Cara Mengembalikan Foto Terhapus di HP, Cepat Aman Mudah

Cara Mengembalikan Foto Terhapus di HP

Cara Mengembalikan Foto Terhapus di HP – Saat ini smartphone sudah mengalami perkembangan yang signifikan, selain sebagai alat komunikasi juga sebagai alat untuk mengabadikan setiap momen yang berharga.

Benar sekali,smartphone saat ini sudah layaknya seperti sebuah kamera digital profesional. Dengan spesifikasi yang makin canggih yang dilengkapi lebih dari satu lensa kamera maka hasilnya sudah pasti akan memuaskan.

Kita gak perlu membawa kamera profesional yang besar dan ribet, cukup dengan ponsel pintar yang kita miliki maka semua momen penting akan terabadikan dengan sempurna. Kalau dirasa gambar kurang bagus kamu tinggal memolesnya di aplikasi editing foto seperti Adobe Lightroom dan lain sebagainya.

Bagaimana kalau foto-foto yang sudah kamu kumpulkan di smartphone ternyata terhapus? Lantas bagaimana cara mengembalikannya? Nah kali ini kita akan berikan beberapa cara mengembalikan foto terhapus di HP dengan cepat dan mudah.

Cara Mengembalikan Foto Terhapus di HP Android

Di Indonesia ini pengguna smartphone pasti lebih banyak yang menggunakan jenis android seperti ponsel-ponsel besutan Samsung, Oppo, Xiaomi, Vivo dan lain sebagainya. Sementara pengguna iPhone tidaklah terlalu banyak.

Jika kamu pengguna ponsel android yang ingin mengembalikan foto yang terhapus di HP maka ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, berikut ini diantaranya.

1. Google Photo

Hampir semua ponsel berbasis android sudah terintegrasi dengan Google Photo, dan ini bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan foto terhapus di HP dengan mudah tanpa aplikasi, meskipun secara teknis Google Photo juga merupakan aplikasi.

Setiap foto ataupun video yang kamu ambil dan simpan di ponsel, kemudian di hapus maka filenya sebenarnya akan tersimpang di Google Photo selama 60 hari, file tersebut tersimpan di folder Trash. Namun dengan catatan, pada layanan google photo fitur backup dan sinkronisasinya harus sudah aktif.

  • Buka aplikasi Photos atau Google Photos
  • Pada garis tiga di pojok atas, klik saja.
  • Pilih ikon Trash (tempat sampah).
  • Pilih beberapa foto yang ingin di kembalikan, ketuk dan tahan hingga muncul centang.
  • Klik Recovery/Pulihkan pada bagian atas.
  • Tunggu sampai proses foto kembali ke folder HP sobat.

2. Menggunakan Aplikasi Untuk Mengembalikan Foto Terhapus di HP Android

Saat ini ada banyak sekali aplikasi android yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan foto atau video yang dihapus. Kamu tinggal mengunduh dan menginstal aplikasi ini ke HP kamu dan mulai prosesnya.

  1. Aplikasi Deleted Photo Recovery

Cara mudah mengembalikan foto terhapus di HP android adalah dengan menggunakan aplikasi, lebih simpel dan cepat. Aplikasi yang bisa digunakan salah satunya adalah Deleted Photo Recovery yang bisa kamu di unduh di Google Playstore.

Gak perlu menggunakan PC atau Laptop, gak perlu root dan lain sebagainya, tinggal install dan kembalikan semua foto yang sudah terhapus. Aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta orang dengan review 4,1 bintang.

  1. Aplikasi Dumpster

Dumpster adalah aplikasi yang berperan mirip seperti cloud storage sehingga secara otomatis file foto dan video akan tersimpan di aplikasi ponsel ini. Meski begitu keamanan akan data-data kamu terjamin sehingga tidak perlu khawatir.

Jika ingin mengembalikan foto terhapus di HP dengan aplikasi Dumpster maka tingga ke folder Bin dan Restore/Pulihkan foto-foto yang terhapus. Aplikasi ini sudah di unduh oleh lebih dari 50 juta orang dengan review 4.0.

  1. Aplikasi DiskDigger Photo Recovery

Cara mengembalikan foto terhapus di HP vivo, Samsung atau yang lainnya bisa memanfaatkan aplikasi DiskDigger Photo Recovery. Fungsinya sama seperti aplikasi lainnya diatas seperti Deleted Photo Recovery atau Dumpster. Menariknya aplikasi ini sudah diinstallebih dari 100 juta orang dengan review 3.7.

  1. Aplikasi DigDeep Image Recovery

Aplikasi berikutnya untuk mengembalikan foto terhapus di HP Samsung dan lainnya yang berbasis android adalah DigDeep Image Recovery. Selain mengembalikan foto dari folder ponsel juga dari memori internala tau external. Aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta orang dengan review 4.1.

3. Cara Mengembalikan Foto Terhapus di iPhone

Baik iPhone maupun Android sebenarnya tidak terlalu berbeda, ada beberapa cara mengembalikan foto terhapus di iPhone baik menggunakan aplikasi atau menggunakan fitur bawaan dari ponselnya.

  1. Memeriksa PFolder yang Baru Dihapus

Pada ponsel iPhone memiliki folder khusus dimana foto atau video dan filelainnya yang sudah di hapus akan masuk ke folder Recently Deleted dan akan tersimpan otomatis selama 30 hari. Kamu tinggal masuk ke folder tersebut dan pilih foto yang akan di kembalikan dengan di ketuk dan pilih recovery/pulihkan. Batas file yang tersimpan adalah 30 hari.

  1. Menggunakan iTunes

Ponsel iPhone sudah pasti memiliki aplikasi iTunes yang sering kamu hubungkan dengan komputer atau laptop sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan foto yang terhapus di HP iPhone. Karena ketika ponsel yang terhubung dengan komputer dengan iTunes secara otomatis akan mencadangkan file di ponsel kamu.

  • Matikan fitur Cari iPhone Saya/Find My iPhone dari Pengaturan > akun iCloud > Find My iPhone/Cari iPhone Saya
  • Hubungkan iPhone ke komputer dan buka iTunes
  • Di menu Backups di aplikasi iTunes, klik menu Restore Backup
  • Ikuti prosesnya hingga selesai.
  1. Pulihkan Menggunakan iCloud

Sebaiknya jika kamu menggunakan iPhone kamu harus menyalakan fitur iCloud Photos. Hal ini sebagai backup semua file termasuk foto dan video dari ponsel kamu dan bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain aplikasi android ada juga aplikasi yang khusus iPhone yang bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan foto atau video yang terhapus. Diantaranya adalah Aplikasi EaseUS MobiSaver dan Aplikasi iBackup Extractor. Silahkan instal aplikasinya dan ikuti petunjuk penggunaannya.

Nah itulah beberapa cara untuk mengembalikan foto terhapus di HP android dan iPhone.Semuanya sangat mudah dilakukan, kini kamu gak perlu bingung lagi untuk mencari foto yang hilang.

Check Also

edit foto tempo

Link Aplikasi Tempo Edit Foto Pengantin dan Cara Menggunakannya

Link aplikasi Tempo edit foto pengantin dan cara Menggunakannya – Belakangan ini aplikasi tempo untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *