Harga Kripto Turun Apa yang Harus Dilakukan?

ketika harga kripto turun

Mata uang kripto (cryptocurrency) adalah jenis komoditas yang cukup menarik saat ini. Berinvestasi di mata uang kripto memang memberikan peluang return yang lebih capat dibandingkan komoditas lainnya. Meski begitu sebagai pemula perlu memahami bahwa investasi di kripto juga memiliki resiko yang sangat tinggi (high risk).

Tidak heran fluktuasi harga mata uang kripto sangat cepat berubah dan sangat drastis, sebut saja bitcoin yang merupakan mata uang kripto dengan nilai terbesar di dunia, sempat menyentuh angka Rp.900 jutaan perkoinnya namun saat ini kembali menurun ke angka Rp.600 jutaan. Padahal kemunculannya dihargai sekitar Rp.3 jutaan per koinnya.

Sebagai pemula yang baru terjun ke dunia kripto baik sebagai investasi jangka panjang atau mencoba peruntungan di dunia trading kripto tentu akan merasa bingung dengan pergerakan harga yang cepat ini, artinya sobat jangan coba-coba mengambil resiko jika di dalam diri masih ada rasa bingung melainkan pelajari terlebih dahulu karakteristik mata uang kripto hingga benar-benar paham.

Bisanya yang bingung ketika harga mata uang kripto turun adalah mereka yang tidak punya planning baik planning investasi maupun trading untuk menghasilkan profit harian.

Mereka tidak mengerti kapan waktunya take profit untuk mendapatkan keuntungan atau cut loss untuk memperkecil kerugian. Mereka tidak memiliki rencana perdagangan yang matang sehingga rasa bingung pasti akan dirasakan saat terjadi fluktuasi harga.

Rasa bingung selanjutnya adalah karena mereka menggunakan uang panas untuk berinvestasi di dunia kripto. Sebagai contoh uang pinjaman yang harus segera di kembalikan, maka ketika ada pergerakan harga yang merugikan, maka dia akan merasa bingung langkah apa yang harus dilakukan. Maka sebaiknya untuk berinvestasi di dunia trading dan investasi komoditas sebaiknya gunakan uang dingin agar lebih tenang dan nyaman.

Jika Harga Kripto Turun, Yang Harus Dilakukan Adalah

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan jika harga mata uang kripto mengalami penurunan, tentu sebagian dari kita akan panik kan, apalagi kita belanja kripto dengan harga masih cukup tinggi, lalu yang perlu dilakukan jika hal ini terjadi adalah sebagai berikut:

1. Cut Loss

Artinya kamu langsung mengambil tindakan untuk menghentikan kerugian atau memperkecilnya sehingga tidak rugi dalam jumlah yang besar. Biasanya aktivitas cut loss ini bagi kamu yang trading kripto untuk mendapatkan keuntungan harian.

2. Average Down

Beli kembali mata uang kripto saat harga turun untuk mendapatkan harga rata-rata. Misalkan kamu membeli Dogecoin sebanyak 125 koin dengan harga Rp.8000, kemudian harganya mengalami penurunan menjadi Rp.7000 per keping koin. Maka kamu memutuskan membeli kembali sebanyak 125 koin.

Total Dogecoin yang kamu miliki menjadi 250 koin dan jika di rata-rata maka harga perkoinnya adalah Rp.7500.

3. Tetap Tenang

Panik itu memang manusiawi tapi di dunia investasi kripto tentu kita tidak boleh panikan, kalau panikan maka kamu bisa saja mengambil langkah yang justru bakal merugikan.

Jika kamu berinvestasi di mata uang kripto misalkan Bitcoin memang untuk saat ini mengalami penurunan yang sangat signifikan menjadi Rp.616 jutaan perhari ini dari awalnya Rp.670 jutaan. Bayangkan dalam waktu satu hari ini turunnya sangat drastis.

Jika kamu berinvestasi bitcoin saat harga tinggi mial di angka Rp.700 jutaan maka kamu akan merasakan panik, tapi hal ini berlaku untuk pemula. Tapi jika kamu sudah memperhitungkan dengan matang bisa jadi hal ini adalah peluang.

Karena ketika harganya turun maka akan banyak orang yang berusaha membeli berinvestasi di bitcoin sehingga harganya akan kembali melambung, dari prediksi para ahli ekonomi bahkan menyatakan tahun 2022 mendatang nilai bitcoin di perkirakan akan tembus rata-rata Rp.2 miliar. Jadi sebaiknya jangan panik!

Jika Harga Kripto Naik, Yang Harus Dilakukan Adalah

Maka sudah jelas jika harga kripto nain adalah kamu gak perlu berpikir panjang lagi, langsung take profit untuk mengambil keuntungan. Jangan tunggu lama karena perubahan harga sebuat mata uang kripto sangat cepat dan cukup timpang. Jangan berharap lebih sehingga kamu menjadi rakus dan akhirnya malah merugi.

Kesimpulan

Itulah beberapa pilihan yang harus kamu ambil saat mata uang kripto turun atau tinggi. Pastinya sebelum memutuskan untuk terjun di dunia investasi komoditi seperti kripto maka pelajari terlebih dahulu semuanya agar kamu memiliki keyakinan saat berinvestasi atau trading.

Check Also

harga bitcoin hari ini

Rekor! Harga Bitcoin Tembus Rp.930 Juta Per Keping

Pekan ini mata uang kripto Bitcoin kian melonjak hingga memecahkan rekor harga tertinggi yang pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *