Ukuran Story Instagram Foto dan Video dalam Ratio dan Pixel

Aplikasi berbagi foto instagram kian mengalami perkembangan dengan beragam fitur menarik didalamnya. Salah satunya adalah story instagram foto dan video, namun agar kualitas gambar bagus dan tidak terpotong maka ada ukuran story instagram tertentu yang harus kamu perhatikan.

Kita sering melihat atau bahkan mengalami sendiri ketika membuat story instagram gambar justru tidak bagus dan terpotong. Hal ini karena ukuran story IG sudah di tentukan sehingga kamu mau tidak mau foto dan video kamu harus menyesuaikan dengan ukuran yang di syaratkan oleh instagram.

Berapa Ukuran Story Instagram yang Benar?

Banyak kasus yang terjadi ketika upload story instagram ternyata gambarnya mengalami penurunan kualitas baik dari sisi resolusi atau ketajaman gambar terlebih dari sisi ukuran. Mereka belum mengetahui mengenai ukuran story instagram yang di syaratkan sehingga kerap mengulanginya lagi.

Instagram adalah aplikasi sosial media berbagi foto maupun video pendek yang sangat populuer, baik story instagram, feed maupun IGTV semuanya sudah diatur sedemikian rupa sehingga pengguna harus mematuhi aturan tersebut agar semua yang di upload tetap berkualitas.

Kali ini, kita akan berikan informasi akurat mengenai berapa ukuran story instagram foto atau video agar tetap bagus berkualitas.

1. Ukuran Foto Story Instagram

Perhatikan ukuran foto story instagram dan mulailah perbaiki video atau foto kamu agar kualitas gambarnya menjadi jauh lebih baik:

Ukuran Story Instagram
  • Ukuran foto story instagram adalah 9:16 atau 1080×1920
  • Gambar yang bagus adalah Potrait
  • Format gambar bisa JPG, JPEG atau PNG
  • Maksimal memiliki ukuran 30MB

Selain ukuran diatas jika kualitas foto kamu kurang bagus maka bisa coba upload di ukuran 720×1280 pixels atau 450×800 pixels. Hanya saja kami tidak begitu menyarankannya karena kualitas gambar pasti akan kurang bagus.

2. Ukuran Video Story Instagram

Lantas bagaimana dengan ukuran story video instagram? Makasebaiknya ikuti ukuran-ukuran yang di syaratkan oleh pihak Instagram berikut ini.

Ukuran story instagram video
  • Ukuran story video instagram dengan ratio 9:16 atau resolusi 1080x1920pixels.
  • Video diambil potrait
  • Format video bisa MP4 atau MOV
  • Maksimal video berukuran 4GB
  • Resolusi videobisa 720p.

Agar sesuai dengan yang di syaratkan oleh instagram maka sebaiknya kamu melakukan editing video terlebih dahulu untuk menyesuaikan.

Cara Membuat Layout Story Instagram

Sebaiknya buatlah layout story instagram foto atau video dengan menggunakan aplikasi editing foto seperti photoshop atau aplikasi lainnya yang sering kamu gunakan.

  • Buka aplikasi Potoshop di PC atau Laptop kamu
  • Buka proyek baru dengan mengklik File kemudian NEW
  • Isikan data-data sesuai layout instagram seperti width 1080 dan height 1920, serta resolusi 720p.
  • Klik OK, maka akan muncul Canvas Photoshop
  • Klik File untuk memasukan gambar ke photoshop
  • Selanjutnya silahkan lakujan editing sesuai kebutuhan kamu.
  • Jika sudah selesai, klik file dan Save As
  • Pilih format foto dan lokasi penyimpanannya
  • Setelah selesai Upload gambar tersebut ke IG Story.

Sementara untuk melakukan editing video bisa menggunakan beberapa aplikasi yang biasa digunakan seperti:

  1. FilmoraX
  2. Kinemaster
  3. InShot
  4. FilmoraGo
  5. Adobe Peemier Pro
  6. Video Director, dan lain sebagainya

Aplikasi Template Instagram Story

Seiring perkembangannya saat ini sudah tersedia banyak aplikasi template instagram story. Semuanya akan memudahkan kamu dalam membuat template story instagram foto. Tinggal klik dan pasang, selain itu tersedia banyak template menarik yang bisa kamu pilih.

Berikut ini ada beberapa aplikasi template instagram story yang bisa kamu gunakan, namun jika ingin dengan hasil yang lebih baik seperti untuk kebutuhan bisnis maka kamu bisamencobanya untuk versi premium.

  1. Insta Story Art Maker

Ada banyak tema yang menarik dan variatif di aplikasi insta story Art Maker ini. Kamu bisa memilih yang sesuai keinginan, kemudian pasang foto kamu dan upload di IG Story kamu.

Semuanya mudah dilakukan termasuk pengeditan, ukuran pun akan secara otomatis menyesuaikan dengan yang di syaratkan oleh instagram.

  1. Canva

Canva bisa di sebut sebagai aplikasi editing foto yang paling populer, Canva digunakan para foto maker untuk membuat template untuk feed Instagram, banner Facebook, banner Twitter, Thumbnail Youtube dst.

  1. Mojito

Mojito menyediakan lebih dari 500 template IG Story yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan selera kamu. Terdapat beberapa fitur editing yang menarik seperti filter, emoji dan lain sebagainya.

  1. Story Lab

Manfaatkan lebih dari 200 template gratis di Story Lab untuk membuat foto IG Story kamu lebih menarik. Ada banyak tema yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera. Dan yang paling penting semua template sudah sesuai dengan ukuran-ukuran yang di syaratkan oleh instaram.

  1. Over

Over menyediakan template instagram story yang profesional, tersedia banyak sekali template yang bagus dan cocok bagi para profesional untuk memasarkan produknya.

Nah itulah sekilas mengenai ukuran story instagram foto dan video, selain melakukan editing secara manual kamu juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi template instagram story diatas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat sekalian.

Check Also

edit foto tempo

Link Aplikasi Tempo Edit Foto Pengantin dan Cara Menggunakannya

Link aplikasi Tempo edit foto pengantin dan cara Menggunakannya – Belakangan ini aplikasi tempo untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *