Mengenal Apa Itu Shiba Inu Coin, Aset Kripto Pesaing Dogecoin

Shiba Inu Coin

Tidak dipungkiri lagi akhir-akhir ini banyak orang yang mulai tertarik investasi di mata uang kripto (cryptocurrency). Maka tak heran jika semakin kesini semakin banyak mata uang kripto yang bermunculan, salah satunya adalah Shiba Inu Koin.

Jika dulu kita mengenal bitcoin, ethereum dan lain sebagainya, kini publik mulai melirik potensi mata uang kripto lainnya. Salah satunya Shiba Inu yang belakangan mulai menunjukkan pergerakan harga ke arah positif.

Bagi kamu yang terjun ke dunia kripto mungkin belum begitu mengetahui banyak tentang mata uang satu ini, nah di artikel kali ini kita akan berkenalan dengan apa itu Shiba Inu Coin yang harganya kurang dari satu sen ini.

Apa Itu Shiba Inu Coin?

Shiba Inu Coin pertma kali muncul pada bulan Agustus 2020 lalu dan diciptakan oleh Ryoshi yang merupakan nama samaran. Token ini berjalan pada jaringan blockchain Ethereum sehingga termasuk token ERC-20.

Alasan peluncuran Shiba Inu Coin berada di blockchain Ethereum karena disana dianggap sudah aman dan juga mapan. Jumlah koin Shiba Inu Coin tergolong besar karena mencapai 1.000 triliun koin. Hal ini berbeda dengan bitcoin yang merupakan mata uang kripto paling tinggi di dunia yang hanya memiliki 21 juta koin saja di seluruh dunia.

Ryoshi sendiri mengaku tidak memegang koin Shiba Inu Coin, disebutkan hampir setengah dari ketersediaan koin ini terkunci dalam kumpulan likuiditas di bursa terdesentralisasi (decentralized exchange/DEX) Uniswap.

Sisa koinnya di kirim ke Vitalik Buterin yang merupakan salah satu pendiri dari Ethereum dengan harapan Shiba Inu Coin tersebut disimpannya. Namun ternyata Buterin justru menghapus dari jumlah mayorotas koin tersebut dan sebanyak 50 triliun token SHIB disumbangkan ke India Covid-19 Relief Fund pada 12 Mei dengan total senilai 1,2 Miliar Dollar AS.

Data terakhir nyemebutkan saat ini sebanyak 549 miliar koin Shiba beredar di pasaran untuk di jual belikan dari total 1000 triliun koin shiba inu.

Shiba Inu Coin Pesaing Dogecoin

Shiba Inu Coin memiliki logo anjing ras Jepang yakni Shiba Inu. Awal kemunculan koin ini disebut-sebut sebagai Dogecoin Killer atau pembunuh Dogecoin. Maka terlihat di daftar 10 besar token dunia Shiba Inu Coin menempai posisi ke sembilan atau diatas Dogecoin yang berada di posisi sepuluh.

Hal ini tak lepas dari nilai kapitalis pasar Shiba Inu Coin per 28 Oktober 2021 mencapai 41 miliar dollar AS atau sekitar Rp.581 triliun atai berada diatas Dogecoin yang memiliki nilai kapitalis 39.3 miliar dollar AS atau setara dengan Rp.557 triliun.

Check Also

ATM Setor Tunai BRI terdekat

ATM Setor Tunai BRI Terdekat dari Saya di Bandung

ATM Setor Tunai BRI Terdekat dari saya di Bandung – ATM menjadi salah satu alat …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *