitcoin hari ini

Rekor! Harga Bitcoin Tembus Rp.930 Juta Per Keping

Pekan ini mata uang kripto Bitcoin kian melonjak hingga memecahkan rekor harga tertinggi yang pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *