Berapa Deposit Modal Minimum Trading Saham di Broker Paling Murah?

broker saham

Bisnis trading saham di Indonesia memang masih belum begitu populer, hanya segelintir orang yang melirik investasi saham dibandingkan dengan trading di dunia valas. Meski begitu pertumbuhan orang yang memilih trading di saham terus meningkat. Namun ada pertanyaan yang sering dilontarkan oleh pemula yakni prihal berapa deposit modal minimun trading saham di broker paling murah?

Meski tidak sepopuler trading valas namun nyatanya saham merupakan istrumen investasi yang mampu memberikan keuntungan yang tinggi dalam jangka waktu yang panjang.

Hal ini telah di buktikan oleh berbagai riset keuangan baik di bursa Amerika maupun di negara-negara yang maju. Lantas bagaimana dengan perkembangan dunia saham di Indonesia?

Dari data di peroleh pada Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam 20 tahun terakhir mencatatkan keuntungan hingga 1,400 persen atau mencapai 14 kali lipat. Andai saja 20 tahun lalu kamu membeli 10 juta saham maka dalam 20 tahun ini kamu sudah mendapat keuntungan yang berlipat-lipat.

Sejak pandemi ini, banyak kaum milenial yang memutuskan untuk berinvestasi di dunia saham. Mungkin saat ini kamu tengah mencari informasi mengenai dunia saham terutama berapa deposit modal minimal untuk berinvestasi di saham?

Tentu saja jawabannya tergantung dari broker yang kamu pilih karena setiap broker memiliki peraturannya tersendiri, disisi lain pemerintah juga tidak mencantumkan harus berapa minimal dan maksimal deposit untuk berinvestasi di saham. Nah sebagai gambaran berikut ini beberapa broker yang bisa kamu pilih dengan deposit modal minimal.

  1. IPOT Indopremier

Salah satu broker populer di Indonesia adalah PT Indopremier Sekuritas atau IPOT. IPOT sudah terdaftar di Badan Pengawas Pasar Modal/Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor KEP-11/PM/PPE/1996.

Dari data PT Bursa Efek Indonesia, IPOT masuk dalam urutan 10 sebagai broker paling aktif bertransaksi pada periode Januari-April 2020 dengan nilai Rp.43 Triliun dan jumlah transaksi mencapai 5.3 juta kali. Ini artinya IPOT Menjadi salah satu broker yang dipilih para investor ritel.

Menariknya tidak ada modal minimum yang harus di setor ke IPOT, misal jika kamu hendak trading saham dan membeli saham seharga Rp.100.000 maka kamu bisa langsung deposit sebesar Rp.100.000.

  1. MOST Mandiri Sekuritas

MOST Mandiri Sekuritas atau PT Mandiri Sekuritas ini merupakan anak perusahaan dari BANK MANDIRI. Perusahaan ini sudah terdaftar di dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui SK Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) No. 12 Tahun 1992 dan izin penjamin emisi melalui SK Bapepam No. 13 Tahun 1992.

Beberapa produk investasi yang bisa kamu pilih di MOST Mandiri Sekuritas diantaranya adalah saham, reksadana, obligasi dan IPO.

Tersedia tiga akun di sini diantaranya adalah Reguler, Syariah dan Full Service. Sementara setoran minimalnya Rp.2 juta untuk mahasiswa, Rp.5 juta untuk umum dan sebesar Rp.100 juta untuk full service.

  1. Stockbit Sinarmas Sekuritas

PT Sinarmas Ekagraha Money Changer atau PT Sinarmas Sekuritas didirikan pad atahun 1988. Perusahaan ini sudah mengantongi ijin dari BAPEPAM dengan No. Kep-83/PM/1992 tanggal 29 Februari 1992.

Menariknya, Sinarmas juga bekerja sama dengan Stokcbit yang merupakan komunitas para trader dan saham. Untuk membuka akun di Sinarmas Sekuritas cukup dengan Rp.50.000 saja.

  1. HOTS Mirae Sekuritas

HOTS Mirae Sekuritas adalah broker paling populer lantaran mencatatkan nilai transaksi harian tertinggi di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan ini adalah bagian dari perusahaan sekuritas asal Korea Selatan bernama Mirae Asset Daewoo.

Kamu bisa melakukan trading saham aplikasi HOST yang diklaim sangat cepat dan akurat. Kamu juga akan mendapat laporan analisis dan riset pasar dari tim secara mendalam.

Membuka akun di HOST Mirae Sekuritas ini minimal depositnya adalah Rp.10 juta.

  1. BIONS BNI Sekuritas

Berikutnya adalah BIONS BNI Sekuritas yang merupakan bagian dari BANK BNI. Aplikasi tradingnya bernama BIONS yang bisa kamu gunakan untuk trading saham, reksadana dan fixed income.

Tedapat tiga jenis akun yang bisa kamu buat di BNI Sekuritas yakni regular, syariah dan margin. Sementara minimal depositnya adalah Rp.1.000.000.

Nah itulah 5 broker saham yang menawarkan minimum deposit modal yang bisa kamu transfer untuk membuat akun. Kamu tinggal pilih yang sesuai dengan keinginan kamu.

Check Also

harga bitcoin hari ini

Rekor! Harga Bitcoin Tembus Rp.930 Juta Per Keping

Pekan ini mata uang kripto Bitcoin kian melonjak hingga memecahkan rekor harga tertinggi yang pernah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *