Trading Bitcoin, Cara Kerjanya dan Aplikasi Terbaik

trading bitcoin

Sejak tahun 2000an mata uang digital atau cryptocurrency bitcoin menjadi salah satu yang paling populer dan paling moncer dalam hal kapitalisasi pasar. Jika dilihat dari segi harga dari awal perkenalannya yang hanya jutaan rupiah perkeping koinnya kini melambung tinggi hingga menyentuh angka 900 jutaan.

Namun saat artikel ini dipublish harga bitcoin tembus diangka 700 jutaan setelah tiga harian lalu berada di angka Rp.580 jutaan. Artinya bitcoin memiliki volatilitasnya yang sangat tinggi. Saat ini harganya tengah tinggi namun beberapa hari kemudian menjadi anjlok dan begitupun sebaliknya.

Hal itulah yang menjadi alasan banyak orang untuk berinvestasi kepada bitcoin karena bisa sekaligus memberikan keuntungan yang sangat besar. Apalagi di beberapa negara bitcoin sudah menjadi alat transaksi yang sah, sementara di Indonesia bitcoin sudah menjadi aset yang sah untuk di perdagangkan atau investasikan namun masih belum menjadikannya sebagai alat transaksi.

Konsep trading bitcoin cukup sederhana yakni menjual pada saat harganya mahal dan membeli pada saat harganya murah. Aktivitas trading bitcoin sendiri terbagi menjadi tiga yakni day trading, scalping, dan swing trading, nah berikut ini penjelasannya mengenai trading bitcoin.

Cara Trading Bitcoin serta Tipsnya

Bitcoin menjadi salah satu mata uang digital yang keberadaannya sudah di akui oleh BAPPEBTI sehingga kamu bisa leluasa trading dan mendapat keuntungan. Nah berikut ini tips trading di bitcoin.

1. Memilih Exchanger

Dalam trading saham atau forex kita mengenalnya sebagai broker atau pialang dari perusahaan sekuritas. Sementara dalam mata uang krypto kita mengenalnya sebagai perusahaan exchange.

Perusahaan Exchange ini sebagai wadah bertemunya orang yang menjual dan membeli bitcoin. Di Indonesia sendiri setidaknya ada 13 perusahaan exchanger yang sudah memiliki ijin dan diakui oleh BAPPEBTI sehingga kamu bisa aman trading di exchange tersebut.

2. Melakukan Registrasi di Exchanger

Setelah memutuskan memilih perusahaan exchanger yang mana maka selanjutnya adalah melakukan registrasi atau pendaftaran untuk membuat akun kamu sendiri. Caranya sangat mudah karena dilakukan secara online dengan mengisi data-data serta mengirim secara online foto identitas kamu untuk melakukan verifikasi.

Jika akun kamu sudah aktif maka kamu bisa langsung melakukan deposit uang, biasanya minimal Rp.50.000 dan sudah mulai bisa membeli beberapa mata uang kripto, kamu bisa juga langsung melakukan trading kripto untuk mendapat penghasilan harian.

3. Memilih Dompet Bitcoin

Dompet bitcoin adalah tempat dimana kamu akan menyimpan aset bitcoin secara aman. Setidaknya ada tiga jenis dompet bitcoin yang bisa kamu gunakan diantaranya dompet online (sistem web), dompet desktop (berupa software), dan dompet hardware (bentuk fisik).

Pastikan kamu mengetahui tingkat risiko dari masing-masing dompet bitcoin tersebut, mana yang paling nyaman dan aman untuk kamu maka bisa langsung dipilih dan digunakan untuk menyimpan aset bitcoin kamu.

Jenis-Jenis Trading Bitcoin

Seperti dikatakan diatas trading bitcoin memiliki tiga jenis yakni day trading, scalping, dan swing trading. Sementara untuk mining bitcoin atau menambang bitcoin adalah hal yang berbeda dengan trading dimana mining membutuhkan perangkat komputer dengan spesifikasi yang canggih.

1. Day Trading

Seperti namanya day trading atau trading harian dimana seorang trader akan melakukan aktivitas trading jual dan beli bitcoin setiap harinya untuk mendapat profit harian. Tentu saja trading harian ini membutuhkan skill trading yang mumpuni terutama dalam membaca pergerakan pasar.

2. Scalping Trading

Scalping trading adalah trading yang dilakukan dalam waktu singkat bisa beberapa detik atau menit selama mendapatkan profit sekalipun profitnya hanya sedikit. Biasanya trader yang menggunakan teknik scalping akan melakukan trading bitcoin sesering mungkin dalam sehari sehingga meski untung sedikit dari setiap trading namun karena dilakukan secara sering profitpun bisa menjadi lebih besar.

3. Swing Trading

Swing trading bisa disebut sebagai investasi jangka panjang, mereka akan membeli bitcoin pada saat harga terendahnya kemudian memantau pergerakan pasar secukupnya, dan ketika ada momen harganya telah naik maka dia bisa memutuskan menjualnya. Swing trading bisa dalam waktu yang lama, bisa berbulan-bulan atau mungkin tahunan.

Memilih Aplikasi Trading Bitcoin

Sejauh ini sudah ada 13 perusahaan exchange bitcoin yang sudah terdaftar di BAPPEBTI dan perusahaan tersebut memiliki aplikasi trading tersendiri meskipun pada dasarnya adalah sama.

Berikut ini 13 perusahaan exchange kripto di Indonesia serta aplikasi trading yang disediakan diantaranya:

  1. PT Crypto Indonesia Berkat (Tokocrypto)
  2. PT Indodax Nasional Indonesia (Indodax)
  3. PT Rekeningku Dotcom Indonesia (Rekeningku)
  4. PT Pintu Kemana Saja (Pintu)
  5. PT LunoIndonesia Ltd (Luno)
  6. PT Zipmex Exchange Indonesia (Zipmex)
  7. PT Indonesia Digital Exchange (Idex)
  8. PT Cipta Koin Digital (Koinku)
  9. PT Tiga Inti Utama (Triv)
  10. PT Upbit Exchange Indonesia (Upbit)
  11. PT Bursa Cripto Prima (Bechipin)
  12. PT Triniti Investama Berkat (Bitocto)
  13. PT Plutonext Digital Aset

Nah itulah sekilas pengertian tentang Trading Bitcoin, Cara Kerjanya dan Aplikasi Terbaik. Jika tujuan kamu membeli bitcoin untuk investasi jangka panjang maka cocok belanja bitcoin pada saat harganya turun ke level terendah, untuk saat ini level terendahnya mencapai Rp.500 jutaan. Sementara untuk trading harian rasanya kita harus lebih memahami dulu cara kerjanya, belajar lebih giat agar trading kita selalu profit.

Check Also

harga bitcoin hari ini

Rekor! Harga Bitcoin Tembus Rp.930 Juta Per Keping

Pekan ini mata uang kripto Bitcoin kian melonjak hingga memecahkan rekor harga tertinggi yang pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *